MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Manfaat Jaringan Komputer untuk Berbagi

masbejo.com – Manfaat Jaringan Komputer untuk Berbagi. Sebenarnya kita bisa berbagi informasi dengan beberapa komputer tanpa menggunakan jaringan yaitu dengan menggunakan memori eksternal seperti flash disk, compact disk, dan lain sebagainya. Tetapi cara ini akan memakan banyak waktu dan tidak banyak informasi yang dapat dibagikan.

Ahli matematika dan fisika dari Inggris, Oliver Heaviside (1850-1925), menyadari bahwa informasi berjalan sepanjang kabel dalam bentuk gelombang di udara antara dua konduktor, bukan pada konduktor itu sendiri. Dia mengembangkan ilmu matematika yang memungkinkan perancangan kabel telepon jarak jauh berkualitas. Dia juga menemukan alasan mengapa gelombang radio membengkok di sekeliling bumi, hingga memungkinkan penerimaan radio jarak jauh.

Komputer yang menggunakan jaringan mempunyai manfaat lebih jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri (stand alone). Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

Manfaat Jaringan Komputer untuk Berbagi

1. Proses Berbagi Data Lebih Cepat (Data Sharing)

Dengan jaringan, proses saling berbagi data atau bertukar data sangat mudah dan cepat. Misalnya kita membutuhkan data dari komputer lain, kita dapat mengkopi/menyalin data tersebut melalui komputer yang kita gunakan.

2. Keamanan Data Lebih Terjamin

Dengan jaringan komputer, kita akan mendapatkan keamanan dalam menyimpan data. Misalnya data dapat dikopi dan disimpan di dua, tiga, atau lebih komputer lain yang terkoneksi ke jaringan. Jika salah satu komputer rusak, maka salinan data di komputer yang lain masih dapat kita gunakan.

3. Manajemen Sumber Daya (Resource) Lebih Efisien

Dengan jaringan komputer kita dapat berbagi sumber daya (resources). Misalnya, beberapa pengguna dapat saling berbagi dan menggunakan satu printer dengan kualitas tinggi, dibandingkan dengan memakai printer-printer berkualitas rendah di masing-masing komputer.

Baca Juga :  Macam-Macam Jaringan Komputer

4. Lisensi Software Lebih Murah

Untuk jumlah pengguna yang sama, lisensi software yang digunakan oleh beberapa komputer dalam satu jaringan harganya lebih murah jika dibandingkan dengan harga lisensi software untuk komputer yang berdiri sendiri.

5. Kemudahan dalam Melakukan Komunikasi Antar Pengguna Komputer

Antarpengguna komputer dapat saling bertukar pesan melalui pesan elektronik. Hal ini membuat komunikasi lebih efisien meski di ruang terpisah. Kita dapat menggunakan program Winpopup, NetMeeting atau Borgchat untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer.

Jika digunakan dengan maksimal, jaringan komputer dapat kita gunakan untuk berbagi informasi, software, perangkat/media pendukung (seperti printer, scanner, dll), serta kita dapat berkomunikasi dengan komputer lain.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *