Mengenal Bahasa Pemrograman Fungsi dan Macamnya

masbejo.com *_* Bahasa pemrograman merupakan untaian kata-kata berupa instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang developer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software. Dan untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang akan dibuat tersebut.

Jumlah bahasa pemrograman ini sangat banyak. Dari sekian banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, tentu saja developer tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada. Mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman dalam melakukan developing software.

Fungsi Bahasa pemrograman

Fungsi utama dari bahasa pemrograman adalah sebagai alat untuk memberikan perintah kepada komputer agar dapat bergerak mengolah kata sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Hasil keluaran bahasa program sendiri dapat berupa aplikasi maupun suatu program khusus. Perkembangan bahasa program ini tentu menciptakan berbagai inovasi teknologi yang membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya program lampu lalu lintas di jalan, mesin kasir, aplikasi game, anti-virus, web, media sosial, dan lain sebagainya.

Tips belajar pemrograman bagi pemula, Wajib tahu! - Vocasia

Berikut Contoh Bahasa Pemrograman Yang Banyak Di Gunakan

1. Java

Java merupakan bahasa program komputer yang dapat digunakan dan dijalankan di berbagai platform, di antaranya adalah PC hingga mobile. Bahasa program komputer ini pada awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystem pada The Green Project di tahun 1991, namun kemudian program ini pun dilepas untuk Oracle.

Nama Java dipilih karena salah seorang pendiri dari Java yang bernama James Gosling sangat menyukai kopi murni (kopi tubruk) hasil gilingan mesin giling. Dan kopi tersebut berasal dari Pulau Jawa (Java, sebutan di masa penjajahan Belanda) lho!

Baca Juga :  Jenis-jenis Layanan Jasa ISP (Internet Service Provider)

Java sendiri merupakan salah satu bahasa program komputer yang paling populer karena memiliki beberapa kelebihan, seperti bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda. Java juga merupakan bahasa program komputer yang masuk kedalam pemrograman OOP yang berorientasi pada objek.

Adanya hal ini tentu saja memudahkan Programmer dalam menyusun program yang sedang dibuat. Selain itu, bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga memudahkan Programmer dalam menggunakannya.

Aplikasi yang ada pada smartphone Anda pun dibuat dengan menggunakan bahasa program komputer Java, lho. Hal ini menjadikan semakin banyak Programmer yang menggunakannya karena banyak digunakan oleh masyarakat.

2. Bahasa Pemrograman C

Bahasa C merupakan bahasa program komputer yang tertua. Bahasa C ini dikembangkan pada tahun 70an. Pembuat bahasa C sendiri bernama Dennis Ritchie. Bahasa C cukup populer di Indonesia karena hampir sebagian besar penggunanya adalah perguruan tinggi jurusan IT maupun lembaga kursus pemrograman.

Bahasa C merupakan bahasa program komputer paling dasar sebelum Anda mempelajari bahasa program komputer lainnya. Jadi bisa dibilang bahwa bahasa C inilah yang menjadi dasar sebelum akhirnya muncul bahasa program komputer lainnya.

3. PHP

PHP juga merupakan salah satu jenis dari bahasa pemrograman yang cukup populer dan paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP digunakan juga karena merupakan jenis bahasa program komputer server side scripting yang memang dirancang khusus untuk membangun sebuah website dinamis.

Selain itu, ada banyak jenis website ternama lainnya, seperti Facebook, WordPress, maupun Digg yang menggunakan bahasa PHP dalam proses pengembangannya. Perlu Anda ketahui juga, bahwa PHP dikembangkan pertama kali oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Visual Basic merupakan salah satu bahasa program komputer yang dikembangkan langsung oleh Microsoft. Bahasa program komputer ini menawarkan ide visual dalam pembuatan softwarenya. Nah, pembuatan bahasa program komputer juga dikembangkan untuk tujuan pembuatan software berbasis sistem operasi Windows.

Baca Juga :  Mengenal Chromebook dan Perbedaannya dengan Laptop

Visual basic sendiri merupakan keturunan dari bahasa proram Basic. Di Indonesia sendiri, terdapat sebuah grup bernama Visual Basic Indonesia yang memiliki lebih dari 22 ribu member. Wow!

5. Phyton

Dalam sebuah tingkatan bahasa program komputer, untuk bahasa Phyton merupakan bahasa tingkat tinggi. Phyton termasuk dalam kategori bahasa program komputer yang bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi, baik itu yang berbasis web maupun yang berbasis mobile.

Bahasa Phyton sendiri termasuk kedalam jenis bahasa program komputer yang cukup mudah dipelajari bagi pemula sekalipun. Hal ini dikarenakan bahasanya yang cukup mudah dibaca dengan syntax sehingga cukup mudah juga untuk dipahami.

Ada banyak perusahaan besar yang menggunakan bahasa Phyton ini untuk kebutuhan pengembangan bisnis aplikasinya. Seperti halnya Pinterest dan Instagram. Selain itu, Phyton juga digunakan untuk pengembangan Google, Yahoo!, dan NASA.

6. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C. Bahasa C++ dan Bahasa C memiliki syntax penulisan yang hampir sama. Namun, kedua bahasa program komputer ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya.

Pada bahasa C, penyelesaian masalahnya dilakukan dengan membaginya kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau biasa disebut dengan bahasa proram komputer prosedural. Untuk Bahasa C++ sendiri lebih berorientasi pada objek, di mana permasalahannya dibagi kedalam kelas-kelas tertentu.

Bahasa C++ ini pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. C++ menjadi salah satu bahasa peogram komputer paling populer sebab seringnya digunakan oleh perusahaan besar untuk membangun softwarenya, seperti pada Adobe, maupun Firefox.

7. JavaScript

Apa itu Javascript? Manfaat, Fungsi dan Contohnya

JavaScript merupakan jenis bahasa program komputer yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript ini juga lebih ditekankan pada pengembangan web saja. Menggunakan JavaScript tentu bisa membantu Anda dalam membuat web yang menarik sekaligus interaktif.

Baca Juga :  Menelusuri Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia

Di Indonesia sendiri, ternyata ada sebuah grup Facebook yang dibuat khusus untuk membahas hal yang terkait dengan JavaScript bernama JavaScript Indonesia. Grup ini beranggotakan lebih dari 10 ribu anggota dan masih aktif hingga saat ini.

8. C#

C# merupakan bahasa program komputer yang dikembangkan langsung oleh Microsoft. C# ini dibuat dengan menggabungkan prinsip dari Bahasa C dan Bahasa C++. C# juga banyak digunakan untuk media pengembangan software dengan menggunakan platform Windows.

9. Objective-C

Objective-C merupakan salah satu bahasa program komputer yang berorientasikan objek. Bahasa program komputer ini juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple. Tidak hanya itu, bahkan sistem operasi iOS juga dikembangkan dengan menggunakan bahasa Objective-C ini.

10. ActionScript

ActionScript merupakan bahasa program komputer yang dibuat dengan berdasar pada ECMAScripr. ECMAScript ini digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak yang menggunakan platform Adobe Flash Player.

ActionScript juga biasanya digunakan pada beberapa aplikasi basis data, seperti yang digunakan pada Five dan Alpha. Bahasa ActionScript ini pada awalnya dikembangkan oleh Macromedia. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pengembangannya pun akhirnya dilanjutkan oleh Adobe dengan membeli Macromedia pada tahun 2005 silam.

ActionScript yang paling baru saat ini adalah versi ActionScript 3.0. Versi ActionScript 3.0 ini merupakan bahasa terbaru dari edisi sebelumnya yang dikenal dengan ActionScript 2.0. Nah, ActionScript 3.0 ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pendahulunya, di antaranya adalah penambahan fitur file yang ada pada ActionScript 3.0 yang dapat dibuat secara terpisah ketika proses runtime.