Mengenal Chromebook dan Perbedaannya dengan Laptop

masbejo.com *_* Bagi teman-teman yang belum kenal, apa benda Chromebook ini, Chromebook merupakan varian laptop “ekonomis” yang menyasar segmen orang-orang yang butuh laptop relatif murah dan portable untuk keperluan produktif sehari-hari tanpa program-program berat seperti Photoshop, Premiere Pro, dan sebagainya.

Biasanya lebih sering hanya dipakai untuk ketik-mengetik tugas, browsing internet, streaming Youtube, dan aktivitas ringan lainnya. Misalnya para pelajar, mahasiswa atau kamu yang sudah punya laptop sebagai workstation untuk edit-mengedit tapi malas banget bawanya ke mana-mana karena berat apalagi dibawa ke perpustakaan atau kafe cuma untuk skripsian dll.

Tak jarang ketika yang kamu perlukan dari sebuah laptop itu power dari prosesor, ram, memori, dan graphic card yang tinggi, ada hal-hal yang perlu dikorbankan seperti laptop menjadi berat, suara kipas yang cukup berisik, body laptop yang cepat panas, dan sebagainya. Sedangkan ketika kamu cari laptop yang slim dan ringan, beberapa dari spesifikasi tersebut juga terkobankan. Kalau cari yang komplit keduanya ada? Kantong dan rekening kamu yang jadi korbannya. Tapi apa itu Chromebook? Dan apakah itu tepat untuk Anda?

 

Apa itu Chromebook

Chromebook adalah jenis komputer baru yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai aktivitas dengan lebih cepat dan lebih mudah. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi dengan penyimpanan cloud, memiliki fitur bawaan terbaik dari Google, serta keamanan berlapis.

Chromebook memasuki pasar pada tahun 2011 sebagai alternatif yang lebih terjangkau dan mudah digunakan dibandingkan laptop lain di pasaran. Mereka telah menjadi hit besar, terutama di sekolah-sekolah. Mereka mudah dirawat, cepat dinyalakan, dan ratusan dolar lebih murah daripada apa pun yang Anda temukan di pasar.

Baca Juga :  Dampak, Sanksi, dan Jenis Pelanggaran Hak Cipta

Apa itu Chrome OS?

Dikutip dari Chromebook adalah kategori laptop yang berdiri sendiri, berbeda dari PC yang berjalan di Windows dan MacBook yang berjalan di macOS Apple. Chromebook menjalankan Chrome OS, sistem operasi berbeda yang sebagian besar berbasis internet.

Chrome OS pada dasarnya seperti menggunakan browser web Chrome untuk memberi daya pada seluruh laptop Anda. Ini adalah versi sistem operasi lain yang jauh lebih sederhana dan dikupas. Jika Anda pernah menggunakan Chrome sebagai browser web, maka Anda sudah tahu seperti apa Chrome OS itu.

Chromebook dijalankan dengan menggunakan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi dan file yang disimpan secara online. Itu berarti Chromebook Anda tidak perlu memiliki prosesor tercepat atau penyimpanan internal yang banyak. Itu hanya membutuhkan koneksi internet yang bagus dan solid.

Jika Anda terutama menggunakan browser web Chrome, Google Drive, dan layanan berbasis cloud lainnya-maka tidak ada alasan untuk tidak mempertimbangkan Chromebook sebagai perangkat Anda berikutnya.

Apa perbedaan Chromebook dengan laptop lain?

MacBook dan laptop Windows membutuhkan lebih banyak penyimpanan internal dan kekuatan pemrosesan untuk dijalankan. Mereka berkisar pada program yang perlu Anda unduh dan instal ke hard drive Anda. Dan file yang disimpan secara lokal ke perangkat Anda.

Karena itu, mereka membutuhkan penyimpanan internal yang lebih besar dan prosesor yang lebih cepat yang dapat menangani beban berat di balik program yang sulit dijalankan.

Chromebook tidak berfungsi seperti itu. Seberapa cepat Chromebook Anda berjalan, terutama didasarkan pada kualitas internet Anda. Koneksi yang stabil memungkinkan perangkat Anda mengakses dan menjalankan aplikasi yang Anda perlukan untuk bekerja, sekolah, dan bermain.

Baca Juga :  Mengenal Teknologi Jaringan Wireless

Lenovo Pamer 3 Laptop Chromebook Murah, Ada Versi Mungil 11 Inci | kumparan.com

Keunggulan Chrome OS:

1. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan

Chrome OS menghadirkan user interface (UI) yang mudah dipahami oleh penggunanya. Dengan tampilan UI yang sederhana ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan lewat menu yang tersedia. Sekilas, tampilannya mirip Android bukan?

2. Baterai yang tahan lebih lama

Bagi Anda yang ingin memiliki laptop dengan daya tahan baterai lama, mungkin menggunakan Chrome OS menjadi salah satu alternatif. Chrome OS lewat Chromebook menghadirkan pengalaman menggunakan laptop hingga 12 jam dalam sekali charge. Perlu diketahui, daya tahan baterai akan menurun seiring dengan umur laptop dan kondisi saat ini.

3. Bisa diakses secara offline

Siapa bilang Chrome OS hanya bisa dijalankan secara online? Nggak ada Wi-Fi, nggak masalah.  Anda masih bisa menggunakan Chrome OS yang terpasang di laptop Chromebook untuk mengakses berbagai dokumen atau menyelesaikan pekerjaan tertentu. Bahkan, membuka email juga bisa diakses secara offline. Supaya bisa diakses secara offline, user atau pengguna harus mengaktifkan pre-download content dan pastikan offline access juga telah diaktifkan. Dengan demikian user bisa membuka dokumen dan email secara offline di waktu tertentu.

4. Bisa membuka dokumen

Microsoft Office Chrome OS juga bisa digunakan untuk mengakses dokumen Microsoft Office, loh! Anda bisa pasang aplikasi, seperti Microsoft Word, Excel dan Powerpoint lewat google Play Store. Chrome OS juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas bukan?

5. Punya dukungan fitur pictur-in-picture

Tingkatkan produktivitas Anda sambil nonton video yang lagi viral atau menarik di aplikasi tertentu. Ketika Anda sedang bekerja, Anda bisa menampilkan sebuah jendela kecil yang terpampang di layar kerja Anda untuk nonton video. Pekerjaan jalan, hiburan juga jalan dong?

6. Fitur backup secara otomatis

Apabila Anda terhubung dengan jaringan internet, Chrome OS akan melakukan backup secara otomatis terhadap dokumen yang Anda simpan. Anda tidak perlu khawatir apabila suatu saat laptop rusak dengan dokumen yang ada di dalamnya.  Cukup buka Google Drive, Anda bisa mengecek semua dokumen yang telah dibackup sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Header, Footer, dan Menyisipkan Nomor Halaman di Ms. Word

7. Terhindar dari malware

Chrome OS yang terpasang di laptop Chromebook telah menggunakan fitur Verified Boot. Setiap kali laptop Chromebook dinyalakan, sistem akan mengecek keamanan, termasuk aplikasi yang berjalan di background demi mencegah malware masuk.

8. Menjalankan aplikasi Android

Menjalankan aplikasi Android bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan di Chrome OS. Anda bisa memasang berbagai aplikasi Android yang tersedia di toko aplikasi tersebut. Mau pasang Zoom, Google Meet, Microsoft Team atau aplikasi Android yang membuat Anda produktif di Chrome OS juga bisa!

9. Booting yang kencang

Tak pelru khawatir ketika membuka Chromebook harus menunggu lama untuk mencapai layar kerja. Chrome OS dapat boot atau mencapai layar utama ketika pertama kali dinyalakan hanya dalam hitungan detik. Nah, demikian beberapa keunggulan Chrome OS yang telah kami himpun. Apakah keunggulan Chrome OS membuat Anda berpaling dari laptop mainstream ke Chromebook?

Pencarian Populer : google chrome laptop