Mengenal Fungsi Berbagai Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi
Mengenal Fungsi Berbagai Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengenal Fungsi Berbagai Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi

masbejo.com – Mengenal Fungsi Berbagai Alat Teknologi Informasi dan Komunikasi. Proses pemindahan informasi dari sumber kepada penerima disebut dengan proses komunikasi. Informasi yang diberikan harus berupa informasi yang siap “cerna” agar informasi tersebut mudah untuk dipahami. Artinya, informasi tersebut harus diolah dan disajikan dengan baik. Tugas ini ditangani oleh alat teknologi informasi.

Setelah diolah, informasi siap dikirim kepada penerima informasi. Pengiriman informasi dilakukan oleh alat teknologi komunikasi. Apa saja alat teknologi informasi itu? Apa pula contoh alat teknologi komunikasi? Simak dan temukan jawabnya dalam uraian berikut.

Alat Teknologi Informasi

Alat teknologi informasi bertugas mengolah dan menyajikan informasi. Peralatan yang termasuk golongan ini misalnya komputer, laptop, dan personal digital assistant (PDA).

  1. Komputer

Komputer disebut pula PC. Hal ini merujuk pada kebiasaan masyarakat negara barat yang menyebut komputer sebagai personal computer/PC (komputer personal). Karena biasa diletakkan di meja, PC disebut pula desktop. Komputer digunakan untuk mengelola data. Data masukan (input) diolah menjadi data keluaran (output). Kemudian, data disajikan menjadi informasi yang diperlukan manusia. Komputer mampu melakukan pekerjaan ini berkat kehebatan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang dimiliki komputer.

komputer

2. Laptop atau Notebook

Pada dasarnya, laptop dapat disebut sebagai komputer portabel. Hal ini merujuk pada bentuk fisik dan fungsi laptop. Komputer dan laptop memang memiliki fungsi dasar yang sama. Akan tetapi, fisik laptop sangat berbeda dengan komputer. Laptop begitu ramping dan ringan. Hal ini sesuai dengan tugas laptop sebagai alat kerja yang dapat digunakan di mana saja. Laptop menggunakan baterai sebagai sumber energi. Baterai diisi menggunakan arus listrik layaknya handphone.

laptop

3. PDA (Personal Digital Assistant)

PDA singkatan dari personal digital assistant. Nama ini diberikan sesuai tugas PDA sebagai asisten pribadi berbentuk digital. PDA digolongkan pula sebagai komputer. Ukuran PDA kira-kira sebesar kalkulator. Dengan ukuran sekecil ini, PDA dapat digenggam dengan tangan. Oleh sebab itu, PDA disebut pula handheld computer (komputer genggam) atau palmtop. Palmtop merujuk pada ukuran PDA yaitu sebesar ukuran telapak tangan.

PDA

Alat Teknologi Komunikasi

Alat teknologi komunikasi bertugas memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Peralatan yang termasuk golongan ini misalnya radio, telepon, telegraf, televisi, faksimile, satelit, telepon seluler, serta modem.

  1. Telegraf
Baca Juga :  Pengertian, Fungsi dan Jenis Cache Memory

Telegraf merupakan alat yang memanfaatkan sandi morse. Telegraf berperan vital pada tahun 1900-an. Saat itu telegraf digunakan sebagai sarana mengirimkan pesan. Pesan yang disampaikan dinyatakan dalam bentuk sandi morse.

TELEGRAF

2. Telepon

Telepon mungkin telah menjadi teman akrab Anda selama bertahun-tahun. Bukan hanya Anda, hampir semua orang di dunia pernah menggunakan alat komunikasi ini. Berbeda dengan telegraf, telepon mengirim dan menerima informasi berbentuk suara. Teknologi telepon membuat komunikasi lisan menjadi mudah. Dua orang di dua tempat berbeda dapat melakukan komunikasi lisan layaknya mereka berada di tempat yang sama.

TELEPON

3. Radio

Benda ini pasti juga akrab dengan Anda. Pesawat radio memungkinkan Anda menerima informasi dari berbagai tempat. Informasi berasal dari pemancar radio. Informasi ini terpancar dalam bentuk gelombang radio. Pesawat radio menangkap gelombang ini. Selanjutnya pesawat radio menyampaikan informasi dalam bentuk suara.

RADIO

4. Televisi

Televisi jauh lebih canggih daripada radio. Hal ini terlihat dari kemampuan televisi untuk menghasilkan suara sekaligus gambar. Karena disampaikan dalam bentuk suara serta gambar, informasi yang diperoleh dapat lebih jelas dan lengkap.

TELEVISI

5. Faksimile

Secara fisik, faksimile mirip dengan telepon. Meskipun begitu, cara kerja faksimile berbeda dengan cara kerja telepon. Jika telepon menyampaikan informasi dalam bentuk suara, faksimile menyampaikan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

FAKSIMILE

6. Satelit Komunikasi

Wilayah atau cakupan gelombang yang dipancarkan radio dan televisi sangat terbatas. Sebagai contoh, gelombang siaran televisi dari pulau Jawa sulit ditangkap di wilayah pulau Papua. Satelit diciptakan sebagai solusi permasalahan ini. Satelit komunikasi diletakkan di luar angkasa. Benda ini berputar mengelilingi orbit tertentu di atas bumi. Tugas satelit komunikasi menangkap sinyal (misalnya sinyal siaran televisi di Pulau Jawa) kemudian mengirimkan sinyal (misalnya ke wilayah Papua).

SATELIT KOMUNIKASI

7. Telepon Seluler

Baca Juga :  Jenis Kabel dan Port USB Beserta Fungsinya

Telepon seluler disebut pula handphone. Benda yang diakronimkan menjadi ponsel ini menjadi fenomena sejak akhir tahun 90-an. Fungsi ponsel sama dengan telepon biasa. Akan tetapi, ponsel memberikan banyak kemudahan. Misalnya ponsel dapat digunakan untuk berkomunikasi tanpa menggunakan kabel. Dengan kelebihan ini, telepon seluler dapat digunakan di hampir semua tempat di bumi.

HP

8. Modem

Kata modem merupakan singkatan dari modulator demodulator. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Sinyal analog misalnya sinyal yang berasal dari telepon. Pengubahan bentuk sinyal dilakukan agar komputer dapat menerima informasi yang berasal dari sinyal tersebut. Pengubahan ini perlu dilakukan karena komputer hanya dapat membaca sinyal digital.

MODEM

Alat teknologi untuk kepentingan penyampaian informasi dan komunikasi sangat beragam seperti yang sudah dijelaskan di atas. Untuk mendukung kegiatan sehari-hari, kita hampir mempergunakan semua alat diatas ya.

Semoga informasinya bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.