Mengenal Fungsi, dan Apa Itu ROM

masbejo.com *_* Mengenal Apa Itu ROM Berikut Fungsinya Berbicara mengenai penyimpanan data pada komputer, Anda pasti mengenal istilah RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang berfungsi untuk menyimpan data secara sementara. Ternyata perangkat penyimpanan data pada komputer tidak hanya RAM saja, namun ada perangkat lain yaitu ROM. ingin tahu penjelasan tentang ROM? Artikel berikut akan mengurai informasi lengkap yang berhubungan dengan pengertian, fungsi dan cara kerja dari ROM.

A. Apa itu ROM?

ROM adalah singkatan dari ‘ Read Only Memory ‘ yaitu suatu perangkat keras pada komputer atau PC yang berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya bisa dibaca saja. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM (Random Access Memory), walaupun keduanya mempunyai kesamaan yaitu dapat diakses secara acak atau random. ROM (Read Only Memory) berbeda dengan RAM (Random Access Memory).

Atau bias juga definisi ROM adalah salah satu memori yang terdapat di dalam komputer. ROM ini mempunyai sifat permanen, yang artinya program atau data yang disimpan didalam ROM tidak mudah hilang ataupun berubah-ubah walau aliran listrik di sudah matikan. Menyimpan data di dalam ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca data dapat dilakukan dengan mudah. Biasanya program atau data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Oleh karena itu sifat ini, biasa dipakai untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan sangat erat dengan perangkat keras).

Jenis-Jenis ROM

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis atau tipe ROM yang sering digunakan. Berikut contoh dari beberapa jenis ROM:

– PROM (Programmable Read-Only Memory)

– EPROM (Electrically Programmable Read-Only Memory)

– EAROM (Electrically Alterable Read-Only Memory)

– EEPROM/Falsh ROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)

– Mask ROM

Fungsi ROM (Read Only Memory)

Setelah mengetahui pengertian dari Read Only Memory (ROM), Anda juga wajib tahu fungsi-fungsi yang ada pada ROM. Pada dasarnya ROM ini memiliki tiga fungsi utama yang penting. Berikut penjelasannya :

  1. Tempat Penyimpanan Kode Booting

Fungsi ROM yang pertama adalah sebagai tempat penyimpanan kode-kode booting. kode -kode booting tersebut akan tampak saat Anda mulai menyalakan layar komputer Anda. Biasanya pada layar Anda akan menemui tampilan untuk masuk ke BIOS. BIOS adalah salah satu contoh penggunaan ROM yang berisikan informasi pengecekan hardware pada komputer. Apabila kode-kode pada BIOS tidak dapat terbaca, maka akan berakibat komputer tidak dapat dijalankan.

  1. Alat Distribusi Software

ROM juga dapat digunakan sebagai alat distribusi software. Penggunaan ROM untuk perantara instalasi software sangat tepat digunakan karena media simpan ROM lebih awet. Jaminan kecilnya kerusakan yang akan terjadi saat proses instalasi software melalui ROM membuat banyak orang lebih mantap untuk menggunakannya dibandingkan media simpan yang lainnya.

Ketahui Fungsi CD ROM, Beserta Sejarah dan Cara Menggunakannya | merdeka.com

  1. Sarana Penyimpanan Data dengan Keamanan yang Terjamin

Melakukan back-up file ke dalam ROM merupakan solusi tepat terutama bagi Anda yang tidak ingin datanya terkena virus. Selain dijamin jauh dari jangkauan virus, media ROM juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Lalu bagaimana caranya? Mudah saja, Anda hanya tinggal menyalinnya ke CD-R dengan tipe PROM .

Demikian informasi tentang pengertian, transformasi dan beberapa fungsi dari ROM. ROM yang merupakan media simpan bawaan pabrik ternyata juga memiliki fungsi lain seperti sebagai alat distribusi software. Selain itu, pemilihan media ROM merupakan pilihan tepat karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan Anda semua.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Komputer yang Perlu Kamu Tahu