Mengenal Lisensi Font
Mengenal Lisensi Font dan Penggunaannya

Mengenal Jenis Lisensi Font dan Penggunaannya

[masbejo.com] Mengenal Jenis Lisensi Font dan Penggunaannya – Bismillah. Halo Sobat Masbejo, sebagai orang yang berkecimpung di bidang desain grafis tentu tak asing lagi denga yang namanya “Font”, atau bahasa awamnya sering disebut “Jenis Huruf”. Dari yang tipe-tipe huruf formal sampai yang abstrak jenisnya sangatlah beranekaragam. Dan kita sangat dimudahkan untuk mendownload font yang kita inginkan, tinggal ketik nama font atau jenis style yang kita inginkan di mbah google maka kita akan disajikan ratusan bahkan ribuan font disana.

Perhatikan Jenis Lisensi Font yang Sobat Download

Mengenal Lisensi Font

Nah, Sobat Masbejo, selama ini membuat desain menggunakan font, entah itu bawaan dari komputer atau hasil download dari internet, sudah memperhatikan lisensinya belum? Terutama bagi yang menggunakannya untuk kebutuhan komersil, apalagi sebagai seorang desainer grafis tentu sering menggunakannya untuk kebutuhan komersil.

Eh lisensi itu apa sih? Lisensi adalah sebuah pemberian izin atas kepemilikan barang atau jasa kepada pihak yang menerima lisensi. Mengapa harus ada pemberian izin? Tujuannya adalah untuk mengapresiasi atau menghargai karya orang lain. Mudahnya gini sob, lisensi itu izin penggunaan, dah gitu aja biar enak mahaminnya, hehe.

Menggunakan font nggak bisa sembarangan loh ternyata, Sobat Masbejo. Meskipun kita download font nya secara gratis terkadang gratis disini hanya sebatas penggunaan pribadi saja tidak untuk kebutuhan komersil. Terkadang kita lupa atau malas  membaca keterangan lisensinya. Jangan sampai kita pakai font gratisan yang ternyata lisensinya gratis hanya untuk pribadi, kita gunakan untuk kebutuhan komersil, bisa kena tuntut!

Baca Juga :  Twibbon Hari Kesaktian Pancasila 2021 , Free Download !!

Oleh karena itu, kali ini Masbejo mau sharing nih terkait macam-macam jenis lisensi font dan penggunaannya, simak sampai selesai yah, Sobat Masbejo!

Lisensi Font Free 100%

Jenis lisensi ini Sobat Masbejo bebas menggunakannya dalam kebutuhan apapun baik untuk personal maupun komersil. Misalnya, sobat ingin membuat portofolio pribadi. Lalu sobat menggunakan font dengan jenis lisensi 100%, maka font tersebut bebas digunakan tanpa adanya biaya pemakaian atau jenis perjanjian lainnya.

Lisensi Font Free for Personal Use

Jenis lisensi ini Sobat Masbejo bisa bebas menggunakan font secara personal. Namun, apabila sobat ingin menggunakan font tersebut untuk kebutuhan komersil, maka harus membayar ke pemilik font.

Lisensi Font Donationware

Kesepakatan pada jenis lisensi ini yakni sebelum menggunakan font sobat harus mendonasikan sejumlah uang kepada pemilik font dulu. Dengan demikian, font dapat bebas sobat gunakan.

Lisensi Font Commercial Use

Pada jenis lisensi ini sobat harus membeli font dengan jumlah tertentu. Meskipun font tersebut digunakan untuk kebutuhan personal atau komersil.

Perhatian!

Perlu Sobat Masbejo ingat, untuk acuan keterangan jenis lisensi biasanya tertera pada file Readme.txt yang ada pada paket file download (biasanya dalam format .zip file). Keterangan disitu biasanya ditulis langsung oleh Creator fontnya. Jangan mudah percaya dengan keterangan lisensi yang diberikan web tempat kita download, karena bisa jadi mereka hanya asal upload ulang saja file fontnya tanpa memperhatikan lisensi asli yang diberikan oleh Creator Font tersebut.

Penutup

Demikian yang Masbejo bisa sharingkan mengenai jenis lisensi font dan penggunaannya. Semoga bisa menambah wawasan Sobat Masbejo sekalian sehingga sobat bisa lebih hati-hati dalam menggunakan font apalagi untuk kebutuhan komersil. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Baca Juga :  7 Baner Gratis Tentang Corona Virus Paling Ramai Di Cari!!

Oya sob, siapa tau lagi cari font keren buat desain undangan, sobat bisa baca artikel kami tentang 5 Rekomendasi Font Undangan Gratis