macam-macam proocessor

Mengenal Macam-Macam Processor

masbejo.com *-* Mengenal Macam-Macam Processor – CPU (Central Processing Unit/Processor ), adalah sirkuit elektronik di dalam komputer yang menjalankan instruksi yang membentuk program komputer. CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengendalian, dan input/output (I/O) dasar yang ditentukan oleh instruksi dalam program. Industri komputer menggunakan istilah “unit pemrosesan pusat” sejak tahun 1955.Secara tradisional, istilah “CPU” mengacu pada prosesor, lebih khusus lagi untuk unit pemrosesan dan control unit (CU), yang membedakan elemen inti komputer ini dari komponen eksternal seperti memori utama dan sirkuit I/O.

 

Bentuk, desain, dan implementasi CPU telah berubah sepanjang sejarahnya, tetapi operasi fundamentalnya hampir tidak berubah. Komponen utama dari CPU termasuk unit logika aritmatika (ALU) yang melakukan aritmatika dan operasi logika, register prosesor yang memasok operan ke ALU dan menyimpan hasil operasi ALU, dan unit kontrol yang mengatur pengambilan (dari memori) dan eksekusi. instruksi dengan mengarahkan operasi terkoordinasi ALU, register dan komponen lainnya.

Bagian terpenting dari prosesor adalah:

  1. Aritcmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  2. Control Unit (CU) :  Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  3. Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Sejarah Processor

Fungsi, Sejarah dan Macam-Macam Processor. Pada tahun 1971, komponen yang disebut sebagai mikroprocessor untuk pertama kalinya dibuat oleh para teknisi dari perusahaan elektronik Intel. Mikroprosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Chip tersebut diberi nama Intel 4004 dan didesain oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.

Prosesor juga bisa diartikan sebagai sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Tiga tahun setelahnya, tepat di Tahun 1974 Intel memperkenalkan prosesor baru mereka yaitu 8-bit 8080, dengan 4.500 transisitor sepuluh kali lebih cepat dari versi pertama yang mereka ciptakan. Terobosan baru rilis 6 tahun setelahnya.

Baca Juga :  Suka Nonton TV Online Luar Negeri? Tips dan Trik Berikut Akan Berguna Untuk Anda!

Di tahun 1980, Intel kembali memperkenalkan inovasi terbaru mereka yaitu 8087 co-processor. Dan sampai sekarang, yang terbaru sudah ada Intel Core i9 dengan berbagai cabang generasi yang masing-masiang memiliki spesifikasi berbeda.

Baca Juga :  Mengenal Virtual Assistant dan Tugasnya Dan Contohnya

Fungsi Processor

Fungsi, Sejarah dan Macam-Macam Processor. Tugas utama atau fungsi processor adalah menerima instruksi dari sebuah program atau aplikasi dan kemudian menjalankan sebuah kalkulasi. Proses ini dapat dijabarkan menjadi tiga tahap yakni Fetch (mengambil), Decode (membaca kode), lalu Execute (mengeksekusi). Sebuah processor mengambil instruksi dari RAM, kemudian instruksi tersebut dibaca dan dipahami sebelum akhirnya dieksekusi oleh komponen yang relevan.

Instruksi yang telah dieksekusi, atau kalkulasi yang telah dijalankan melibatkan proses penghitungan dasar, membandingkan sejumlah angka secara bersamaan, atau memindahkannya ke memory. Karena semua yang ada dalam komputer diwakilkan oleh rangkaian angka, maka tugas processor adalah mengolah semuanya. Mulai startup Windows  hingga membuka Facebook, semua difasilitasi oleh processor.

 

Namun perlu diketahui bahwa processor juga bertugas untuk membagikan olahan angka tersebut ke komponen lain agar komponen tersebut dapat mengerjakan porsi tugasnya. Sebagai contoh, ketika kamu ingin membuka sebuah dokumen Word, maka processor akan menerima perintah tersebut, mengolahnya, kemudian mengeksekusi dengan memberitahu hardisk untuk memuat data yang diminta. Contoh lain ketika kamu menembak suatu bahan peledak dalam game, maka processor akan meminta kartu grafis untuk menampilkan ledakan pada layar monitor. Jadi, selain mengolah data, processor juga bertanggung jawab pada tugas dari setiap komponen lainnya.

Macam-Macam Processor

Berikut ini adalah macam-macam processor yakni sebagai berikut:

Intel

Adalah sebuah processor mikro buatan dari intel corporation yang sering digunakan pada CPU pada banyak komputer pribadi.pada perkembanganya produsen intel mengeluarkan banyak versi yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Keunggulan Intel yakni lebih tahan lama/tidak cepat panas,intel lebih baik digunakan untuk mendukung proses kerja seperti office bukan untuk game.

Processor intel antara lain sebagai berikut:

 

Baca Juga :  Membuat Media Pembelajaran Lebih Menarik Gunakan Software Ini !

Intel Pentium IV – Organisasi & Arsitektur KomputerPentium merupakan prosesor pertama dari Intel yang menggunakan arsitektur superskalar, walaupun Pentium merupakan prosesor yang bersifat CISC, Pentium dapat bekerja seperti layaknya prosesor RISC, meskipun pada saat itu belum ada aplikasi yang mampu mengutilisasinya.

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan Dari VGA NVDIA RTX dan GTX 

 

Intel Core TM 2 Duo,processor ini dikeluarkan oleh Intel pada Juli tahun 2006.processor ini terbukti lebih efsien dibanding versi yang sebelumnya.kecepatnya sampai 2.4 GHz.

 

Prosesor Intel® Core™ seri XProsesor Intel® Core™ seri X mendukung desktop canggih dan kelas atas untuk gaming yang menakjubkan dan performa penggemar.

 

Prosesor Intel® Core™ i9Menghadirkan hingga 10 inti unlocked untuk video 4K Ultra HD dan 360 yang lancar, gameplay canggih, serta performa multitugas.

 

Prosesor Intel® Core™ i7CPU ini dilengkapi hingga 8 inti untuk komputasi lebih cepat yang mendukung gaming, konektivitas, dan keamanan kelas atas.

 

Prosesor Intel® Core™ i5Nikmati performa yang luar biasa untuk PC rumah dan bisnis, dengan hingga 6 inti untuk gaming, kreativitas, dan multitugas.

 

Prosesor Intel® Core™ i3Prosesor berisi banyak nilai ini menghadirkan performa luar biasa untuk tugas harian.

AMD

Adalah sebuah mikroprosesor terbesar kedua didunia setelah intel corporation. AMD menjadi pesaing utama intel dalam perkembangan processor dalam duniainternasional.
Keunggulan AMD dibandingkan processor lain adalah:
  1.  Hyper Transport Teknologi penggandaan Bus pada jalur system sehingga data yang diantar lebih banyak karena lalu lintasnya lebih cepat.
  2. Enhanced Virus protection (EVP),  Teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga komputer lebih terproteksi lebih aman.
  3. AMD 64 technology,teknologi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64bit.

Macam processor AMD antara lain:

Gigabyte GA-MA785GM-US2H Micro ATX AM3/AM2+/AM2 Motherboard Compatible CPUs - PCPartPickerAMD phenom II processor

 

Sempron - Wikipedia

AMD sempron processor

 

 

Amd Athlon Ii X2 255 Prosesor 3.1 Ghz 2 Mb L2 Cache Socket Am3 Dual-core Yang Tersebar Potongan Cpu - Buy X2 255 Product on Alibaba.com

 

AMD anthlon II processor in-a-box

 

 

AMD Ryzen 5 5600G Drivers - AMD RYZEN DRIVERSAMD Rayzen series

 

 

 

 

Apple M1

 

Fungsi Processor The Apple M1 is the first ARM-based chipset for Macs with the fastest CPU cores and top iGPU - GSMArena.com news

Apple M1 merupakan sistem dalam keping (system on a chip; SoC) berbasis ARM pertama buatan Apple Inc. sebagai unit pemroses sentral (CPU) untuk komputer Macintosh. Keping ini dirilis untuk MacBook Air (M1, 2020), Mac mini (M1, 2020), dan MacBook Pro (13 inci, M1, 2020). Apple M1 menjadi keping komputer pribadi yang dibuat dengan teknologi 5nm. Apple mengeklaim bahwa keping tersebut memiliki inti CPU tercepat di dunia dalam kategori silikon berdaya rendah dan performa per watt CPU terbaik di dunia.

Arsitektur
Apple M1 memiliki empat inti berperforma tinggi dengan kode nama “Firestorm” dan empat inti berdaya rendah dengan kode nama “Icestorm”, yang memiliki pengaturan mirip dengan ARM big.Litte dan prosesor Lakefield milik Intel. Kombinasi ini memberikan optimisasi yang tidak mungkin dilakukan oleh peranti berarsitektur Apple-Intel. Apple mengeklaim bahwa inti berdaya rendah itu menggunakan satu per sepuluh daya dari inti berperforma tinggi. Inti berperforma tinggi memiliki 192 KB CPU Cache dan 128 KB tembolok data dan berbagi 12 MB tembolok L2. “Kluster E” Icestorm memiliki frekuensi 0,6–2,064 GHz dengan maksimum penggunaan daya sebesar 1,3 W. “Kluster P” Firestorm berfrekuensi 0,6–3,204 GHz dan menggunakan daya paling besar 13,8 W.

Baca Juga :  Tips Memilih SSD

Teknologi penerjemahan biner dinamis Rosetta 2 memungkinkan produk yang menggunakan M1 dapat menjalankan perangkat lunak yang dibangun untuk CPU Intel x86.

M1 menggunakan SDRAM LPDDR4X 4266 MT/s dalam konfigurasi memori terpadu yang digunakan secara bersama oleh seluruh komponen prosesor. Keping SoC dan RAM dipasang bersama dalam desain sistem dalam satu paket (system-in-a-package).

Cyrix

Adalah sebuah mikroprocessor yang didirikan pada tahun 1988 di Richardson,Texas sebagai pemasok spesialis performa tinggi matematika coproprocessor untuk 286 dan 386 mikroprocessor.
Generasi cyrix antara lain:

Cyrix
  • Cyrix 486SLC,bekerja internal 32bit,eksternal 16bit dan RAM 16mb
  • Cyrix MediaGX dengan kecepatan 120-200 Mhz
  • Cyrix 6×86 dengan kecepatan 110-150 Mhz
  • Cyrix M2 dengan kecepatan 180-233 Mhz
  • Cyrix C3 dengan kecepatan 500-733 Mhz

Namun pada perkembanganya Cyrix processor kalah bersaing dengan AMD dan Intel Processor.

Demikian Fungsi, Sejarah dan Macam-Macam Processor