Mengenal Pemrograman dan Bahasa Pemrograman
Mengenal Pemrograman dan Bahasa Pemrograman

Mengenal Pemrograman dan Bahasa Pemrograman

masbejo.com – Mengenal Pemrograman dan Bahasa Pemrograman. Sebagai manusia kita berkomunikasi menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh orang yang kita ajak berkomunikasi. Begitu juga dengan komputer. Komputer memiliki bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dengan semua perangkat komputer. Bahasa tersebut disebut dengan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman inilah yang digunakan manusia untuk membuat suatu program.

Pemrograman komputer adalah salah satu cabang ilmu yang dipelajari saat membahas komputer. Bagian ini menjadi topik penting terutama bagi kalangan pengembang software.

Definisi Pemrograman

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), serta memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis menggunakan berbagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sendiri adalah perintah-perintah atau instruksi yang dimasukkan ke komputer dan dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas tertentu.

Prosedur Membuat Program

Sebelum membuat program menggunakan bahasa pemrograman, kamu perlu membuat prosedur pengodean program. Prosedur tersebut lebih dikenal dengan istilah algoritma. Algoritma adalah langkah-langkah menyelesaikan masalah secara sistematis dan logis. Algoritma dapat dianalogikan dengan standard operating procedure (SOP) atau prosedur operasional standar. Sebagai contoh, bentuk algoritma mengirim surat sebagai berikut.

  1. Tulis surat pada secarik kertas.
  2. Ambil sampul surat.
  3. Masukkan surat ke dalam sampul surat.
  4. Tutup sampul surat dengan perekat.
  5. Tulis alamat surat.
  6. Tempel prangko pada sampul surat.
  7. Poskan surat.

Algoritma di atas dapat pula dituangkan dalam bentuk diagram alir (flow chart) sebagai berikut.

algoritma penulisan naskah program

Apabila langkah pada algoritma tidak logis, Anda tidak dapat mengirimkan surat dengan benar. Jika menggunakan komputer, berarti yang melaksanakan program atau urutan algoritma adalah komputer itu sendiri. Oleh karena itu, algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh komputer. Bentuk algoritma yang dapat dimengerti tersebut selanjutnya ditulis dalam bentuk bahasa pemrograman.

Baca Juga :  Berbagai Cara Mengedit Naskah di Microsoft Word dengan Mudah

Berbagai Jenis Bahasa Pemrograman

Menurut tingkat kesulitan untuk dipahami oleh manusia, bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga level/tingkatan. Tiga tingkatan ini meliputi bahasa pemrograman tingkat rendah, bahasa pemrograman tingkat menengah, dan bahasa pemrograman tingkat tinggi.

  1. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language). Bahasa pemrograman tingkat rendah disebut juga dengan bahasa mesin. Jenis bahasa pemrograman ini memiliki struktur bahasa sangat mekanis dan sulit dipahami oleh manusia. Bahasa tingkat rendah menggunakan kode biner yang dapat dimengerti oleh perangkat keras komputer. Nilai lebih bahasa tingkat rendah yaitu memiliki kemampuan yang sangat baik dalam pengaksesan perangkat keras. Contoh bahasa tingkat rendah yaitu bahasa assembly.
  2. Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language). Aturan penulisan bahasa pemrograman tingkat menengah mendekati bahasa manusia. Akan tetapi, bahasa ini memiliki kecepatan proses dan pengaksesan perangkat keras yang mirip dengan bahasa tingkat rendah. Bahasa pemrograman yang termasuk kategori ini adalah C, Clipper, dan Pascal.
  3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language). Bahasa pemrograman ini lebih mendekati bahasa manusia. Kebanyakan bahasa tingkat tinggi ini memiliki sintaks menggunakan bahasa Inggris. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah Visual Basic, Delphi, Foxpro, PHP, dan ASP.

Dalam membuat sebuah program kamu harus menggunakan algoritma yang logis agar program yang kamu buat dapat terselesaikan dengan baik dan dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga yaitu bahasa pemrograman tingkat rendah, bahasa pemrograman tingkat menengah, dan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Apakah kamu berminat mempelajari bahasa pemrograman?

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *