bagian dekstop

Mengenal Sistem Operasi Windows

masbejo.com – Mengenal Sistem Operasi Windows (1). Apa yang kamu pikirkan jika mendengar kata “Windows”?

Jika orang mendengar kata “Windows”, tentu langsung terarah pada sebuah bentuk jendela yang ada di rumah, di mana orang dapat melihat sesuatu yang lebih luas dengan segala pemandangan jika jendela tersebut dibuka.

Tatapi Windows yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah Sistem Operasi yang digunakan untuk mengaktifkan sebuah komputer. Selain Windows ada beberapa sistem operasi seperti DOS, Linux, Unix, dan sebagainya.

Orang cenderung menyukai Windows karena dari sudut display atau tampilan memang lebih menarik dibanding sistem lainnya. Dengan sistem Windows orang dapat membuka jendela demi jendela secara bertahap untuk mencari yang diinginkan. Selain itu memang cara pengoperasiannya yang lebih sederhana, karena tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah ada penuntunnya, dan juga satu hal yang menggembirakan yaitu yang tampil di layar itulah yang akan diperoleh pada output/print out/hard copy. Jadi dapat disimpulkan, yang dimaksud sistem operasi Windows adalah suatu cara kerja atau operasi multijendela, yang memungkinkan seseorang dapat bekerja dengan lebih mudah, cepat, dan tepat melalui media komputer.

Mengenal Alat Bantu Sistem Operasi Windows

Alat bantu utama sistem operasi windows adalah mouse. Mouse adalah sebuah benda kecil yang menyerupai tikus (mouse) yang dihubungkan ke CPU atau dapat juga berupa benda bulat yang menjadi satu dengan papan keyboard (pada laptop). Kegunaan mouse adalah untuk mengerakkan pointer (tanda panah di layar, hingga dapat menunjuk ikon-ikon maupun menu atau submenu tertentu sesuai kebutuhan. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuka jendelajendela ataupun sebaliknya untuk menutupnya.

Istilah dalam Menggunakan Mouse

  1. Tunjuk/point → Memindahkan pointer ke lokasi tertentu.
  2. Klik → Menekan tombol kiri mouse satu kali dan kemudian melepasnya.
  3. Double klik → Menekan dalam melepas tombol kiri mouse dua kali secara cepat.
  4. Klik and drag → Menekan tombol kiri mouse dan menahan ke tempat yang diinginkan.
Baca Juga :  Menyisipkan ClipArt dari Komputermu

Cara Memulai Pengoperasian Microsoft Windows

Setelah komputer dihidupkan dan proses booting selesai, komputer menampilkan desktop (tampilan awal dari proses menghidupkan komputer) dengan wallpaper atau background yang menarik. Setelah menunggu beberapa saat Windows akan menampilkan ikon-ikon yang bertebaran di halaman depan wallpaper kalian. Dari tampilan ini (desktop) sudah bisa memulai aktivitas untuk mengoperasikan komputer.

Bagian dari desktop pada komputer terdiri atas:

bagian dekstop
  1. Icon (Ikon) adalah gambar kecil yang mewakili suatu program.
  2. Background adalah gambar latar belakang dari active desktop.
  3. Start Menu adalah tombol untuk menampilkan program-program yang telah terpasang pada komputer yang akan kalian gunakan.
  4. Taskbar adalah baris untuk menampilkan nama jendela yang aktif.
  5. Quick Launch adalah suatu baris yang digunakan untuk menampilkan jam dan tanggal.

Kali ini kita Mengenal Sistem Operasi Windows sebatas alat bantunya, istilah dalam menggunakan mouse, dan bagian dari dekstop Windows. Materi lain akan dibahas selanjutnya.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *