Mengenal VGA, Jenis dan Fungsi VGA

masbejo.com *_* Mengenal VGA,  Fungsi dan Jenis VGA – VGA card yang juga dikenal sebagai kartu video/tampilan atau adaptor grafis, digunakan untuk memproses dan menghasilkan umpan gambar keluaran ke monitor atau tampilan komputer. Menghubungkan dengan motherboard komputer, VGA card berisi mekanisme pendinginan, unit pemrosesan, koneksi ke perangkat tampilan, dan memorinya sendiri.

Biasanya, sistem komputer dengan spesifikasi rendah memiliki grafis terintegrasi motherboard atau central processing unit (CPU) untuk menghasilkan gambar keluaran. Namun, pada sistem yang memiliki VGA card khusus secara signifikan meningkatkan kualitas grafik yang dibuat dan diperlukan untuk membuat grafik 3D secara akurat. Ini sangat penting bagi yang bergelut dengan foto, video, dan game.

 

Apa Itu VGA?

AMD Radeon HD6990 VGA Card Tercepat dari AMD dengan Skor 3DMark11 P11865

Tahukah Anda apa itu VGA? VGA adalah singkatan dari Video Graphic Array. Yang merupakan sebuah hardware yang memiliki peran dalam pemrosesan informasi grafis pada komputer, laptop atau PC yang nantinya akan ditampilkan ke layar.

Dengan penggunaan perangkat keras ini maka Anda akan mendapatkan kualitas tampilan yang lebih baik dan tajam. Karena hardware ini berhubungan erat dengan grafis.

Sederhananya kartu VGA ini berfungsi untuk menerjemahkan output dari PC dan gadget lainnya ke monitor. Biasanya hardware ini sudah terpasang di dalam laptop maupun PC. Namun adajuga kartu grafis yang dihubungkan dengan connector.

Fungsi VGA

Apa fungsi VGA Card? Fungsi utama dari kartu grafik ini ialah untuk membantu merubah sinyal digital yang dihasilkan PC, komputer atau laptop yang akan ditampilkan pada layar monitor. Dengan memiliki VGA card berkapasitas tinggi tentunya akan membuat VGA berfungsi secara maksimal, seperti:

  • Tampilan menjadi lebih halus, tajam dan nyata
  • Membuat gambar atau desain grafik
  • Membuat tampilan game lebih berkualitas
  • Melakukan pengaturan pada Graphics option di Windows
  • Membuat kombinasi warna yang lebih tajam
  • Membuat gambar maupun video terlihat terang dan tajam
  • Menghubungkan komputer, PC maupun laptop dengan bantuan HDMI ke TV
  • Memproses berbagai grafis yang akan ditampilkan pada monitor
  • Menerjemahkan output dengan lebih baik dari perangkat ke monitor
  •  Menyimpan data yang berasal dari hardisk
Baca Juga :  POCO M3 Pro 5G Akan Dirilis Tanggal 29 Juni Mendatang Berikut Spesifikasi

Adapun jenis-jenis VGA pada komputer antara lain:

jenis – jenis VGA Berdasar Memori

Kartu grafis bisa dibedakan berdasarkan jenis serta klasifikasi memorinya seperti:

  • VRAM

VRAM merupakan kartu grafis yang memiliki kecepatan 20-10 ns biasanya digunakan pada kompuetr dengan spesifikasi tinggi atau kelas atas untuk keperluan desain grafis serta gaming. Contoh VRAM adalah Diamond Stealth 3000 3D, Diamond Fire GL dan lain-lain.

  • SGRAM

Jenis kartu grafis berikutnya adalah SGRAM atau Synchronous Graphic RAM yang memiliki kecepatan 10 ns. Kartu grafis jenis in juga sering digunakan pada komputer kelas atas dengan kemampuan 3D accelerator. Seperti ASUS 3D Explorer, Matrox MGA Millenium dan masih banyak lagi.

  • Rambus

Kartu grafis jenis ini biasanya digunakan pada mesin video game atau game konsol seperti Nitendo, Sega, PlayStation dan lainnya. Satu-satunya produsen RAMBUS adalah Creative Labs dengan produk MA-332, Graphic Blaster 3D dan lainnya.

  • EDO RAM

Kartu VGA ini mempunyai kecepatan 60-35 ns yang biasanya terpasang pada komputer dengan grafik 64 bit. Kartu grafis ini biasanya digunakan dengan kecepatan 60 Mhz. Misalnya Ati Mach 64, Winfast s280/ S600.

  • Dynamic RAM

DRAM atau Dynamic RAM memiliki kecepatan 70-80 ns yang digunakan pada kartu grafis dengan ukuran 8, 16 mapun 32 bit. Biasanya hardware ini terpasang pada komputer yang tidak membutuhkan kecepatan tingi serta warna grafis yang tidak terlalu banyak.

jenis-jenis VGA Berdasar Bentuk

VGA Onboard 

Jenis-Jenis VGA yang Wajib Diketahui Pecinta Komputer - Indoworx

VGA onboard merupakan unit pemrosesan yang sudah terintegrasi dengan motherboard, sehingga tidak diperlukan lagi kartu VGA. Keberadaan chipset VGA onboard tidak diperbaiki, karena VGA onboard dapat di set menjadi tidak aktif jika pengguna ingin memasang kartu VGA yang diinginkannya. Sejak IBM PC lahir pada tahun 1981, hampir semua PC memiliki memori terpisah untuk frame buffer, yaitu blok memori tempat gambar yang keluar di layar monitor dipetakan. Ini bukan masalah untuk sistem yang memiliki video monokrom berbasis karakter. Karena frame buffer yang dibutuhkan hanya 2 KB. Tetapi GUI (Graphical User Interface) berbasis modern yang membutuhkan layar bitmap resolusi tinggi dan warna asli sangat haus memori. Resolusi layar 640 x 480 piksel dengan warna 8 bit membutuhkan frame buffer sebesar 300 KB, sedangkan layar dengan resolusi 1024 x 768 piksel dengan warna 24-bit membutuhkan memori sebesar 2,25 MB. Buffer bingkai khusus berukuran tetap. Apa pun mode layar yang digunakan, buffer bingkai harus dapat mengakomodasi resolusi tertinggi dan kedalaman warna terbaik yang dapat didukungnya. Software tidak dapat menggunakan sisa memori dari frame buffer meskipun menggunakan resolusi rendah dan 16 warna. Hal ini disebabkan oleh cara Video dikemas dan dikonfigurasi dalam subsistem grafis tertentu. Dengan demikian, Mega-mega byte memori terbuang sia-sia. UMA (Unified Memory Architecture) menyatukan frame buffer dengan memori utama.

Baca Juga :  Cara Menyimpan Dokumen yang Sudah Selesai

VGA Card (dengan kartu VGA)

√ Pengertian VGA Card: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis & Rekomendasi

Sejak sistem IBM PC pertama, di komputer pasti ada unit kartu grafis, apakah itu CGA, EGA, MCGA, VGA, atau yang lainnya. Dengan menggunakan VGA card sebagai pengganti onboard maka akan mendapatkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan sistem yang menggunakan UMA (Unified Memory Architecture). Jika di masa lalu kartu grafis 8-bit dengan memori 512 KB yang dapat menampilkan 256 warna pada resolusi 640 X 480 sudah cukup, sekarang tidak. Persyaratan minimum untuk komputer multimedia adalah kartu grafis 64-bit dengan memori 1 MB.

Jenis VGA Berdasarkan Slotnya

Muhammad Jaenal: Perbedaan VGA Card DDR 2, DDR3, DDR4, DDR 5

VGA type AGP VGA type AGP

VGA AGP awal dibuat, dikarenakan peningkatan transfer data yang signifikan dari memori, CPU ke peralatan display, maka dibuatlah slot AGP untuk memasang VGA type AGP. VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai tegangan yang digunakan yaitu AGP 1x dan 2x dengan tegangan 3,3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt.

VGA type PCI

Jenis VGA PCI ini, VGA card dapat digunakan dengan cara memasangnya pada slot PCI, VGA jenis ini jarang digunakan, karena keterbatasan fitur, cirinya slot di bagian depan terdapat noda, dan jenis pin lurus vertikal.

PCI Express

Jenis VGA ini, pengembangan selanjutnya dari slot PCI memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk menginstal peralatan terbaru, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16x digunakan khusus untuk memasang VGA tipe PCI Express, dan 1x untuk keperluan pemasangan peralatan tambahan. Ciri-ciri fisik dari jenis VGA PCI express adalah melihat dari bentuknya yang memiliki kebalikan dari bentuk PCI biasa. berikut adalah slot PCI Express dan VGA.

Baca Juga :  Mengenal Teknologi Wi-Fi 6

Saat aplikasi yang sedang berjalan ingin membuat gambar, aplikasi akan meminta bantuan dari driver kartu grafis. Driver grafis mendengarkan instruksi, baik dari OS atau dari aplikasi, kemudian mengambil data digital yang diperlukan dan mengubahnya menjadi format yang dimengerti oleh kartu grafis. Setelah itu, driver mengirimkan data digital yang baru diformat ke kartu grafis untuk dirender. Data masuk ke kartu VGA melalui slot pada motherboard (AGP/PCI-E) Setelah disalurkan ke kartu grafis, data akan dikirim ke memori kartu grafis sebagai penyimpanan sementara. Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut dan mengubahnya menjadi piksel. Pada titik ini, piksel belum siap untuk ditampilkan di layar. Piksel tersebut akan dikirim kembali ke Video RAM untuk penyimpanan. VRAM terhubung langsung ke digital-to-analog converter (DAC). Konverter ini juga biasa disebut RAMDAC yang bertugas menerjemahkan gambar menjadi sinyal analog sehingga dapat digunakan oleh monitor. Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar akhir ke monitor melalui kabel

Fungsi VGA Card yang utama pada monitor adalah membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan layar grafik pada monitor. Dengan memiliki VGA card dengan kapasitas yang tinggi, hal itu akan membuat fungsi VGA card akan lebih baik juga, seperti:

– Grafik dalam bermain game menjadi jauh lebih bagus tanpa masalah

– Tampilan layar menjadi lebih jernih dan tajam

– Membantu membuat desain grafis dan juga desain 3D

– Dapat menyambungkan laptop atau PC ke layar TV dengan menggunakan kabel HDMI dan menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik

– Cocok bagi pengguna yang senang menonton film dengan detail yang sempurna

Bagi para gamers yang menginginkan pengalaman bermain yang sempurna tanpa gangguan, diwajibkan memiliki VGA card dengan spesifikasi tinggi. Bila belum mampu untuk mendapatkannya, setidaknya kita tahu apa saja fungsi VGA card tersebut dan detail-detail lainnya tentang VGA card.