Sebagai orang Islam tentu harus tahu arti dari Idul Fitri. Jadi, tidak hanya sekadar merayakan tanpa tahu maksudnya.

Muslim Harus Tahu: Arti dari Idul Fitri

Sebagai orang Islam tentu harus tahu arti dari Idul Fitri. Jadi, tidak hanya sekadar merayakan tanpa tahu maksudnya. Jika sudah tahu artinya, pastinya akan semakin menikmati dan mensyukuri adanya hari raya. 

Arti dari Idul Fitri

Idul Fitri mempunyai banyak arti dan makna. Namun, jika dilihat secara bahasa, maka kata Id berarti kembali. Sedangkan, kata Fitri berarti suci. Jadi, pengertian dari Idul Fitri bisa diartikan kembali suci. 

Hal itu karena di bulan Ramadan amal ibadah dan kebaikan dipermudah. Kemudian segala dosa di bulan sebelumnya juga mudah diampuni. Asalkan seseorang mau bertaubat dan memohon kepada Allah, serta menggantinya dengan perbuatan baik.

Dengan begitu, setelah berakhirnya Ramadan tibalah hari kemenangan. Dalam artian, di bulan tersebut setiap orang muslim kembali suci. Lalu, bisa memulai dengan hal-hal yang lebih baik lagi. Sedangkan, jika Idul Fitri diartikan secara mendalam, maka bisa memperoleh makna sebagai berikut. 

  • Ungkapan Rasa Syukur, Salah Satu Arti dari Idul Fitri

Pada bulan Ramadan, seseorang sama halnya ditempa untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Maka dari itu, setelah berhasil menjalankan puasa sebulan penuh ada hari kemenangan sebagai bentuk rasa syukur. 

Selain itu, wujud syukur tersebut juga diperuntukkan untuk semua hal yang dimiliki. Mengingat tidak semua orang akan mendapatkan keberuntungan yang sama. Jadi, rasa simpati dan peduli dalam diri akan semakin meningkat. 

  • Kembali Menjadi Suci

Arti kembali suci disematkan karena selain ibadah dan taubat yang dilakukan selama Ramadan. Pada hari kemenangan juga akan saling berjabat tangan untuk meminta maaf. Jadi, bukan hanya jiwa yang bersih, tetapi juga raga. 

Baca Juga :  Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443

Hubungan dengan teman atau saudara yang renggang bisa diperbaiki lagi. Jadi, ke depannya dapat menjalankan hari-hari dengan lebih ringan. Sebab, semua rasa pahit, dendam, iri, dan lain sebagainya sudah terlebur pada waktu lebaran.

Baca Juga: Daftar Ucapan Idul Fitri 2022 Perusahaan

  • Hari Kemenangan

Secara umum hari kemenangan diperuntukkan bagi seseorang yang berhasil mencapai target tertentu. Begitu pula dengan  kemenangan di hari Idul Fitri, karena berhasil menjalankan puasa sebulan penuh.

Arti Idul Fitri juga ada yang berpendapat sebagai berbuka puasa. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan salat Idul Fitri seseorang dianjurkan untuk makan atau minum dahulu. Hal itu sebagai bentuk berbuka dari kewajiban puasa selama bulan Ramadan. 

  • Meleburkan Dosa

Salah satu arti dari Idul Fitri adalah sebagai pelebur dosa. Makna ini diambil dari kata Lebaran yang berasal dari kata lebar-lebur-luber-labur. Kata-kata tersebut ialah istilah dalam bahasa Jawa. 

Arti dari lebar adalah ketika seseorang terlepas dari kemaksiatan. Arti lebur adalah terurai dari dosa. Sedangkan, luber berarti luber dari pahala dan keberkahan serta Rahmat Allah. Kemudian arti labur yaitu bersih bagi orang yang betul-betul melaksanakan ibadah puasa. 

Jadi, hati orang tersebut akan dilabur putih bersih tanpa dosa. Selain itu, ketika lebaran ada makanan khas berupa ketupat. Dalam istilah Jawa hidangan ketupat diartikan sebagai mengakui kesalahan.

Bentuk segi empat ketupat memiliki makna kiblat papat 5 pancer. Artinya, empat arah mata angin dan 1 pusat adalah arah jalan manusia yang berpusat kepada Allah. Demikianlah, arti dari Idul Fitri terakhir yang dikaitkan dengan istilah-istilah Jawa.