Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Masbejo.com – Sejarah Hari Kesaktian Pancasila. Setiap Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Perlu sobat ketahui Sejarah Hari Kesaktian Pancasila berbeda dengan Hari Lahir pancasila yang diperingati setiap 1 Juli disetiap tahunya.

Banyak diantara kita belum mengetahui sejarah hari kesaktian pancasila, untuk itu kali ini masbejo akan ulas sejarah singkat Hari Kesaktian Pancasila.

Sebab sebagai generasi muda sangatlah penting mengetahui sejarah di Indonesia, sebagai pembelajaran agar mereka kelak bisa mencintai Negara Tercinta Indonesia ini dan meneruskan generasi – generasi yang sekarang.

Baca Juga : Ucapan, Quotes, Pantun dan Puisi Hari Kesaktian Pancasila

Berikut Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Dikutip dari wikipedia.org dijelaskan bahwa Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia yang diperingati setiap 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967.Ini terjadi setelah Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30S/PKI.

Dimana diketahui pada peristiwa 30S/PKI, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai sekelompok orang yang menurut otoritas militer saat itu Partai Komunis Indonesia. Gejolak yang timbul akibat G30S/PKI sendiri pada akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia, sehingga dinamakan Hari Kesaktian Pancasila.

Apa Makna Pengibaran Bendera Setengah Tiang dan Pengibaran Bendera Full Tiang di Hari Kesaktian Pancasila ?

Pengibaran bendera setengah tiang pada tanggal 30 September ditujukan sebagai rasa duka nasional akan gugurnya para pahlawan revolusi ( Perwira – perwira Tentara Indonesia )

Sedangkan ke esokan harinya bendera dinaikan setinggi tiang, hal ini bermakna bahwa kemenangan bangsa Indonesia dari ancaman ideologi komunis dari adanya ” Kesaktian Pancasila “

Itulah sejarah Hari kesaktian Pancasila, yang telah membuat bangsa Indonesia berduka pada saat itu dan dikenang sampai sekarang.

Baca Juga :  Istilah Dalam Sistem Operasi Jaringan

Untuk ikut memperingati Hari Kesaktian pancasila 2021 sobat bisa ikut memasang Twibbon Hari Kesaktian Pancasila melalui link berikut [ KLIK DISINI ]

Tinggalkan komentar