Pantai Amurang alami abrasi
Sumber: siberone.com

Pantai Amurang Alami Abrasi, Banyak Bangunan Ambruk

masbejo.com – Bencana baru saja melanda wilayah Minahasa Selatan yang mengakibatkan sejumlah rumah penduduk ambruk dan jembatan putus. Pasalnya Pantai Amurang alami abrasi pada Rabu, 15 Juni 2022 sekitar pukul 15.00.

Melihat kondisi TKP ditafsir kerugian akibat bencana cukup besar, untuknya tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Sampai sekarang lokasi bencana masih terus dalam pantauan dan berlaku larangan bagi warga sekitar untuk mendekati lokasi.

Dampak Pantai Amurang Alami Abrasi

Wilayah kecamatan Minahasa Selatan telah dilanda bencana, meskipun tidak semua wilayah tetapi cukup berdampak besar. Akibat abrasi Pantai Amurang sejumlah fasilitas dan tempat tinggal harus menjadi korban karena rusak parah.

1.      Dua Kelurahan Mengalami Kerusakan

Pantai Amurang alami abrasi hebat hingga mengakibatkan dua kelurahan di Minahasa selatan ikut berdampak. Yaitu kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Satu yang berada di Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan.

Pasalnya lokasi tersebut berada di dekat pesisir pantai sehingga berdampak paling parah , mulai bangunan rumah hingga jalan rusak parah. Untung saja tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut, namun masih tetap dipantau hingga sekarang.

Pantai Amurang alami abrasi
Sumber: harimanado.com

2.      69 KK atau 269 Jiwa Harus Mengungsi

Akibat bencana yang melanda Kecamatan Amurang berdampak dengan putusnya jembatan di dekat pantai hingga jalan yang hancur. Tidak hanya itu saja, bahkan sejumlah rumah warga yang juga ikut tenggelam.

Ada 20 rumah yang berada di area pesisir pantai mengalami kerusakan parah hingga tenggelam. Menurut laporan, ada 69 KK dengan jumlah 269 jiwa harus mengungsi di dua titik pengungsian yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah tersebut.

Baca Juga :  Diduga Pacaran, Begini Potret Kebersamaan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

3.      Potensi Bencana Susulan

Bencana akibat abrasi yang terjadi di wilayah Minahasa Selatan memang cukup mengejutkan serta mengundang simpati masyarakat. Pasalnya bencana tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat sekitar hingga menimbulkan kekhawatiran.

Setelah bencana, pemerintah daerah tersebut memberi himbauan untuk masyarakat agar tidak mendekati area pantai. Hal tersebut sebagai antisipasi jika ada bencana susulan mengingat akibat Pantai Amurang alami abrasi berdampak cukup parah.