Penetapan 1 Syawal 2022 jatuh pada tanggal 2 atau Mei 2022 di Hari Selasa atau Rabu. Keputusan ini belum final dari hasil musyawarah sidang isbat

Penetapan 1 Syawal 2022

Penetapan 1 Syawal 2022 jatuh pada tanggal 2 atau Mei 2022 di Hari Selasa atau Rabu. Keputusan ini belum final dari hasil musyawarah sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama  di Jakarta.

Fakta Menarik Hasil Penetapan 1 Syawal 2022

Hampir setiap tahunnya, pemutusan hasil akhir sidang isbat yang menentukan hilal selalu diiringi oleh fakta-fakta menarik. Tidak terkecuali pada penetapan 1 Syawal tahun 2020 silam. Penasaran apa saja fakta menarik tersebut,berikut ringkasannya untuk Anda :

1. Sidang Isbat 1 Syawal 2022 Dilaksanakan Secara Online atau Offline?

Pada tahun 2020 lalu, pelaksanaan sidang isbat hanya dihadiri oleh Menteri Agama dan wakilnya, Komisi VIII DPR RI dan MUI saja. Sedangkan ormas Islam lainnya dapat mengikuti sidang melalui online.

Hal ini dilaksanakan guna menghindari risiko kontak fisik yang telah ditetapkan pemerintah dalam mencegah penularan Covid 19. Namun, tetap melaksanakan kepentingan umat yang berjalan.

Akan tetapi untuk tahun 2022 ini, masih menunggu hasil press rilisnya. Kemungkinan besar akan dilakukan secara offline seperti pada masa sebelum Covid-19. 

Baca Juga: Tata Cara dan Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

2. Sidang Isbat 2022 Apakah Akan Memanfaatkan Media Sosial?

Pembatasan kehadiran juga diberlakukan untuk peliputan berita sidang isbat pada tahun sebelumnya menjadikan TVRI yang menjadi televisi pool. Ini membuat penayang siaran langsung sidang isbat menjadi sarana penyelenggara bagi media lain yang ingin meliput berita 1 Syawal 2022 jatuh tanggal berapa

Baca Juga :  Manfaat Minum Kopi Sebelum Berolahraga

Sedangkan di tahun 2022 ini kemungkinan akan melibatkan media sosial karena paling efektif menjangkau masyarakat luas. 

3. Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1443 H Diawali dengan Penjelasan Hilal

Sama seperti sidang isbat sebelumnya, proses persidangan selalu diawali dengan pembahasan hilal. Biasanya dimulai pada pukul 17.00 WIB falakiyah Indonesia mulai menjelaskan munculnya hilal.

Akhirnya, setelah ada keputusan pasti hasil sidang isbat diumumkan oleh Menteri Agama dan disiarkan secara langsung.

4. Sidang Isbat Menggunakan Laporan data dari 80 titik

Penetapan 1 Syawal 2022 dari pemerintah akan dicapai dari musyawarah dan penelitian dari laporan 80 titik hilal di Indonesia. Mulai dari Aceh, Jawa Tengah, Sumatera, Papua, Maluku, Sulawesi, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan beberapa wilayah lainnya.

Seperti itulah kira-kira 4 fakta menarik yang terjadi ketika penetapan 1 Syawal 2022 tahun ini. Apakah Anda merasakan perbedaan yang berarti kala itu? Apapun perasaannya guna menjaga kesehatan tetap harus mengikuti aturan pemerintah.