Pengertian dan Cara Kerja WiFi Direct

masbejo.com – Bagi kalian pengguna smartphone atau perangkat elektronik lainnya tentu sering melihat atau mendengar kata “WiFi Direct” di bagian koneksi nirkabel. Apakah kalian tahu apa itu WiFi Direct dan fungsinya. Lantas apa itu Wi-Fi Direct? Simak artikel ini sampai habis, untuk mengetahui lebih detailnya.

Wi-Fi Direct adalah koneksi yang memungkinkan komunikasi antar perangkat, menghubungkan perangkat bersama-sama tanpa jaringan terpusat di dekatnya. Satu perangkat bertindak sebagai titik akses, dan perangkat lain menghubungkannya menggunakan protokol keamanan Wi-Fi Protected Setup (WPS) dan Wi-Fi Protected Access (WPA/WPA2). Standar ini dikembangkan dan dimasukkan ke dalam perangkat pada awal 2000-an.

Sekilas, teknologi ini memang mirip Bluetooth. Tapi, ada beberapa perbedaan penting. Salah satu yang paling penting adalah WiFi Direct dapat menangani lebih banyak informasi dengan kecepatan lebih tinggi daripada Bluetooth – kecepatannya sekitar 10x lipat dalam kondisi optimal.

Kemampuan ini menjadikannya sebagai pilihan tepat saat koneksi peer-to-peer diperlukan untuk mengirim konten yang menguras banyak data, seperti gambar atau video beresolusi tinggi, atau saat jaringan WiFi sedang tidak aktif.

Bagaimana cara kerja WiFi Direct?

Wi-Fi Direct menggunakan sejumlah standar untuk menyelesaikan fungsinya:

Wi-Fi: Wi-Fi Direct menggunakan teknologi Wi-Fi yang sama dengan yang digunakan perangkat Wi-Fi untuk berkomunikasi dengan router nirkabel. Perangkat Wi-Fi Direct pada dasarnya dapat berfungsi sebagai access point, dan perangkat berkemampuan Wi-Fi lainnya dapat terhubung langsung ke sana. Ini sudah dimungkinkan dengan jaringan ad-hoc, namun memperluas fitur ini dengan fitur penyiapan dan penemuan yang mudah.

Wi-Fi Protected Setup: Bila dua perangkat terhubung satu sama lain, mereka secara otomatis terhubung melalui Wi-Fi Protected Setup, atau WPS. Kami hanya bisa berharap pembuat perangkat menggunakan metode koneksi aman untuk koneksi WPS ini dan bukan metode PIN WPS yang sangat tidak aman.

WPA2: Perangkat Wi-Fi Direct menggunakan enkripsi WPA2, yang merupakan cara yang paling aman untuk mengenkripsi Wi-Fi.

Perbedaan WiFi Direct dengan WiFi Biasa

 

Berbeda dengan WiFi, sebuah WiFi direct tidak dimiliki oleh semua perangkat smartphone. Biasanya hanya terdapat pada ponsel kelas menengah dan premium produksi Samsung dan Sony saja.

Fungsi WiFi Direct tidak sama dengan WiFi Hotspot, namun justru sangat mirip dengan cara kerja Bluetooth, yaitu untuk mengirim file data antar perangkat satu dengan perangkat yang lain secara lebih cepat dan praktis tanpa mempergunakan router.

Jangkuan WiFi ini juga lebih jauh dan lebih kuat dari Bluetooth pada perangkat kamu, oleh sebab itu WiFi Direct sering disebut sebagai saingan berat Bluetooth.

Kelebihan lain selain transfer data ukuran besar,  bisa dipergunakan untuk mengakses dan bermain game online dan dihubungkan dengan berbagai perangkat pintar seperti PC, Smart TV, printer, dan bahkan kamera digital tanpa membutuhkan kabel.

Dengan fitur tersebut kamu bisa melihat tampilan layar smartphone kamu di TV atau dengan mudah bisa langsung cetak dokumen dari smartphone kamu ke printer atau bahkan bermain video game.

Cara Menggunakan WiFi Direct

cara menggunakan wifi direct
Untuk mempergunakan WiFi Direct, kamu tidak akan bingung karena caranya sama persis seperti pada Bluetooth, yaitu dengan mendeteksi perangkat lain yang mempergunakan WiFi Direct, kemudian buka folder dimana foto atau video yang ingin kamu kirimkan.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bekerja Menggunakan Komputer

Setelah foto dipilih, tekan tombol ‘Share’ dan akan muncul pilihan WiFi Direct. Pilih menu tersebut dan pilih ke perangkat mana foto tersebut ingin kamu kirim.

File tersebut akan secara otomatis dikirim ke perangkat tujuan. Karena lebih cepat, maka kamu tak perlu menunggu lama jika mengirim file besar seperti sebuah film dengan ukuran 1 GB. Bagaimana, mudah kan?

Salah satu keuntungan paling signifikan dari WiFi Direct adalah serbaguna tanpa menggunakan jaringan WiFi sebagai perantara perangkat. Beberapa perangkat dapat terhubung satu sama lain dan berbagi dokumen penting tanpa khawatir soal keamanan dan proses waktunya.

 

Untuk terkoneksi dengan WiFi Direct, beberapa perangkat mungkin akan meminta untuk memindai kode QR. Beberapa juga meminta PIN numerik atau menekan tombol fisik tertentu untuk memulai koneksi. Seiring berjalannya waktu, karena keamanan yang semakin ketat, kini banyak perangkat menggunakan kombinasi teknik di atas dan sedikit yang dapat terhubung secara otomatis.