tv

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

masbejo.com – Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari. Secara langsung maupun tidak langsung kita merupakan bagian dari perkembangan teknologi dan komunikasi. Bahkan kita mungkin secara tidak sadar sudah sangat bergantung terhadap adanya teknologi informasi dan komunikasi yang ada saat ini.

Saat ini informasi dapat dibagikan dengan sangat cepat melalui teknologi. Banyak orang yang tidak bisa bekerja tanpa adanya teknologi. Kamu mungkin juga akan sangat merasa bosan jika handphone, tv, atau radio di rumah mu mati. Bahkan saat ini pembelajaran, pemberian tugas, pengumpulan tugas, atau pekerjaan lainnya sangat bergantung pada teknologi informasi, dan komunikasi.

Begitu banyak peran teknologi informasi dan komunikasi dalam aktivitas harian kita. Kita mungkin bisa linglung jika seharian hanya dirumah dan tidak ada teknologi (TV, radio, laptop, handphone, dll) yang dapat kita gunakan. Untuk memperjelas pemahaman kalian mengenai peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, simaklah penjelasan berikut ini.

Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Televisi

Sebagai salah satu media massa, televisi sangat populer dan digemari oleh masyarakat. Menurut sensus tidak kurang setengah jumlah penduduk Indonesia sekarang telah memiliki pesawat televisi karena harga sebuah teknologi televisi dapat terjangkau oleh masyarakat Indonesia, selain telah menjamurnya beberapa stasiun televisi swasta lokal maupun nasional. Tidak dapat kalian pungkiri bahwa keberadaan pesawat televisi di rumah kalian akan memperbanyak informasi dan ilmu pengetahuan yang kalian dapatkan dari kemasan siarannya, tetapi tidak dapat dipungkiri juga banyak tayangan yang menurunkan moral dan etika generasi muda Indonesia sehingga menimbulkan beberapa tindak kejahatan. Di sinilah peran lembaga pemerintahan yang membidangi sangat perlu dengan adanya badan sensor untuk siaran yang kurang atau tidak mendidik.

Baca Juga :  Twibbonize Hardiknas 2021 Free Download

Dalam sejarah perkembangan bangsa, televisi banyak berperan di berbagai bidang, baik ekonomi, sosial, politik, budaya, pendidikan, serta pertahanan dan keamanan. Televisi memiliki daya tarik karena mampu mengatasi kendala jarak, baik geografis maupun sosiologis. Semua kecanggihannya menjadikan televisi mampu mendorong terjadinya perubahan sosial dan budaya di dalam masyarakat. Televisi tidak hanya “meniadakan” kendala jarak, tetapi juga menghadirkan realitas sosial dari seluruh dunia melalui layar kaca. Kenyataan ini memungkinkan jutaan manusia di seluruh dunia dapat menyaksikan program televisi yang sama seperti berita, musik, dan film.

2. Radio

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan teknologi ini namun perlu kalian sadari bahwa kegemaran masyarakat kita terhadap teknologi ini mulai berkurang, hal ini disebabkan banyaknya stasiun televisi swasta sehingga sedikit demi sedikit menggeser alat komunikasi radio. Kalian perlu mengetahui pula bahwa tidak sedikit jasa stasiun radio terutama RRI yang memberikan informasi akurat kepada masyarakat baik dalam bidang pendidikan, perekonomian dan lain sebagainya. Radio masih memberikan kelebihan dibanding dengan pesawat televisi yaitu ketika kita mendengarkan radio, kita masih dapat melakukan aktivitas yang lain saat mendengarkan radio, berbeda dengan pesawat televisi kalian harus meluangkan waktu agar dapat menikmati televisi dengan baik. Kemudian kalian mungkin juga salah satu dari penggemar acara salah satu stasiun radio sehingga kalian juga dapat berinteraksi melalui telepon maupun pesan pendek (SMS).

3. Telepon

hp

Perlu kalian ketahui teknologi telepon ditemukan pertama kali oleh Alexander Graham Bell, saat ini teknologi ini sangat digemari, telepon rumah maupun handphone. Kalian mungkin tidak mengalami zaman di mana belum ditemukan telepon, orang yang akan mengirim berita masih menggunakan surat atau telegram. Tetapi perkembangan sangat pesat dan dinamis sehingga hampir di seluruh pelosok tanah air telepon telah digunakan sebagai sarana komunikasi di rumah-rumah, kantorkantor, sekolah sampai pada digunakan untuk fasilitas umum di tempattempat strategis. Selain pesawat telepon sekarang telah berkembang pula di sekitar kalian yaitu handphone atau telepon genggam. Alat komunikasi ini menjadi barang favorit karena fleksibel dan mudah dibawa ke mana saja. Kalian bisa menerima dan mengirim berita mendengarkan musik dan memotret objek gambar atau merekam gambar, mendengarkan radio, berinternet dan lain sebagainya selama fasilitas-fasilitas tersebut terdapat pada handphone.

Baca Juga :  Menelusuri Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dunia

4. Internet

Sebelumnya telah dibahas tentang alat komunikasi internet yang merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan berbagai macam situs. Alat komunikasi dan informasi internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Teknologi internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas jaringan dalam infrastruktur. Protokol ini mengatur format data yang diizinkan, penanganan kesalahan (errorhandling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokcol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Internet menyediakan berbagai fasilitas yang mempermudah manusia untuk bisa berkomunikasi dengan mudah, seperti web site, email, dan chatting. Kini dengan perkembangan teknologi, orang dapat mengadakan rapat atau bertatap muka serta berbicara langsung dengan orang di tempat lain yang disebut teleconference.

Itulah beberapa peran teknologi informasi dan komunikasi yang sering kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari semuanya apa yang paling kalian butuhkan dalam kehidupan sehari-hari?

Kita harus sangat bersyukur bahwa kita bisa menikmati teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang sudah sangat berkembang. Kalian juga harus memanfaatkannya dengan bijak.

Semga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *