TELEKOMUNIKASI
TELEKOMUNIKASI

Peranan Telekomunikasi dalam Penyampaian dan Peneriman Informasi

masbejo.com – Peranan Telekomunikasi dalam Penyampaian dan Peneriman Informasi. Saat ini belajar, bekerja, bahkan melakukan perdagangan tidak harus lagi dilakukan dengan tatap muka. Dengan adanya perkembangan telekomunikasi semua hal dapat kita lakukan hanya dengan menggunakan alat saja. Lalu apa teknologi telekomunikasi tersebut?

Teknologi telekomunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirim informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan. Teknologi ini membuat jarak seperti tidak ada lagi. Ratusan atau bahkan ribuan kilometer bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online. Teknologi telekomunikasi telah melahirkan berbagai aplikasi di antaranya sebagai berikut.

Beberapa contoh teknologi telekomunikasi

a. ATM (Anjungan Tunai Mandiri/Automated Teller Machine)

ATM

ATM biasa digunakan dalam perbankan. Peranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang, bahkan di beberapa lokasi di kota besar sudah memungkinkan untuk memesan tiket kereta api. ATM bekerja sebagai peranti input-output sekaligus. Sebagai peranti masukan, ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN, nominal uang, dan hal-hal lain yang tersedia dalam menu. Adapun sebagai peranti keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah maupun kode dan angka yang diketikkan pada peranti masukan.

b. Telekonferensi

TELEKONFERANSI

Telekonferensi adalah sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dan bertatap muka melalui komputer. Dengan memanfaatkan teknologi internet, video konferensi mudah sekali untuk diimplementasikan. Masing-masing pihak yang hendak berkomunikasi cukup duduk menghadap komputer yang telah dilengkapi dengan kamera (webcam), bahkan teknologi telekomunikasi saat ini telah mengembangkan telekonferensi dalam bentuk handphone dengan fasilitas 3G.

c. Telecommuting

Telecommuting artinya adalah bekerja yang dilakukan tidak dalam kantor, melainkan seseorang dapat bekerja di rumah atau di dalam mobil yang terus berpindah. Dalam hal komunikasi antara karyawn dan perusahaan mereka mengandalkan e-mail dan telepon. Ada beberapa pekerjaan/posisi di dalam sebuah perusahaan yang dapat diberlakukan telecommuting bagi karyawannya yaitu customer success manager, IT analyst, virtual analyst, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  1 Juli Membeli BBM Pertalite dan Solar Harus Memakai Aplikasi MyPertamina

d. Komputasi grup kerja (workgroup computing)

Komputasi grup kerja merupakan grup pekerja yang memakai komputer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Teknologi ini biasanya digunakan unutk melakukan rapat secara online atau virtual guna membahas masalah, merencanakan suatu kegiatan yang akan dilakukan, atau bahkan pengambilan keputusan.

e. EDI (Electronic Data Interchange)

EDI merupakan suatu sistem yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki sistem informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang telah memiliki sistem komunikasi. Tujuan diberlakukannya EDI adalah untuk membantu seseorang atau pelaku bisnis untuk mengolah suatu dokumen dengan perusahaan lain agar terhindar dari kesalahan penanganan berkas serta penyelesaian yang lebih cepat dan efisien.

Itulah beberapa contoh aplikasi atau pemanfaatan teknologi telekomunikasi yang saat ini sudah banyak digunakan dalam pendidikan maupun dunia bisnis. Dengan adanya perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini akan sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari kita.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.