mobo

Perangkat Keras Komputer (Perangkat Pengolah Data/Processor)

masbejo.com – Perangkat Keras Komputer (Perangkat Pengolah Data/Processor). Perangkat pengolahan data (processor) merupakan semua perangkat yang dapat digunakan untuk memproses data dalam komputer. Mari kita bahas satu persatu perangkat pengolahan data (processor) bersama.

Perangkat Pengolah Data (Processor)

  1. Motherboard
mobo

Motherboard atau mainboard merupakan suatu sirkuit board yang memuat komponen-komponen utama komputer seperti CPU, Memori, BIOS, Chipset dan pengontrol komponen lain. Motherboard sering disingkat dengan mobo.

2. Bus

Bus dapat diartikan sebagai tempat lintasan data dari suatu komponen ke komponen yang lain. Sistem bus yang menghubungkan CPU dengan memori utama dan digunakan untuk hubungan dengan komponen lainnya dalam komputer yang diberi istilah FSB (Front Side Bus).

3. CPU

cpu

CPU (Central Processing Unit) merupakan unit proses yang menjalankan instruksi, mengolahnya, dan melakukan komunikasi. CPU yang disebut juga processor atau microprocessor sering dikatakan sebagai “otaknya” komputer.

Mikroprosesor merupakan suatu chip, dan dibuat dengan bahan semikonduktor yang mengandung sejumlah komponen transistor ukuran mikroskopik atau kecil.

Perlu kalian ketahui bahwa di dalam CPU mempunyai dua bagian penting dan kegunaannya bisa dikatakan mutlak dalam komputer, yaitu:

a. Unit Kontrol

Unit kontrol mempunyai fungsi sebagai unit pengendali seluruh komponen dalam sistem komputer. Pengendalian dilakukan dengan berdasarkan instruksi-instruksi yang terdapat pada program komputer.

b. Unit Aritmatika-Logika

Operasi-operasi perhitungan (aritmatika) seperti pengurangan, penjumlahan, dan perkalian maupun operasi pembandingan (logika) dilakukan dalam unit ini. Di dalamnya terdapat komponen yang disebut register. Komponen ini berupa memori khusus yang digunakan untuk menyimpan hasil operasi ALU. Kalian dapat memperhatikan gambar di bawah ini agar lebih memahami alur proses dalam komputer.

Satuan kecepatan prosesor dinyatakan dalam satuan MIPS (Millions Instructions Per Secounds). Satuan MIPS digunakan untuk menyatakan jumlah instruksi yang dijalankan oleh CPU per detik dalam satuan jutaan.

Baca Juga :  Cara Mengoperasikan Keyboard Dan Mouse

Selain MIPS, ukuran kecepatan CPU juga dinyatakan oleh karakteristik frekuensi yang dinyatakan dalam satuan MHz dan GHz (l GHz = 1000 MHz). Semakin tinggi frekuensinya semakin tinggi kecepatan prosesor tersebut dalam menjalankan operasinya, sehingga semakin cepat waktu yang dibutuhkan. Sejak akhir tahun 2005, kecepatan prosesor yang tersedia di pasaran telah mencapai lebih dari 3 GHz. Ada dua nama besar pengembang mikroprosesor yang saling bersaing di pasaran yaitu Intel dan AMD.

4. Memori Utama

Memori utama (main memory) biasa disebut juga memori primer (primary memory) atau memori internal (internal memory). Memori utama berfungsi untuk:

a. Menyimpan data yang berasal dari media masukan sebelum data dikirim ke ALU.

b. Menyimpan semua program/instruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti pengingat sekunder.

c. Menyimpan data dan hasil pemrosesan dalam ALU.

d. Menampung hasil akhir pemrosesan sebelum dikirimkan ke media keluaran.

Jenis memori dapat dibedakan menjadi tiga macam. yaitu ROM, RAM dan cache memory. Perhatikanlah penjelasan dibawah ini.

a. ROM

rom

ROM (Read-Only memory) adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca dan telah disediakan oleh pabrik pembuat motherboard. Di dalamnya terdapat BIOS (Basic Input Output System) yang merupakan sekumpulan program untuk melakukan tugas-tugas dasar seperti mentransfer data dan mengendalikan peralatan harddisk, keyboard, dan sebgainya.

b. RAM

ram

RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori untuk menyimpan program dan data yang dapat ditulis atau dibaca oleh prosesor. Penyimpanan ini bersifat sementara selama ada aliran listrik. Apabila aliran listrik terputus, maka program atau data yang tersimpan di dalamnya akan hilang. Tiap unit komputer diharuskan mempunyai RAM. Pada komputer generasi sekarang, tempat untuk menampung memori RAM pada motherboard biasa disebut dengan slot memori.

Baca Juga :  Membuat Tabulasi Menggunakan Mistar dan Menu

c. Cache Memory

Memori yang ada dalam CPU digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU disebut cache memory. Memori ini mempunyai kecepatan lebih tinggi daripada RAM. Dengan menggunakan cache, pemrosesan data dapat dilakukan lebih cepat daripada mengambiI data secara langsung ke RAM.

5. Power Supply atau PSU

psu

Perangkat ini sangatlah mutlak ada dalam komputer karena merupakan sumber daya listrik yang digunakan untuk membangkitkan beberapa peralatan yang ada dalam komputer. Komputer dengan spesifikasi tinggi untuk aplikasi yang lebih banyak harus didukung kemampuan supply daya yang memadai, berfungsi untuk menjaga kondisi hardware lebih awet.

6. Piranti Penyimpan Sekunder

Perangkat penyimpan sekunder merupakan semua peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen dan sewaktu-waktu dapat dibaca kembali. Piranti penyimpanan sekunder ini antara lain hard disk, CD (compact disk), dan  flash disk.

fd

Itulah beberapa perangkat pengolahan data (processor) seperti motherboard, BUS, CPU, memori utama,poer supply, dan dan piranti penyimpanan sekunder. Semuanya memiliki fungsi yang pennting dalam sebuah komputer.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *