PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN
PERANGKAT PENDUKUNG JARINGAN

Perangkat-Perangkat Pendukung Jaringan Kompuer

masbejo.com – Perangkat-Perangkat Pendukung Jaringan Kompuer. Apa saja yang kamu butuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer?

Ya, tentu saja kita membutuhkan perangkat komputer. Untuk membangun sebuah jaringan komputer, kita membutuhkan perangkat keras (hardware) dan  perangkat lunak (software). Selain perangkat komputer, juga terdapat beberapa perangkat penting lainnya, seperti kabel dan konektornya, ethernet card, hub, repeater, router, dan bridge.

Perangkat-Perangkat Pendukung Jaringan Kompuer

  1. Server
SERVER

Server adalah sebuah komputer yang berisi sistem operasi, program aplikasi, dan database. Server bertugas memberikan pelayanan kepada komputer-komputer client dalam suatu jaringan. Di komputer server terdapat database yang dapat digunakan bersama-sama oleh komputer client. Jika suatu jaringan dihubungkan ke Internet, maka server juga berfungsi sebagai gateway atau gerbang komputer client dalam mengakses Internet. Beberapa layanan yang terdapat pada server antara lain sebagai berikut.

a. File server : layanan pengelolaan file.

b. Print server : layanan fungsi pencetakan.

c.Database server : database disimpan pada server.

2. Client

CLIENT

Client adalah komputer yang digunakan untuk mengolah database yang diambil dari server. Komputer client bertindak sebagai pengguna layanan jaringan yang otoritasnya dibatasi oleh server. Personal komputer (PC), banyak digunakan sebagai client, sehingga dapat difungsikan sebagai komputer stand alone.

3. Ethernet Card

ETHERNET CARD

Ethernet card atau kartu jaringan merupakan perangkat tambahan untuk komputer agar dapat dikoneksikan antara satu dengan lainnya. Ethernet card biasanya dijual terpisah dengan komputer. Namun, pada jenis komputer tertentu terdapat kartu jaringan yang sudah terpasang pada motherboard (onboard) yang disebut network adapter. Setiap ethernet card memiliki alamat sepanjang 48 bit yang dikenal sebagai ethernet address.

4. Kabel dan Konektor

KABEL DAN KONEKTOR

Dalam jaringan komputer, kabel berfungsi sebagai media penghantar sinyal. Ada beberapa jenis kabel yang dapat digunakan, tiap kabel mempunyai kemampuan serta spesifikasi yang berbeda. Kabel-kabel tersebut harus dipasang pada konektor yang sesuai agar dapat dihubungkan dengan ethernet card. Jenis-jenis kabel beserta konektornya antara lain kabel Coaxial dengan konektor BNC dan kabel UTP dengan konektor RJ-45.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Fiber Optik

5. Hub

HUB

Hub befungsi sebagai pemusat koneksi dan membagi sinyal data dari LAN card yang sekaligus berfungsi sebagai penguat sinyal. Komputer yang tersambung dengan hub akan melakukan pertukaran data secara bergantian. Hub digunakan untuk menghubungkan banyak peralatan pada jaringan yang sama. Misalnya, hub digunakan untuk menyatukan kabel-kabel dari beberapa client untuk dihubungkan ke server. Biasanya Hub mempunyai lubang port untuk konektor RJ-45 sebanyak 4 buah, 8 buah, 16 buah, 24 buah, 32 buah tergantung dari jenis hubnya.

6. Repeater

REPEATER

Repeater adalah alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal yang lemah karena melalui kabel yang panjang. Cara kerja repeater adalah menerima sinyal dari kabel sebelumnya dan dipancarkan kembali ke kabel berikutnya dengan kekuatan sinyal penuh seperti semula.

7. Router

Router merupakan alat penting untuk melakukan koneksi WAN. Router dapat menyambungkan LAN yang terpisah dari jarak jauh. Router memberikan kemampuan melakukan paket data dari satu sistem ke sistem lain, yang mungkin memiliki banyak jalur di antara keduanya. Dengan menggunakan Router, arus data dari LAN yang satu tidak tercampur dengan arus data dari LAN yang lain.

8. Bridge

BRIDGE

Bridge merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah LAN atau lebih dalam suatu sistem jaringan. Selain itu, Bridge dapat memperluas jaringan LAN sehingga semua segmen dapat berhubungan satu sama lain dan menjadi jaringan LAN yang lebih besar. Bridge dapat membedakan satu unit jaringan dengan unit jaringan lainnya sehingga lalu lintas data tertata baik.

Itulah beberapa perangkat yang kita butuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *