Perbedaan Antara iPhone dan Android

masbejo.com*_*Perbedaan Antara iPhone dan Android -iOS merupakan sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. iOS kependekan dari iPhone operation system yang artinya sistem operasi khusus untuk produk iPhone.

Pada awalnya, memang iOS hanya digunakan untuk iPhone saja. Namun, kini sudah dikembangkan untuk perangkat mobile Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

Sedangkan Android merupakan sistem operasi buatan Google yang dirancang untuk bisa kompatibel dengan berbagai merk smartphone.

Berbagai perbedaan di bawah ini hanyalah beberapa contoh saja. Selain dari yang Anda baca di sini, masih ada banyak hal yang membedakan smartphone Android yang adalah buatan Google dari smartphone iOS buatan Apple. Berikut ini  perbedaan yang dimiliki oleh iPhone dan Android

1. Android vs iOS – Kustomisasi

7 Alasan Utama Android Jauh Lebih Unggul daripada iOSyahoo.com

Ketika berbicara mengenai kustomisasi, di atas kertas Android menang jauh. Android memperbolehkan penggunanya untuk menggunakan launcher pihak ketiga lain yang ada di Play Store. Semuanya bisa dikustomisasi sesuka hati, termasuk dengan widget yang ingin ditampilkan di beranda dan aplikasi default apa yang ingin digunakan.

Sementara iOS, tidak seperti itu dengan membatasi pengguna untuk mengkustomisasi UI-nya. Widget-pun hanya bisa ditempatkan di tempat yang telah ditetapkan. Dan juga, pengguna tidak dapat memilih aplikasi ‘non-Apple’ seperti Google Maps atau Chrome sebagai aplikasi default.

 

Baca Juga :  Perbedan Processor AMD VS Intel

2. Perbedaan kemampuan berbagi data antara iPhone dan Android

Berbagi data menggunakan iPhone merupakan kegiatan yang menyebalkan. Untuk bisa menerima atau mengirim data lagu misalnya, Anda perlu memindahkan data tersebut melalui iTunes. iTunes juga harus terpasang di PC atau laptop Anda terlebih dahulu.

iPhone juga tidak menyediakan kemudahan dalam penggunaan teknologi Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda untuk mengirim data hanya kepada sesama pemilik iPhone. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan iPhone terserang virus yang membahayakan.

Di sisi lain, Android benar-benar menawarkan kebebasan dalam pengiriman data. Tetapi kebebasan ini membawa dampak negatif, yaitu smartphone Android Anda bisa dengan mudah terserang malware, virus, atau bahaya lain dari pengiriman data secara sembarangan.

3. Penggunaan aplikasi di iPhone dan smartphone Android

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store sudah ada dalam jumlah yang luar biasa banyak. Hal ini berbeda dengan aplikasi yang boleh berada di Apple App Store, tidak semua pengembang bisa memasukkan aplikasi buatan mereka ke Apple App Store.

Di smartphone Android, Anda bahkan bisa memasang aplikasi yang Anda dapatkan dalam bentuk .apk dari situs web manapun atau membagikan aplikasi Anda sendiri ke pengguna Android yang lain untuk kemudian mencoba menjalankannya.

Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada smartphone iPhone Anda. Jika tidak mengunduhnya dari App Store, aplikasi apapun tidak akan bisa dipasang. Anda juga dilarang untuk mengganti tampilan yang muncul pada home screen.

 

4. Kemampuan Multitasking Android vs iPhone

Meskipun multitasking disebut-sebut ‘ jauh lebih baik’ di iOS 12, faktanya pengguna iPhone masih tidak bisa menempatkan dua aplikasi untuk saling berdampingan di satu layar. Pengguna hanya bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi, lewat gaya ‘recent’ seperti Android. Tentu, ini sangatlah mengecewakan dan ketinggalan zaman.

Baca Juga :  Cara Cek Partisi MBR atau GPT pada Hardisk dan SSD

Sementara itu di Android, fleksibilitas untuk melakukan multitasking tidaklah dibatasi. Untuk menggunakan fitur split-screen, pengguna hanya perlu mengetuk tombol recent, lalu mengetuk ikon dual-window yang ada pada aplikasi. Ini bahkan bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dapat digunakan untuk banyak aplikasi.

 

5. Kelengkapan aplikasi iPhone lebih baik daripada Android

Salah satu hal yang bisa dibanggakan oleh para pengguna iPhone adalah adanya berbagai aplikasi yang bisa ditemui di App Store tetapi tidak tersedia di Play Store. Tapi tentu saja para pengguna Android hanya perlu menemukan aplikasi yang fungsinya mirip dengan aplikasi App Store tersebut.

6. Beda iPhone dan Android dalam segi Harga

Seperti yang Anda ketahui, semua orang menyayangkan mahalnya harga yang dipatok oleh Apple Inc untuk produk iPhone nya. Misalnya, iPhone X dengan kapasitas penyimpanan 64GB saja dijual dengan harga hingga 26,2 juta rupiah dan versi 256 GB nya dijual seharga 28,2 juta rupiah.

Tapi bukan hanya harga beli iPhone saja yang mahal, bahkan harga jual iPhone bekas Anda pun bisa luar biasa tinggi karena harga iPhone tidak mudah jatuh. Smartphone Android bisa didapatkan dengan mudah karena harganya yang murah.

Tapi jangan pernah lupa bahwa harga beli Android yang murah juga hadir dengan harga jual Kembali yang berada jauh dibawah harga belinya. Hal ini menandakan seberapa eksklusif produk iPhone buatan Apple dibandingkan dengan Android yang dirancang untuk berbagai smartphone.

Setelah mengerti seluruh beda iPhone dan Android, sudahkah Anda memutuskan smartphone manakah yang akan Anda beli? Pastikan untuk membeli smartphone yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selalu utamakan keaslian dan kualitas produk sewaktu akan membeli smartphone.(*)

Baca Juga :  Berbagai Cara Mengedit Naskah di Microsoft Word dengan Mudah

7. Beda iPhone dan Android dalam segi kegunaan

iOS merupakan sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. Sedangkan Android merupakan sistem operasi buatan Google yang dirancang untuk bisa kompatibel dengan berbagai merk smartphone.

Berkat keeksklusifan iOS, iPhone menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang karena semua fungsi dalam smartphone ini jadi tampak sederhana dan mudah untuk digunakan. Selain itu, Apple memperlengkapi iPhone dengan kontrol yang ada di touch screen intuitifnya.

iPhone juga sangat berhati-hati dan cermat dalam mengontrol segala sesuatu yang boleh ada di iPhone Anda. Tidak demikian halnya dengan Android yang justru menawarkan kebebasan untuk melakukan apa saja yang Anda kehendaki di smartphone Android milik Anda sendiri.