Apa si Perbedaan Asuransi TLO dan Comprehensive ?

Apa si Perbedaan Asuransi TLO dan Comprehensive ?  Perlu sobat ketahui, asuransi merupakan perlindungan berupa ganti rugi dari pihak perusahaan asuransi apabila kendaran yang kita miliki mengalami kerusakan bahkan mengalami kehilangan.

Perusahan asuransi mobil sudah cukup banyak di Indonesia, dan orang yang mengasuransikan mobilnyapun sudah cukup banyak pula. Karena banyak orang yang sudah menyadari dengan asuransi kendaraan mereka akan memiliki perlindungan manakala mengalami hal – hal yang tidak diinginkan.

Orang – orang ini menjadi cukup tenang dengan mobilnya sebab  semua kerugian dari peserta asuransi bisa ditanggung oleh perusaan asuransi tersebut, baik kerugian berat seperti hilangnya mobil, atau mobil rusak parah sampai kerusakan ringan seperti lecet, body penyok dan lainya.

Perbedaan Asuransi TLO dan Comprehensive

Dikutip dari duitpintar.com terdapat 2 category asuransi yang bisa sobat gunakan, kedua category asuransi mobil itu yaitu Asuransi mobil All Risk ( comprehensive ) dan Asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Nah apa si perbedaan perbedaan asuransi TLO dan comprehensive ?

  1. Asuransi mobil All Risk ( Comprehensive ) : pertanggungan biaya atas segala jenis kerusakan
  2. Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) : pertanggungan biaya atas kerusakan total saja, atau biaya klaim lebih dari sama dengan 75% dari harga mobil.

Dengan perbedaan di atas, premi asuransi mobil All Risk umumnya dikategorikan lebih mahal ketimbang premi asuransi mobil TLO.

Oya sob, sebagai pengetahuan untuk Biaya Asuransi Mobil sudah diatur oleh OJK. Melalui Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor.

Tabel Tarif Premi atau Kontribusi 

Usaha Asuransi Kendaraan Bermotor

TARIF PREMI ATAU KONTRIBUSI comperhensive

TARIF PREMI ATAU KONTRIBUSI tlo

Nah kedua category asuransi tadi juga memiliki perbedaan jika dilihat dari sisi manfaatnya, baik Asuransi TLO dan Comprehensive. Apa si manfaat masing – masing asuransi tersebut. Berikut penjelasanya.

Baca Juga :  Mudah Terhubung dengan Rs Carolus Melalui Aplikasi Halodoc

Asuransi Mobil All Risk

Untuk Asuransi Mobil All Risk bisa menanggung kerusakan ringan dari sekedar baret, penyok sampai kehilangan mobil karea pencurian kendaraan.

Selain itu jika kendaraan mengalami kerusakan akibat huru – hara atau bencana alam seperti banjir jenis asuransi inipun akan menanggungnya.

Cakupan asuransi ini lebih banyak, maka dari itu secara biaya akan lebih mahal. Namun keuntungannya kita tidak perlu cemas lagi akan kendaraan kita, sebab dari segi cakupan yang ditanggung jenis Asuransi Mobil All Risk lebih luas.

Dan untuk masa pertanggunagn Asurasi All Risk lebih pendek, misal 0 – 5 Tahun.

Asuransi Mobil TLO

Untuk Asuransi Total Loss Only alias ( TLO ) sendiri dapat memberikan perlindungan pada kendaraan kita dengan resiko kerusakan berat maupun kehilangan karena pencurian.

Jenis asuransi ini bisa memproteksi kendaraan kita jika mengalami kerusakan parah sampai lebih dari 75 %. Namun jenis asuransi ini perlu sobat semua ketahui tidak memberikan perlindungan untuk kerusakan kendaraan kita yang ringan – ringan seperti baret dan lainya.

Nah jenis asuransi Mobil TLO akan cocok ni buat sobat yang punya kendaraan yang sudah tua dari segi umur kendaraan. Alasanya karena asuransi ini akan melindungi kendaraan kita sampai 15 Tahun sob.

Untuk premi Asuransi Mobil TLO diangka 0,2 % – 0,69 % dari harga kendaraan milik kita. Dan proses pembayaranya sekali dan kita akan mendapatkan perlindungan selama satu Tahun penuh.

Penutup

Itulah perbedaan antara Ausransi Comprehensive dan TLO yang kami ulas secara sederhana, semoga bisa sobat pahami.