Perbedaan jaringan 2.4 GHz vs 5 GHz

Perbedaan jaringan 2.4 GHz vs 5 GHz – Penggunaan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari membuat perangkat modem WiFi internet menjadi salah satu kebutuhan krusial agar produktivitas tetap terjaga. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk memahami informasi seputar spesifikasi dari WiFi router yang Anda gunakan, sekaligus mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan modem atau router yang tepat sebagai solusi dari masalah pada koneksi yang sering Anda temui.

Salah satu informasi yang perlu diketahui adalah pengertian mengenai frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz yang sering ditemui pada perangkat dengan konektivitas WiFi. Apa sih yang dimaksud dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz?

Pengertian Frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz

Frekuensi 2.4 GHz (2400 MHz) merupakan sinyal yang bisa ditemukan pada hampir semua perangkat nirkabel di sekitar kita, seperti remote TV, remote kunci mobil, serta WiFi router. Sinyal ini memiliki cakupan yang cukup luas dengan sinyal relatif lebih kuat.

Sedangkan untuk frekuensi 5 GHz (5000 MHz), karena gelombang jenis ini masih terhitung baru, perangkat yang menggunakan frekuensi ini tidak sebanyak 2.4 Ghz. Sehingga, frekuensinya bisa dikatakan lebih kuat meskipun cakupannya cenderung lebih pendek. Jadi, performanya akan terasa lebih baik ketika digunakan berdekatan dengan perangkat yang memerlukannya, seperti modem WiFi portable.

Baca Juga :  Istilah-istilah dalam Internet (1)

Setelah mengetahui pengertian dari kedua frekuensi tersebut, Anda juga sebaiknya mengetahui perbedaan keduanya secara rinci sekaligus melihat kelebihan jenis apa yang akan Anda pilih. Lantas, apa saja kah perbedaannya?

Tabel perbedaan jaringan WiFi 2.4 GHz vs 5 GHz

Perbedaan frekuensi berpengaruh terhadap bentuk gelombang radio, kalian bisa lihat gambar gelombang radio di atas. Pada frekuensi 2.4Ghz panjang gelombangnya lebih jauh dibandingkan dengan frekuensi 5Ghz, tapi untuk kepadatan pada gelombang radionya di frekuensi 5Ghz terlihat jelas bahwa Frekuensi 5Ghz memiliki kepadatan yang lebih padat dari pada frekuensi 2.4Ghz.

Untuk mempermudah, ada baiknya kamu melihat perbedaannya di tabel bawah ini. Sekali baca pasti langsung paham kok!

Perbedaan jaringan WiFi 2.4 GHz 5 GHz
Keuntungan Cakupan area sinyal yang lebih besar; lebih baik dalam hal penetrasi ke objek padat Koneksi lebih kencang; tidak ada gangguan sebanyak 2.4 GHz; biasanya sedikit yang menggunakan frekuensi ini
Kekurangan Tidak terlalu kencang; banyak gangguan; biasanya lebih banyak perangkat yang menggunakan frekuensi ini Cakupan area sinyal yang kecil; tidak begitu baik dalam hal penetrasi ke objek padat
Kecepatan koneksi maksimal yang didukung Hingga 150 Mbps Hingga 1 Gbps
Cakupan sinyal maksimal dari router Sekitar 125 meter Kurang dari 125 meter

Nah, dari tabel di atas, kamu sudah bisa melihat perbedaan antara jaringan 2.4 GHz dan 5 GHz. Berikutnya, kami akan menjelaskan perbedaan secara rinci.

1. Perbandingan WiFi 2.4 GHz vs 5 GHz: Jangkauan jarak frekuensi jaringan

Inilah Perbedaan WiFi 2.4Ghz dan 5.8Ghz Lebih Kencang Mana? | JalanTikus

Salah satu perbedaan antara frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz terletak pada jarak jangkauannya. Jaringan yang berada di frekuensi 2.4GHz dapat mencapai jarak konektivitas yang lebih jauh daripada jaringan dengan frekuensi 5GHz. Hal ini disebabkan oleh karakteristik dasar gelombang yang menipis lebih cepat pada frekuensi yang lebih tinggi. Jadi jika kamu ingin menggunakan konektivitas jaringan untuk jangkauan jarak antar perangkat yang lebih jauh, kamu bisa memilih frekuensi 2.4 GHz daripada 5 GHz.

Baca Juga :  Perangkat Keras Komputer (Perangkat Pengolah Data/Processor)

2. Perbandingan WiFi  2.4 GHz vs 5.0 GHz: Kecepatan transmisi data (bandwidth)

Apa pengaruhnya pada jaringan WiFi? Jika bandwidth jaringan kamu lebih tinggi, artinya kamu bisa mengunggah dan mengunduh data dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, streaming video juga bisa kamu nikmati dengan lebih cepat dan tanpa hambatan.

Penggunaan jaringan dengan frekuensi yang lebih tinggi memungkinkan transmisi data terjadi dengan lebih cepat, sehingga dalam hal ini penggunaan jaringan dengan frekuensi 5 GHz akan memberikan koneksi data yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan frekuensi 2.4 GHz.

Dari tabel di bagian atas juga terlihat, frekuensi 2.4 GHz hanya mendukung kecepatan data hingga 150 Mbps. Sementara itu, 5.0 GHz mendukung kecepatan data hingga 1 Gbps.

Satu hal yang harus kamu perhatikan, kecepatan data yang bisa dipancarkan oleh router WiFi kamu tetap tergantung ISP yang digunakan. Contoh, jika kamu menggunakan ISP dengan internet 170 Mbps, maka kamu akan tetap mendapatkan kecepatan hingga 150 Mbps di frekuensi 2.4 GHz. Apabila kamu menggunakan frekuensi 5.0 GHz, baru kamu akan mendapatkan kecepatan internet hingga 170 Mbps (ingat batasan dukungan frekuensi 5.0 GHz ada di 1 Gbps).

Jadi, meski kamu menggunakan frekuensi 5.0 GHz, itu tidak serta-merta akan mendapatkan kecepatan 1 Gbps. Semua masih tergantung ISP.

3. Perbandingan WiFi  2.4 GHz vs 5.0 GHz: Interferensi perangkat jaringan nirkabel

Maksudnya apa sih? Penggunaan gadget yang menggunakan konektivitas WiFi menghasilkan interferensi gelombang yang berbeda. Kebanyakan gadget menggunakan frekuensi jaringan 2.4 GHz, seperti microwave dan telepon nirkabel. Semakin banyak gadget dengan frekuensi yang sama bisa meningkatkan gangguan pada gadget lainnya. Hal ini berpotensi atas terjadinya penurunan kecepatan jaringan nirkabel yang sedang digunakan.

Baca Juga :  Daftar Chipset Atau Processor Smartphone Terbaik

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan jaringan dengan frekuensi 5GHz agar tidak terpengaruh dengan interferensi frekuensi 2.4 GHz. Singkatnya, jaringan 5 GHz ini lebih eksklusif dibandingkan dengan jaringan 2.4 GHz.

4. Perbandingan WiFi  2.4 GHz vs 5.0 GHz: Kompatibilitas perangkat dengan frekuensi jaringan

Apakah semua gadget bisa terhubung dengan frekuensi yang berbeda? Sayangnya tidak, sebagaimana dikatakan sebelumnya bahwa frekuensi 5 GHz bisa dikatakan lebih eksklusif dibandingkan dengan gadget 2.4 GHz.

Jika kamu sedang menggunakan laptop untuk bisa terhubung dengan jaringan WiFi dengan frekuensi 5 GHz, laptop kamu bisa saja tidak support dengan frekuensi jaringan yang sama sehingga WiFi-nya tidak bisa dipakai. Namun sebaliknya, gadget dengan frekuensi 5 GHz masih bisa terhubung dengan frekuensi jaringan 2.4 GHz.

Perbedaan Frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz - DhaniPro

Lantas, pilih frekuensi WiFi 2.4 GHz atau 5.0 GHz?

Ini semua tergantung kebutuan dan juga dukungan perangkat. Saat ini, sudah banyak router WiFi yang mendukung dua frekuensi sekaligus, yakni 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Itu artinya, router sudah bisa memancarkan internet di dua frekuensi secara bersamaan.

Rata-rata HP, laptop, hingga tablet yang beredar pasti mendukung WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz. Jika gadget kamu hanya mendukung satu frekuensi itu saja, tentunya kamu harus puas internetan di frekuensi tersebut.

Ada juga gadget yang mendukung dua frekuensi tersebut. Nah, jika itu terjadi, baru kamu memilih frekuensi mana yang bakal digunakan. Jika kamu ingin menggunakan internet via WiFi di posisi yang jauh dari routerpilih saja 2.4 GHz karena punya kekuatan sinyal yang lebih baik. Konsekuensinya, kecepatan internetnya tidak sekencang 5.0 GHz.

Nah, apabila kamu menggunakan gadget di dekat router dan butuh kecepatan tinggi, gunakan saja frekuensi 5.0 GHz ya.