mematikan komputer

Prosedur Mengaktifkan dan Mematikan Komputer

masbejo.com – Prosedur Mengaktifkan dan Mematikan Komputer. Komputer atau laptop yang kita miliki harus dirawat dengan baik, agar hardware maupun software dapat berjalan dengan baik. Penggunaan yang sembarangan akan mempperpendek umur komputer atau laptop kamu.

Saya punya pengalaman tentang prosedur mematikan komputer. Saat itu teman saya mempunyai laptop baru. Tanpa sengaja saya melihat dia yang sudah selesai mengerjakan tugas kuliahnya mematikan laptop tersebut. Tahukah kalian bagaimana dia mematikan laptopnya?

Teman saya mematikan laptop dengan langsung menekan tombol power tanpa melalui prosedur yang benar (mematikan sistem). Karena itulah, rasanya saya perlu untuk memberikan tutorial menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

Mengaktifkan Komputer

Apabila kalian mengoperasikan komputer dengan prosedur yang benar maka akan dapat memperbaiki kinerja komputer, dari sisi perangkat keras dan perangkat lunak. Langkahlangkah untuk menghidupkan komputer dengan benar adalah:

  1. Periksa apakah kondisi semua peralatan komputer dalam keadaan telah siap.
  2. Kosongkan disk drive (tidak terisi disket di dalamnya) dan nyalakan monitor.
  3. Lanjutkan dengan menekan tombol Power pada cassing komputer kalian, kemudian tunggu sampai proses booting selesai.
  4. Selanjutnya pada layar komputer akan menyala dan menampilkan tampilan dekstop.
  5. Untuk laptop, kalian juga haya perlu menekan tombol Power. Tombol power pada masing-masing merk laptop berbeda-bedaya. Kemudian tunggu sampai layar laptop menampilkan tampilan dekstop
  6. Pada tampilan tersebut menunjukkan bahwa komputer telah siap untuk menerima perintah berikutnya. Kalian tinggal mengklik kotak Start di bagian kiri bawah kemudian pilih program yang kalian gunakan.

Mematikan Komputer

Apabila telah selesai menggunakan komputer atau laptop, sebaiknya matikan. Dalam mematikan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga agar komputer tidak mengalami gangguan pada hardware maupun softwarenya. Adapun piranti hardware paling rawan mengalami kerusakan terhadap pemadaman yang mendadak atau tidak melalui prosedur yang benar adalah harddisk dan hilangnya file-file sistem sehingga berakibat tidak dapat menjalankan sistem operasi seperti sistem Himem.sys.

Baca Juga :  Mengenal IP Rating (Tingkat Ketahanan Alat Terhadap Lingkungan)

Untuk mematikan komputer atau laptop sebenarnya caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu klik Start Menu lalu klik Shut down.

Pada panel Shut down terdapat beberapa opsi seperti Switch user, Log off, Lock, Restart, Sleep, dan Hibernate. Perhatikan gambar dibawah ini.

mematikan komputer

Switch user digunakan untuk pergantian pengguna komputer tanpa harus menutup program. Switch user biasanya digunakan oleh pengguna yang mempunyai hak akses terhadap komputer tersebut.

Log off digunakan untuk pergantian pengguna komputer dengan menutup program terlebih dahulu.

Lock digunakan untuk mengunci komputer, sehingga jika ingin menggunakan komputer kembali pengguna harus memasukkan password (jika komputer menggunakan password). Jika komputer tidak memiliki password yang kalian tinggal masuk saja.

Restart digunakan untuk menutup semua program yang sedang berjalan. Lalu komputer akan mati dan secara otomatis akan hidup kembali

Sleep digunakan untuk membuat komputer tidur sebentar. Windows menyimpan semua aktifitas di dalam RAM dan berjalan dengan power yang sangat kecil, dan akan hidup kembali dalam beberapa detik

Hibernate digunakan untuk mematikan komputer secara keseluruhan seperti shut down, tetapi sebelum dimatikan (mengosongkan RAM), isi dari RAM akan disalin terlebih dahulu

Nah, itulah cara menghidupkan dan mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.