UMPC
UMPC

Revolusi Komputer Telah Kembali di Mulai

masbejo.com – Revolusi Komputer Telah Kembali di Mulai. Perkembangan komputer sudah terjadi beratus-ratus tahun yang lalu. Mulai dari alat hitung sederhana seperti abacus sampai laptop dan notebook. Tidak puas dan hanya berhenti ada laptop dan notebook revolusi industri personal komputer saat ini telah kembali dimulai. Hal ini ditandai dengan munculnya jenis komputer baru yang dinamakan UMPC. UMPC merupakan kepanjangan dari Ultra Mobile Personal Computer. Ultra mobile PC merupakan sebuah perangkat personal komputer yang kecil dan ringan.

UMPC

UMPC dihadirkan oleh para produsen TI tidak hanya untuk menjawab kebutuhan para pebisnis super sibuk saja, melainkan juga untuk menjawab kebutuhan tren teknologi saat ini yang membutuhkan sesuatu yang praktis, lengkap, dan ringan.

UMPC memiliki kemampuan koneksi yang lebih lengkap, yaitu dapat melakukan komunikasi atau terhubung ke mana saja, kapan saja, dari mana saja. Baik komunikasi yang berupa teks sampai komunikasi multimedia.

Secara rinci sebuah UMPC memiliki semua komponen PC. Mulai dari processor sejenis, RAM, hardisk, sampai VGA juga dengan spesifikasi yang sama dengan PC atau tepatnya menyerupai notebook.

Perusahaan processor yang mensupport UMPC antara lain adalah Intel Jan Via. Untuk UMPC, Intel merekomendasikan Celeron Mobile dan Pentium Mobile-nya dan Via menawarkan C-7M, yaitu processor-processor yang banyak dipergunakan oleh notebook. Processor ini memiliki kemampuan bekerja dengan mengoptimalkan baterai karena bekerja dengan voltase rendah. Karena syarat sebuah UMPC adalah baterai mampu dijalankan sampai minimal 8 jam.

UMPC menggunakan RAM yang sama dengan nootebook, yaitu antara 256 MB sampai 1 GB. RAM yang besar ini, menandakan bahwa aplikasi yang dijalankan oleh UMPC memang sama atau setara dengan PC pada umumnya.

Baca Juga :  Mengenal IP Rating (Tingkat Ketahanan Alat Terhadap Lingkungan)

Layar yang digunakan idealnya adalah layar 7 inci seperti pada DVD dan Portable. Dengan resolusi minimal 800 x 480 C dpi. Jenis layarnya UMPC adalah layar sentuh yang didesain untuk dapat menggunakan stylus atau jari tangan.

Kelebihan dari UMPC adalah GPU yang digunakan memiliki kemampuan Directx 8 dengan memory minimal 256 MB. GPU yang dimiliki UMPC ini dirancang tidak hanya untuk menonton siaran televisi saja, tetapi dapat digunakan untuk bermain game.

UMPC juga dilengkapi dengan built-in microphone yang dapat digunakan untuk VolP. Sound card yang dimilikinya ada yang mampu mensupport HDAudio 7.1. Sesuai dengan tujuan yang dapat menjadi Multimedia Centre PC di rumah. Selain itu, UMPC juga dilengkapi TV Tuner sampai kamera 1,3 MP. UMPC juga menggunakan hardisk yang digunakan oleh UMPC juga masih sama dengan hardisk yang digunakan oleh notebook, yaitu hardisk 2,5 inci dengan kapasitas dari 30 GB sampai 60 GB. Fasilitas yang tidak kalah lengkap dari UMPC adalah konektivitas yang dimilikinya. Dengan perangkat yang tidak berbeda jauh besarnya dengan PDA, UMPC dapat memiliki 4 konektor lebih. Mulai untuk Ethernet 10/100, USE, Firewire, serta Video Out. UMPC juga dilengkapi dengan card reader. Video Out merupakan konektor penting dari UMPC karena dapat digunakan untuk presentasi dari UMPC-nya atau sekadar menonton film di TV.

UMPC memiliki konektor USB yang dapat digunakan untuk koneksi hardware lainnya seperti printer, mouse, atau keyboard. UMPC tidak menggunakan keyboard konvensional seperti pada PC, notebook. UMPC juga dilengkapi komponen lain yang tidak terlihat, di antaranya Bluetooth, Wi-Fi, bahkan GPS juga tersedia untuk beberapa tipe UMPC.

Berkaitan dengan peranti lunak, UMPC menggunakan operating system Windows XP Pro atau XP Tablet. Penggunaan operating system ini bertujuan salah satunya adalah agar memudahkan seseorang dalam menginstal aplikasi-aplikasi. Penggunaan shell-shell yang sama dengan Windows, diharapkan user tidak akan mendapatkan masalah menginstal aplikasi yang sama dengan komputernya yang sudah ada.

Baca Juga :  Mengenal klasifikasi atau Class Dalam Driver Power Amplifier

Seperti halnya sebuah PC yang tidak pernah lepas adalah kemampuan UMPC dalam menjalankan aplikasi Office. Sehingga dengan menghubungkannya ke keyboard Bluetooth atau USE, Anda dapat bekerja layaknya bekerja dengan notebook atau tablet Anda. Bahkan, Anda juga tetap dapat menjalankan aplikasi Image Editing untuk mengedit gambar yang akan dikirim atau hanya sekedar disimpan. Jika dipasangkan di kendaraan sambil menjalankan aplikasi GIS, maka UMPC yang memiliki GPS dapat berfungsi sebagai penunjuk arah.

Sumber: PC Media

Sepertinya semakin hari perkembangan perangkat komputer lebih simpel dan terus dilengkapi dengan berbagai komponen tambahan yang kita butuhkan. Mari kita nantikan perkembangan komputer selanjutnya yang mungkin nantinya kan sangat membantu pekerjaan kita.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.