Seting WIFI STB Buat Nonton Youtube

Seting WIFI STB Agar Bisa Buat Nonton Youtube –TV analog milik masyarakat butuh alat Set Top Box (STB) agar bisa digunakan menonton siaran ketika pemerintah menghentikan siaran tv digital untuk beralih ke tv analog. Cara pasang STB tidak terlampau sulit, bisa dilakukan sendiri.
Berdasarkan Permenkominfo nomor 11 tahun 2021, pemerintah secara resmi bakal menghentikan akses siaran TV analog mulai 30 April 2022. Migrasi siaran tersebut dibagi menjadi tiga tahap.

Pemerintah telah membuat kebijakan dimana tv analog akan ditiadakan sehingga nantinya semua masyarakat indonesia yang akan menonton televisi harus menggunakan TV digital. Tapi tenang saja buat kamu yang hanya mempunyai tv analog (tv tabung) bukan led masih bisa menggunakan set top box. Alat untuk menangkap siaran digital.

Sehingga nantinya pengguna tv tabung tetap bisa melihat tv dengan kualitas gambar tv digital. Tapi kita tidak akan membahas itu untuk artikel kali ini. Karena memang sudah terlalu banyak yang membahas. Banyak juga orang yang sudah membahas cara memasang set top box (STB) di tv tabung.

Memainkan Youtube di STB Matrix Apple Tanpa Usb Wifi Dongle | Darmawan Blog

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyambungkan wifi di hp (atau hotspot lebih tepatnya) ke Set top Box. Sehingga tv kita yang menggunakan stb akan bisa menonton youtube atau situs streaming lainnya. Jadi tv tabung kita yang jadul akan canggih secanggih smartTV yang harganya mahal.

Namun untuk melakukan hal tersebut, selain harus punya STB nya. Kita juga harus punya wifi dongle. Dan itu harganya murah. Banyak ko di toko-toko elektronik atau di toko online. Harganya bervariasi ada yang cuma 20ribuan hingga yang ratusan ribu. Tergantung kualitas, spesifikasi dan mereknya.

Baca Juga :  Wallpaper Karakter Among Us Yang Lucu

Cara menghubungkan internet Seting STB Pake WIFI Ke HP

“dikutip dari arie.pro”

  1. Pertama beli dulu wifi dongle, jika sudah ada silahkan pasangkan wifi donglenya.Jual AllYouCanBuy MT 7601 Dongle Wifi di Seller AllYouCanBuy - Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta | Blibli
  2. Wifi dongle bisa kita pasangkan ke colokan USB yang ada di STB. Posisi colokannya bisa ada di depan atau belakang tergantung STB yang kita gunakan.
    port usb stb
  3. Setelah itu pilih menu di remote STB kamu, lalu masuk ke wifi
    wifi menu stb
  4. Setelah itu pilih pengaturan wifi. Jika di stb saya pengaturan wifinya dengan menekan tombol berwarna hijau di remote (silahkan sesuai saja dengan yang ada di STB kamu).
    pengaturan wifi stb
  5. Pilih jaringan hotspot (wifi) yang ada di dekat kamu. Atau kamu bisa menggunakan hotspot di smarpthone atau hp yang kamu gunakan.
    daftar wifi stb
  6. Masukan kata sandinya.
    sandi wifi stb
  7. Selesai. kamu tinggal masuk ke menu youtube yang ada di stb.
    aplikasi youtube stb

Tambahan

  1. Kita juga bisa menggunakan aplikasi Meecast jika stb yang kamu gunakan ada fitur meecastnya. Dengan fitur meecast kita bisa memilih tontonan stremaingnya lewat hp dan di tonton di TV.
  2. Jadi pertama yang harus dilakukan adalah WIFI di stb dan di HP harus terhubung ke jaringan hotspot yang sama.
  3. Jika sudah download aplikasi meecast di hp kamu.
  4. Nantinya jika STB sudah terhubung ke wifi yang sama dengan yang kamu gunakan untuk wifi hp maka akan muncul daftar stb di aplikasi meecast smartphone kamu.
    aplikasi meecast
  5. Pilih logo streaming yang ada di bawah. Dengan gambar bulatan bola dunia.
  6. Kemudian pilih atau tulis situs streamingnya, misalnya youtube.com
  7. Setelah itu pilih video yang akan ditonton, jika sudah tinggal pilih logo casting yang ada di smartphone.