Sholat Idul Fitri Dilaksanakan setiap tanggal berapa? Pertanyaan tersebut termasuk yang terus muncul ketika Ramadhan telah tiba.

Sholat Idul Fitri Dilaksanakan Setiap Tanggal Berapa?

Sholat Idul Fitri Dilaksanakan setiap tanggal berapa? Pertanyaan tersebut termasuk yang terus muncul ketika Ramadhan telah tiba. Bukan Apa-apa, karena ada banyak yang harus diselesaikan sebelum memasuki masa tersebut. Pasalnya, dibarengi dengan liburan hari raya.

Sholat Idul Fitri Dilaksanakan Setiap Tanggal Berapa?

Salat idulfitri adalah salat yang dilakukan setelah muslim menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.  tentu saja kalender yang digunakan berbeda dengan kalender Masehi. Umat muslim sedunia menentukan bulan Ramadhan menggunakan Kalender Hijriyah Berikut dengan sholat Idul Fitri-nya.

Kalender Hijriyah tentu saja berbeda dibandingkan dengan kalender Masehi. Dengan demikian penetapan sholat Idul Fitri dilaksanakan setiap tanggal berapa akan mengalami tanggal yang tidak sama.  Pasalnya, tahun Hijriyah berdasarkan pada peredaran bulan mengelilingi bumi yang disebut juga da sistem  Qamariyah.

Sementara itu pada kalender Masehi yang digunakan adalah waktu edar bumi terhadap matahari atau disebut juga dengan sistem Syamsiah. Walaupun keduanya memiliki 12 bulan, tetapi cara penetapan tanggalnya berbeda satu dengan yang lain.

Oleh karena itu setiap tahunnya penetapan tanggal satu Syawal dalam kalender Hijriah akan selalu berbeda pada kalender Masehi. Shalat Idul Fitri dilaksanakan sebanyak 1 kali dalam setahun setelah umat Muslim melaksanakan ibadah Ramadhan.

Baca Juga: Gagal Mudik Lebaran Idul Fitri 2022? Ambil 4 Hikmahnya

Sholat Idul Fitri Dilaksanakan Setiap Tanggal Berapa pada Penanggalan Masehi?

Oleh karena itu berasal kalender Hijriyah shalat Idul Fitri selalu ditetapkan setiap tanggal satu Syawal pada bulan hijriyah.  Pada 2022 , tanggal tersebut Jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 hari Senin. Dengan demikian umat Islam dapat melaksanakan puasa Ramadhan yang terakhir pada tanggal 1 Mei 2022.

Kapan solat Idul Fitri dilaksanakan 2022? Ulama NU dan MUI menjelaskan bahwa bahwa pelaksanaan shalat idul fitri selalu dilakukan pada tanggal satu Syawal pada saat waktu terbit hingga tergelincirnya matahari. Dengan demikian batasan shalat pada tanggal satu Syawal tersebut akan berbeda pada setiap daerah di Indonesia.

Baca Juga :  5 Tips Merayakan Lebaran Idul Fitri 2022

Oleh karenanya rata-rata penetapan batas waktu shalat Idul Fitri adalah mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 08.00. Dan biasanya dilanjutkan dengan makan bersama antara keluarga dan silaturahmi antar tetangga.

Salat idulfitri ini sangat dianjurkan serta diutamakan bagi setiap muslim. Walaupun hukum melaksanakan salat Idul Fitri adalah tidak sampai wajib tetapi juga memiliki keutamaan dan pahala jika dikerjakan oleh semua umat Muslim. Oleh karenanya jangan sampai meninggalkan amalan sunnah ini yang hanya perlu dilaksanakan setahun sekali tanpa sebab yang penting.

Berdasarkan keputusan Menteri Agama  bahwa sholat Idul Fitri Dilaksanakan setiap tanggal Satu Syawal 1443 tahun Hijriah akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2022, tepat pada hari Senin. Pelaksanaan sholat tersebut biasanya dilakukan secara bersama, namun jika terdapat halangan dapat dilakukan sendiri.