5 Hal Ini Jadi Tanda Perusahaan Perlu Menggunakan Software Payroll

Saat ini, manusia hidup di era paling epik, ketika teknologi berada pada puncaknya. Sekarang pula Anda dapat melakukan bisnis dari mana dan kapan saja, siang atau malam. Ya, kemajuan teknologi telah memungkinkan pencapaian ini dan membuat hidup manusia jauh lebih mudah. Oleh karenanya, bisnis apapun harus memanfaatkan teknologi terbaik demi meningkatkan bisnis, salah satunya dengan menggunakan software payroll berbasis cloud. 

Namun, masih banyak perusahaan ragu untuk menggunakan software dalam mengelola payroll karyawan. Maka dari itu, Talenta by Mekari telah merangkum beberapa tanda penting berikut ini.

1. Meningkatnya Jumlah Karyawan

Jika perusahaan terus memperluas operasional, Anda pasti membutuhkan lebih banyak karyawan agar mencapai tujuan. Meningkatnya jumlah karyawan pun berjalan seiringan dengan bertambahnya tugas HR & finance perusahaan. Tentu, hal ini bertambahnya karyawan dan mempertahankan cara hitung manual dengan excel, seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang.

Entah karena menganggap sudah terbiasa dengan rumus atau karena tak ingin beradaptasi kembali dengan cara baru. Namun, perhitungan manual terus dibiarkan, kesalahan atau human error  akan lebih rentan.

2. Terjadi Masalah dengan Kepatuhan/Pajak Penggajian

Perhitungan apa pun yang melibatkan perpajakan tidak hanya membosankan, tetapi juga perlu ketelitian dan akurasi yang tinggi. Sedikit saja kesalahan, dapat membuat Anda kehilangan anggaran. Seperti poin pertama, meningkatnya jumlah karyawan juga menambah beban karyawan yang bertugas menghitung pajak penggajian.

Terlebih jika perusahaan sering mendapat sanksi atau denda akibat salah hitung pajak penghasilan. Juga karena terlambat bayar pajak atau salah mengisi formulir perpajakan yang perlu diulang setiap bulan.

Baca Juga :  7 Fitur Lengkap di Aplikasi SehatQ Dari SehatQ.Com

Oleh karenanya, demi menghindari salah hitung dan selalu berubahnya pajak penggajian, alangkah baiknya jika departemen HRD Anda yang gagal mengefisiensikan perhitungan pajak, mulai beralih ke aplikasi payroll karyawan yang mengotomatisasikan pajak karyawan.

3. Proses Penggajian Tidak Tepat Waktu 

Ada kalanya departemen HR terlambat membayar gaji karyawan. Akibatnya, karyawan tidak merasa nyaman. Jika dipaksakan agar segera dibayarkan, mungkin saja nominal pembayaran tidak tepat akibat terlalu tergesa-gesa. Namun hal ini akan jauh menjadi berbeda dengan penggunaan software payroll online

Software payroll mengotomatisasikan tanggal penggajian beserta perhitungan dan laporan yang tersedia secara real-time. Membuat segalanya lebih mudah dan mengefisiensikan pekerjaan HR

4. Hanya Terpusat pada Satu Komputer

Sebetulnya, diantara dua sebelumnya, tanda ketiga ini lebih berisiko bagi perusahaan. Hindari penyimpanan data penting yang hanya terkonsentrasi pada satu komputer. Selain rentan kehilangan data karena virus atau komputer yang rusak, karyawan pun akan kesulitan dalam mengelola data gaji karyawan karena hanya terdapat pada satu komputer.

Tentu saja, data penggajian dengan sifatnya bukan konsumsi publik perlu tetap dibatasi peran apa saja yang dapat mengakses. Namun, software payroll memungkinkan berbagai karyawan berkepentingan seperti HR maupun finance mengakses gaji karyawan dimana dan kapan saja, yang diperbarui otomatis.

5. Informasi Gaji Karyawan yang Salah

Memiliki informasi yang salah tentang karyawan termasuk rincian gaji mereka adalah hal yang mengundang banyak masalah. Salah nominal, perlunya karyawan mengurus gaji salah kirim pun membuat proses penggajian semakin tidak efektif. Tambahan bonus karyawan yang bermaksud baik dapat saja berdampak negatif bagi karyawan jika tidak tercantum dalam slip gaji mereka. 

Oleh karena itu, penting bagi HR untuk selalu memperbarui data karyawan. Detail sepele seperti nama karyawan, jabatan, detail gaji (termasuk gaji kotor, gaji per jam, dll). nomor pajak, dan sebagainya.

Baca Juga :  5 Fitur dan Kelebihan IDN App, Sebuah Aplikasi Berita Terlengkap Zaman Now

Dengan memberikan HR Anda software payroll berbasis cloud, informasi penggajian karyawan dapat selalu diperbarui oleh HR maupun karyawan sendiri, yang akhirnya dapat memberikan nominal akurat kepada orang yang tepat. 

Tanda-tanda seperti diatas yang akhirnya menghambat kinerja perusahaan dalam mengelola gaji karyawan secara efisien. Namun, Anda tak perlu khawatir, jika tanda di atas seringkali dialami, Anda hanya perlu beralih ke software payroll Talenta

Dari proses yang disederhanakan hingga sistem payroll yang mudah diakses oleh karyawan yang memerlukan. Hindari masalah penggajian karyawan mulai dari sekarang. Hubungi Talenta hari ini agar mengetahui lebih lanjut bagaimana software dapat menyederhanakan dan mengubah cara Anda mengelola proses payroll karyawan. 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: