Istilah-istilah dalam Internet (2)

masbejo.com – Istilah-istilah dalam Internet (2). Pada postingan sebelumnya kita sudah mempelajari beberapa istilah-istilah yang sering kita temui ketika menggunakan internet. Istilah-istilah tersebut antara lain: account, address , attachment, bitmap, bandwitch , bit per second , broadcast, browser, byte, chat/chatting, client, cookies, connect, cracker, cryptography, CSS (Cascading Style Sheet), cyber, cyberspace, cybercrime, cyberlaw, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), Dial Up Networking, dial up, domain, dan Domain Name Server (DNS).

Kali ini kita akan melanjutkan membahas tentang istilah-istilah yang sering kita temui ketika menggunakan internet.

halaman login

Istilah-istilah dalam Internet

DownloadMenyalin file dari komputer server (situs Internet) ke media penyimpan lokal (disket/hardisk/flashdisk) di komputer klien.
Digital Subscriber Line (DSL)Suatu teknologi yang mampu menyediakan bandwidth (kecepatan pengiriman data) cukup tinggi ke rumahrumah atau perusahaan melalui media kabel telepon.
E-Commerce (Electronik commerce)Merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas melalui transaksi elektronik dan pertukaran barang, serves, dan informasi elektronik.
E-governmentIstilah untuk berbagai kegiatan pemerintah yang dibantu melalui media teknologi informasi dan komunikasi.
E-mailElectronic mail merupakan pesan, biasanya berupa teks yang dikirim dari suatu alamat ke alamat lain di jaringan internet.
E-paymentPembayaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti internet
EncryptionEnkripsi, menyandikan sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan program pembukanya.
FavoriteFavorite merupakan daftar file atau alamat web yang disimpan karena disukai dan akan mengunjunginya kembali. Pada Internet Explorer kita dapat menyimpan dan memelihara daftar web-web favorit untuk dikunjungi kembali suatu saat.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)Salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antarserver komputer dalam internet. Protokol bahasa yang lain dalam internet, misalnya Telnet, News, Gropher, dan FTP.
LinkKoneksi terbentuk hypertext, yaitu suatu teks yang jika di-klik akan terhubung ke dokumen di situs lain atau dokumen di situs yang sama. Di World Wide Web (WWW), link biasanya muncul dalam bentuk teks atau gambar yang menonjol atau berbeda warna dari teks yang tidak ber-link. Biasanya jika kita menaruh tanda panah teks atau gambar akan menjadi gambar tangan. Artinya teks atau gambar tersebut memiliki link ke dokumen lain. Untuk dapat masuk ke link dari teks atau gambar tersebutcaranya adalah dengan mengklik pada teks atau gambar yang memiliki link tersebut.
URL (Uniform Resource Locator)Sistem penamaan alamat situs web. Oleh sebab itu, URL sering pula dinamakan Internet Address (alamat internet). Setiap protokol bahasa (HTTP, Telnet, FTP, dan lain-lain) mempunyai sistim penulisan alamat yang berbeda-beda. Contoh URL: http://www.freewebs.com/bismillah/index.htm.
WWW (World- Wide Web)Disingkat WWW merupakan bagian dari protokol bahasa HTTP yang paling populer dalam Internet. Sistem ini mula-mula dibangun oleh CERN, sebuah laboratorium fisika di Eropa dan baru mulai diselenggarakan untuk publik pada tahun 1991. Sekarang, Web atau Internet telah menjadi sumber data dan informasi yang tidak terbatas yang dapat diakses oleh semua orang. Di dalam WWW semua dokumen, menu, indeks, dan lain-lain ditampilkan kepada para pengguna internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.
HTML (Hypertext Markup Language)Bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam Web. Dengan menggunakan format HTML setiap dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh semua sistem operasi dan tipe komputer yang ada di dunia. Di samping itu, kekuatan utama file HTML adalah adanya fungsi hypertext link(disingkat: hyperlink).
IRC (Internet Relay Chat)IRC merupakan software chatting (mengobrol online), yaitu software yang memungkinkan kita berkomunikasi secara real time dengan sesama rekan yang terhubung ke IRC server seluruh dunia. Untuk dapat menggunakan IRC, kita perlu menginstal software IRC, untuk Microsoft windows biasanya adalah mIRC. Software ini dapat didownload (www.mirc.com).
JpegJpeg merupakan sebuah tipe file image (gambar) yang banyak ditemukan di internet. File dengan format ini akan berakiran Jpeg, misalnya jeep Jpeg. Jpeg merupakan kependekan dari Joint Photographic Group.
HostingHosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarny data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai. Semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs. Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Lama penyewaan hosting ratarata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun luar negeri.
Hyperlink (Hypertext Link)Disingkat lagi dengan sebutan link adalah suatu bagian tertentu (teks maupun gambar) dalam suatu dokumen HTML yang mengacu kepada suatu dokumen/file lain ataupun bagian lain dari dokumen/file yang sama. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru. Namun tanda utama dari sebuah link (baik link teks maupun link gambar) adalah berubahnya pointer mouse menjadi tanda “telunjuk tangan” bila diletakkan di atas link tersebut. Bila sebuah link di-klik maka program browser akan membuka/menuju pada bagian/dokumen/file yang ditunjuk oleh link tersebut.
LoginProses pemasukan user id dan password. Misalnya pada saat kita memasukkan user id dan password pada saat ingin membuka kotak surat email.
Log OutKebalikan dari login, yaitu proses keluar dari sebuah halaman web.
OfflineMerupakan kondisi di mana koneksi komputer kita ke intenet dalam kondisi terputus.
OnlineKondisi di mana koneksi komputer kita ke internet dalam kondisi tersambung.
SharewareSuatu program komputer yang dapat kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu. Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
Web BrowserDiringkas Browser adalah program atau software yang dirancang untuk mencari dan menampilkan dokumen web dalam format HTML. Dengan browser, para pengguna komputer dapat mencari dan menelusuri (browse) serta melihat isi dari dokumen web dan berpindah dari sebuah tempat (halaman) ke tempat lain di web. Contoh program browser yang populer, misalnya Internet Explorer, Netscape, Opera, Mozilla, dan lain-lain.
Website atau Situs WebSetiap komputer atau tempat (space) dalam sebuah komputer yang terhubung dengan internet dan menjalankan fungsi dan proses sebagai server web yang berisi dokumen-dokumen dalam format HTML. Sebuah website memiliki URL (alamat website) atau domain name (nama domain) yang biasanya berakhiran .com .net .org dan lainlain; contoh: bismillah.co.nr.
Web Page atau halaman webSebuah file atau dokumen HTML yang disimpan oleh sebuah server komputer dan merupakan bagian dari kumpulan file dan dokumen yang dimiliki oleh sebuah website.
Mailing List disingkat MilisKumpulan atau daftar dari sejumlah alamat e-mail yang digabungkan menjadi satu alamat e-mail.
UploadMengirim file dari komputer sendiri (user) ke komputer lain lewat jalur atau fasilitas internet.
HostingRuangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar, dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte)
Scripts/Bahasa ProgramDigunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang sedang diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan, maka akan terlihat situs semakin dinamis dan interaktif serta terlihat bagus.

Itulah istilah-istilah yang biasa kita temui ketika menggunakan internet. Mungkin sebagian dari kita sudah sering mendengar dan menggunakan fasilitas yang ada seperti download dan upload.

Semoga beramanfaat ya..

Baca Juga :  Review Realme X7 Pro

Tinggalkan komentar