Perangkat Lunak Program Aplikasi

masbejo.com – Perangkat Lunak Program Aplikasi. Sebenarnya bagaimana cara kerja komputer?

Komputer tidak akan dapat berjalan dan memproses informasi jika tidak mendapatkan instruksi. Untuk melakukan pemrosesan informasi, komputer bekerja atas dasar instruksi dari user atau pemakai. Sekumpulan instruksi diperlukan untuk mengatur jalannya perangkat keras dalam komputer. Instruksi-instruksi inilah yang disebut dengan program atau perangkat lunak atau disebut juga dengan software.

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok yaitu sebagai berikut.

  1. Perangkat lunak sistem, antara lain:

a. Sistem operasi

b. Bahasa pemrograman

c. Utilitas

2. Perangkat lunak aplikasi, antara lain:

a. Aplikasi perkantoran

b. Aplikasi multimedia

c. Aplikasi internet dan jaringan

d. Aplikasi khusus

Agar kamu lebih memahami tentang perangkat lunak diatas, kamu perlu membaca dan memahami uraian di bawah ini.

Perangkat Lunak Program Aplikasi

  1. Perangkat Lunak Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras komputer agar dapat dijalankan oleh pengguna.

Fungsi Sistem Operasi

a. Mengelola proses jalannya suatu program dalam komputer.

b. Mengelola pemakaian sumber daya komponen perangkat keras komputer seperti CPU, memori, dan lain sebagainya, pada saat komputer sedang dijalankan.

c. Mengelola akses data dalam peranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.

Macam-macam perangkat lunak sistem operasi:

a. DOS (Disk Operating System)

dos

Jenis ini merupakan sistem operasi generasi awal yang dirancang untuk komputer tunggal/Personal Computer (PC). Pada saat ini, sistem operasi ini jarang digunakan lagi karena kurang interaktif.

b. Unix

unix

Merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu: Unix, OpenBSD, FreeBSD. Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP, dan Sun Solaris.

c. Windows 95/ Windows 98/ Windows ME/Windows XP/WindowsVista

win 7

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia, terutama pada komputer tunggal. Sistem operasi buatan Microsoft ini populer karena tampilan antarmuka grafisnya yang user-friendly karena menggunakan pendekatan GUI. Kalian akan mendapatkan kelebihan dalam sistem operasi windows: 1)Multitasking. Kemampuan yang memungkinkan penggunaan sejumlah program atau perangkat lunak dalam waktu yang bersamaan, 2) Mendukung sistem kerja tim (workgroup) dalam suatu jaringan sederhana. Dapat digunakan sebagai klien dalam client/server.

Baca Juga :  Kegunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Pekerjaan

d. Macintosh

mac os

Pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly dibandingkan dengan yanglainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem yang digunakan di Apple iMac Desktop dan Apple Notebook.

e. Linux

linux

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds, sistem operasi ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Hal inikarena Linux merupakan perangkat lunak bebas (open source software). Dalam hal ini, pengguna diperkenankan untuk mengembangkan perangkat lunak sesuai kebutuhan, dapat didistribusikan ke siapa saja dan tidak terikat dengan lisensi penggunaan atau kewajiban membayar royalti.

Selain itu, tampilan grafisnya user-friendly dan mendukung sistem multitasking, workgroup dan jaringan. Sehingga, semenjak awal diperkenalkan, sistem operasi ini telah dianggap menjadi pesaing utama sistem operasi Windows.

2. Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang mengonversi algoritma yang telah dirancang oleh pengguna/pemrogram ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer. Dalam bahasa pemrograman terdapat syntax-syntax (suatu aturan pada pembuatan program) yang ditujukan agar pemrogram dapat menuangkan perintah yang nantinya akan dijalankan oleh komputer. Terdapat empat kelompok generasi bahasa pemrograman:

a. Generasi Pertama (Bahasa Mesin)

Pada generasi pertama, pemrograman menggunakan kode mesin yang diwakili oleh angka biner 0 dan 1. Bahasa ini dikategorikan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya tidak mudah untuk dimengerti.

b. Generasi Kedua (Bahasa Assembly)

Bahasa ini sedikit relatif lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin karena telah menggunakan perintah dalam bentuk kata yang dipendekkan. Sebagai contoh, perintah MOV yang berarti “Move” (berpindah). Meskipun demikian bahasa ini masih dikategorikan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya masih tidak mudah untuk dimengerti.

Baca Juga :  Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Sistem Jaringan Komputer

c. Generasi Ketiga (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi)

Penulisan program secara prosedural telah diterapkan, sehingga penyusunan program lebih tertata dengan baik. Pada generasi ini, perintah menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Sebagai contoh, perintah READ untuk membaca data input. Bahasabahasa pemrograman BASIC, Pascal, FORTRAN dan C termasuk dalam bahasa pemrograman generasi ketiga.

d. Generasi Keempat

Bahasa pemrograman menggunakan pendekatan pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Programming – OOP). Sehingga lebih memudahkan dalam penyusunan program yang kompleks. Bahasa pemrograman ini meliputi bahasa pemrograman Visual C++, Visual Basic, DELPHI dan Java.

3. Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perkembangan perangkat lunak ini didukung dengan perkembangan pesat teknologi multimedia, yaitu teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar, dan video.

Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan multimedia, antara lain:

a. Corel DRAW, merupakan program yang digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor atau garis.

b. PageMaker, merupakan program yang digunakan untuk membuat brosur, pamplet, poster dan lain-lain. Program ini mampu mengatur penempatan tek dan gambar yang diambil dari program lain.

c. Adobe Premiere, Pinacle, Ulead Studio, merupakan program yang digunakan untuk mengolah film dalam berbagai format, termasuk pemberian judul, pemberian efek khusus, dan lain-lain.

d. Macromedia Flash MX, merupakan program yang digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD.

4. Perangkat Lunak Aplikasi Internet, Komunikasi dan Jaringan

Perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung pemanfaatan internet dan jaringan. Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan internet, komunikasi, jaringan, jenis perangkat lunak aplikasi internet antara lain:

a. Web Browser

bowser

Web browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi di internet. Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla Firefox merupakan contoh web browser.

Baca Juga :  Istilah-istilah dalam Internet (2)

b. E-mail Software

Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi melalui internet dengan electronic mail (E-mail) atau surat elektronik. Sebagai contoh Microsoft Outlook.

c. Yahoo! Messenger

Program ini dapat Anda peroleh melalui alamat http://messenger.yahoo.com dengan terlebih dahulu men-download file instalasinya sesuai dengan versi sistem operasi yang digunakan (Windows, Linux, atau Mac).

Selain untuk komunikasi berdua, kalian dapat melakukan konferensi dengan mengundang teman lain untuk bergabung. Tampilan jendela konferensi hampir mirip dengan program chating namun terasa lebih pribadi karena anggota-anggota konferensi yang tergabung sudah ditentukan sebelumnya. Selain komunikasi dengan text dalam YM juga dapat mendengarkan suaranya, pengguna dapat melihat langsung wajah lawan bicaranya. Fasilitas ini tentunya akan sangat membantu komunikasi antar pengguna yang lokasinya sangat berjauhan, sedangkan uang di kantong tidak cukup untuk biaya telepon.

5. Perangkat Lunak Aplikasi Khusus

Perangkat lunak yang ditujukan pada bidang-bidang spesifik. Sebagai contoh yang termasuk dalam kategori ini:

a. Program SPSS, perangkat lunak untuk analisis data statistik sering digunakan dalam bidang statistik.

b. Program matematika dan MAPLE, merupakan perangkat lunak pada bidang kajian matematika.

c. Program AutoCad, perangkat lunak untuk desain pada ilmu-ilmu teknik dan arsitektur atau rancang bangun.

d. Program MYOB,DEA,GL, merupakan perangkat lunak akuntasi.Serta masih banyak lagi program-program khusus yang lain.

6. Perangkat Lunak Utilitas

Perangkat lunak yang ditujukan untuk menunjang fungsionalitas perangkat lunak sistem operasi. Sebagai contoh untuk melakukan kompresi data pada harddisk atau media simpan yang lain, dapat dilakukan melalui perangkat lunak WinZip. Kemudian untuk menangkal virus komputer diperlukan antivirus, misalnya Norton AntiVirus atau McAfee VirusScan.

Mungkin kamu sudah pernah menggunakan beberapa aplikasi yang disebutkan diatas. Masing-masing program aplikasi memiliki kegunaannya tersendiri. Kamu dapat menggunakan program aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan komentar