Tips Memilih Kulkas Sebelum Membelinya

masbejo.com *_* Memilih kulkas yang bagus membutuhkan pertimbangan matang. Jangan hanya mengandalkan harga kulkas yang mahal, namun kita juga harus mempertimbangkan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan. Bukannya menakut-nakuti, namun kulkas mahal tidak menjamin berkualitas baik dan tahan lama,

Itulah mengapa memilih kulkas yang bagus dan tahan lama memerlukan pertimbangan yang matang. Selain itu, kita harus lebih jeli memilih kulkas yang hemat listrik. Mengingat, kulkas akan terus menyala setiap hari selama 24 jam penuh.

Sebelum memutuskan untuk membeli kulkas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Kapasitas Ruang Kulkas

Hal pertama adalah kapasitas atau volume ruang kulkas. Setiap rumah membutuhkan kapasitas kulkas yang tidak sama. Misalnya saja Anda memiliki keluarga besar dan rutin berbelanja banyak tiap bulan maka tentu lebih baik memilih kulkas dengan kapasitas besar.

Sebaliknya, jika keluarga Anda kurang dari empat anggota keluarga dan tergolong jarang membeli makanan banyak maka bisa disarankan Anda cukup membeli kulkas berkapasitas kecil atau sedang.

Maka, sangat penting untuk menyesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan Anda.

2. Dimensi

Masalah ruang tempat meletakkan kulkas juga perlu diperhatikan. Anda boleh saja membeli lemari es dengan kapasitas atau volume besar.

Akan tetapi, perlu Anda perhitungkan semakin besar kapasitas kulkas, maka semakin besar juga dimensi kulkas keseluruhan. Ukuran kulkas beragam, mulai dari yang besar, hingga kulkas mini yang kecil.

Baca Juga :  Pengertian dan Jenis Jaringan Telekomunikasi

Jangan sampai ruangan sempit lalu diletakkan kulkas berukuran jumbo. Ini tentu akan mengganggu tata interior rumah Anda, dan buruknya lagi akan membuat rumah Anda semakin sesak.

3. Desain

Nah, untuk cara milih kulkas bagus yang satu ini bisa dibilang semua kembali kepada Anda. Lho mengapa? Ini karena tampilan desain kulkas bisa dipilih sesuai selera dan kepuasan masing-masing.

Anda bisa memilih kulkas yang memiliki desain dan warna yang senada dengan gaya interior dapur. Tampilan kulkas yang menarik bisa membuat suasana dapur Anda menyenangkan.

10 Daftar Harga Kulkas Bagus Termurah pada Januari 2021, ada ...

4. Mutu dan Kualitas

Soal mutu dan kualitas tentu tidak ada yang menolak bahwa ini jadi pertimbangan pokok dalam memilih kulkas bagus. Anda pasti tak mau punya kulkas bagus tapi bodinya mudah berkarat atau engsel pintunya atau mesinnya mudah rusak.

Oleh karena itu, teliti bahan dan material yang digunakan pada seluruh bodi kulkas. Anda bisa memilih kulkas dengan bahan yang kokoh dan terbuat dari Pre Coated Material (PCM).

Kemudian, jangan lupa untuk perhatikan pintu kulkas apakah rapat atau renggang, bagian kaki penopang kulkas dan engsel pintu. Jadi, Anda harus jeli melihat dan mempertimbangkan masalah bahan dan material supaya kulkas yang Anda beli tidak mudah rusak.

5. Beli kulkas di tempat terpercaya

Untuk mendapatkan kulkas yang bagus, tentu Mama harus membelinya di tempat terpercaya. Selain itu, coba tanyakan secara rinci tentang spesifikasi kulkas yang akan dibeli, baik dari keunggulan, hingga garansi resmi yang diberikan.

Jangan anggap remeh, pasalnya garansi menjadi penyelamat kita apabila kulkas mengalami kerusakan pada bagian mesin. Sehingga, kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang lagi, kan?

Baca Juga :  Mengenal Processor AMD Beserja Jenis - Jenisnya

6. Fitur Pendingin

Masing-masing merk kulkas memiliki fitur pendingin yang berbeda. Fitur utama yang wajib ada adalah multi air flow. Kulkas yang menawarkan fitur ini memiliki kemampuan mendinginkan suhu secara merata ke seluruh bagian ruang kulkas.

Kulkas LG LINEAR Top Freezer - Pendinginan Merata di Setiap Sudut - YouTube

Hal ini menjadikan tidak ada bagian yang suhunya sangat dingin sementara bagian lainnya tidak terlalu dingin. Pahami masing-masing merk kulkas yang menarik dan kemungkinan Anda pilih kemudian pahami mengenai fitur pendinginnya.

7. Konsumsi Listrik

Biasanya masalah listrik banyak dikeluhkan terutama ibu rumah tangga. Eits, tapi tenang saat ini Anda bisa memilih kulkas yang menawarkan teknologi pendingin hemat energi.

Hal tersebut sangat penting bagi kesehatan ekonomi keluarga Anda agar bisa lebih hemat dan terjangkau. Jadi pertimbangan masalah listrik bisa jadi salah satu prioritas tolak ukur Anda.

8. Jenis Kulkas

Secara umum, jenis kulkas terbagi dua yaitu dengan freezer (ruang pembeku) dan non-freezer (all-refrigerator model) yang unggul dalam hal kapasitas penyimpanan Kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang satu pintu, dua pintu, hingga multidoor.

Kulkas dua pintu memiliki kapasitas cooler dan freezer yang lebih besar dibanding lemari es satu pintu, sehingga bisa menyimpan makanan lebih leluasa.

Namun, kulkas berjenis multidoor memiliki kapasitas yang lebih besar. Kulkas jenis ini juga memungkinkan kita menyimpan segala jenis makanan dalam kondisi yang optimal.

Pasalnya, kulkas multidoor memiliki kompartmen khusus untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, area soft freezing yang ideal untuk penyimpanan daging dan ikan.

Fitur soft freezing ini membuat makanan hanya sedikit beku sehingga mudah untuk langsung diolah. Nah, ini tentu perlu menjadi pertimbangan Anda dalam memilih kulkas karena kembali lagi seperti apa kebutuhan Anda?

Baca Juga :  Cara Mendaftar MyPertamina untuk Membeli Pertalite dan Solar

9. Harga

Harga kulkas yang dijual di pasaran sangat variatif sesuai fitur yang ditawarkan. Jadi, sesuaikan dana dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Namun, perlu diingat kulkas adalah investasi jangka panjang.

Oleh karena itu tak ada salahnya membuat aktivitas dapur lebih menyenangkan dengan menyisihkan budget lebih untuk kulkas dengan desain menarik dan fitur yang mumpuni.

Tapi juga jangan memaksakan membeli kulkas mewah dan mahal jika berisiko bagi kesehatan ekonomi keluarga Anda.

10. Garansi

Masalah garansi menjadi salah satu prioritas utama bagi setiap konsumen. Maka pilihlah kulkas dengan garansi yang resmi dan memadai.

Garansi sangat penting dalam meminimalisir terjadinya kerugian saat kulkas yang dibeli mengalami kerusakan khususnya pada bagian mesin.

Pilih Kulkas Sesuai Kebutuhan

Setelah menyimak dan memahami cara memilih kulkas sesuai kebutuhan yang telah dijabarkan di atas, Anda tentu kini bisa lebih bijak dalam memilih kulkas, bukan?

Pertimbangkanlah kesebelas hal di atas dan kaitkan dengan kebutuhan Anda akan kulkas. Hal ini akan menghindari Anda dari kerugian dan penyesalan setelah membeli. Selamat memilih!