memilih laptop

Tips Memilih Laptop Sebelum Membelinya

masbejo.com  *_* Tips Memilih Laptop Sebelum Membelinya – Laptop merupakan salah satu perangkat yang dibutuhkan banyak orang untuk bekerja atau belajar, tak terkecuali bagi guru. Apalagi di era digital yang sudah semakin canggih seperti ini, guru diharapkan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer atau laptop, minimal yang dasar atau basic-nya saja. Dengan adanya laptop, guru akan semakin mudah mengajar dan melakukan tugas dengan baik.

Mengingat tugas guru cukup banyak, akan terasa sulit jika tidak memiliki perangkat yang mendukung. Apalagi di zaman sekarang Anda tidak lagi melakukannya secara manual bukan? Karena hal tersebut tidak efektif dan cukup memakan waktu dan tenaga.

Laptop memiliki peran penting dalam dunia pembelajaran, salah satunya mendukung proses terjadinya komunikasi yang interaktif antara guru dengan siswa. Apalagi ketika pembelajaran jarak jauh dan blended learning ini, tentu guru membutuhkan perangkat agar tetap bisa mengajar siswa. Tak sampai di situ, laptop juga membantu guru untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan disukai siswa serta lebih mudah. Di mana guru bisa mengedit video, membuat animasi, membuat gambar dan lainnya melalui aplikasi atau software yang ada di laptop.

Dengan adanya laptop, guru juga tidak perlu mengerjakan tugas secara karena semua bisa dilakukan dengan mudah di laptop, mulai dari mengolah data nilai siswa, mengolah data absensi siswa, membuat RPP satu lembar, membuat soal, membagikan media pelajaran, dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat pekerjaan menjadi lebih efektif, efisien, hemat tenaga dan praktis.

1. Tips Memilih Laptop Berdasarkan CPU atau Processor

Apple M1 ARM 8 Core CPU Is Faster Than Intel & AMD's Fastest 8 Core Chips in Single-Core Performance Benchmark

Tips:

  • Semakin baru generasi sebuah CPU semakin bagus.
  • Semakin tinggi spesifikasinya semakin bagus
  • Untuk laptop gaming & desain disarankan di atas core i5 (intel) / ryzen 5 (amd)
  • Perhatikan hasil benchmark untuk melihat perbandingan performancenya

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer. Prosesor memiliki pengaruh besar pada kinerja komputer, tetapi hal ini tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan. Prosesor Intel Core menawarkan kinerja terbaik dalam hal multi-tasking dan multimedia.

Notebook berbasis Core i3 umumnya ditemukan di sistem entry-level, sedangkan Core i5 merupakan mayoritas komputer mainstream. Jika Anda mencari laptop mainstream dengan kombinasi harga dan kinerja terbaik, dapatkan laptop dengan CPU Intel Core i5 namun jika pekerjaan yang dilakukan cukup berat maka pilihlah core yang lebih besar, seperti Core i7 Intel 11th Gen CPUs. Tentu saja semakin tinggi angka core, harga juga semakin mahal.

Kalian bisa juga memilih jenis processor dari Apple yang memang sudah tidak diragukan lagi chip dari apple cuman harganya yang lebih mahal.

untuk varian lebi terjangkau biasanya processor buatan AMD di jual dengan harga lebih rendah tetapi kualitas yang bagus setara dengan intel.

Baca Juga :  Mengenal Ray-Tracing

2.Tips Memilih Laptop Berdasarkan Harga

Pada bagian ini kita akan membaginya menjadi 2 bagian yaitu harga beli dan harga jual, Harga beli adalah sebuah harga yang dimana kita sebagai pembeli membeli sebuah laptop baru.

Yang saya maksud dengan harga jual yaitu ketika kita hendak menjual laptop tersebut dengan harga tertentu, Faktor yang satu ini terkadang orang jarang sekali untuk mencermati apa yang tadinya dibutuhkan.

Padahal mengetahui harga dari sebuah laptop itu sangat penting, dengan mengetahui harga tentu saja kita dapat mengetahui apakah uang yang kita miliki bisa untuk membeli laptop yang bagus.

Semakin Mahal Laptop Pasti akan semakin bagus asalkan penjualnya jujur, dan kita tidak mudah di tipu oleh penjual. tinggal berapa bajet yang kita miliki harga membawa rupa

Di sisi lain kita harus menghemat pengeluaran ya paling tidak kita memiliki laptop bagus dengan harga yang pantas.

Selanjutnya barangkali nantinya anda bosan dengan laptop yang dimiliki sekarang dan anda ingin menjualnya, maka kita harus memperhatika nilai jual laptop tersebut dikemudian hari sebelum anda membelinya.

Walaupun anda tidak berniat ingin menjual laptop nantinya dan tidak ada salahnya anda mengetahui nilai jual laptop tersebut.

3. Pilih Sistem Operasi

Pilihan :

  • Windows
  • Mac OS (Khusus MacBook)

Bagi sebagian orang, sistem operasi adalah apa yang membuat komputer berjalan dan jika berfungsi dengan baik, mereka tidak mempermasalahkannya. Bagi yang lain, sistem operasi melampaui komputer. Sebagian besar laptop dilengkapi dengan salah satu dari dua sistem operasi terfavorit dan paling diminati yaitu Windows dan Mac OS (hanya untuk Macbook).

Memilih yang tepat adalah preferensi pribadi, tetapi hal ini menjadi penting untuk diketahui. Windows adalah sistem operasi paling fleksibel dan dioperasikan di lebih banyak model laptop daripada Chrome OS atau MacOS. Versi terbaru dari sistem operasi andalan Microsoft dapat digunakan dalam mode tablet dan desktop.

Kamu akan menemukan Windows mulai dari laptop murah hingga yang harganya lebih dari 10 juta. Windows juga menawarkan fitur paling banyak dibandingkan dengan sistem operasi lain.

Macbook hadir dengan sistem operasi desktop Apple, macOS. Secara keseluruhan, sistem operasi ini menawarkan fungsionalitas yang mirip dengan Windows 10, tetapi dengan tampilan berbeda pada antarmuka yang menggantikan aplikasi di bagian bawah layar untuk menunya. MacOS lebih memadai jika digunakan dalam produk Apple. Dengan MacOS semua perangkat Apple dapat dengan mudah saling terkoneksi.

Selain itu, ada Chrome OS, Google Chrome OS adalah sistem operasi terbaru di pasar dan ditemukan di jajaran laptop Chromebook murah. Meskipun sederhana dan aman, Chrome OS lebih terbatas daripada Windows atau Mac.

Sebagian besar aplikasi yang kamu gunakan di Chrome OS adalah aplikasi web dan tidak berfungsi dengan baik secara offline. Dengan Chrome OS jangan harap kamu dapat menggunakan laptop kamu untuk menjalankan aplikasi, seperti Adobe Collection karena Chrome OS tidak mendukung.

Secara keseluruhan, Chrome OS lebih cepat dan lebih fleksibel saat ini daripada sebelumnya. Pondasinya masih web-centric, tetapi platform sekarang mendukung aplikasi Google Play dan Android, menjadikannya pendamping laptop yang ideal jika kamu memiliki ponsel Android.

4. Tentukan Kapasitas Memori RAM

  • Idealnya laptop sekarang adalah 8GB
  • Untuk gaming & grafis, RAM minimal 8GB
Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Header, Footer, dan Menyisipkan Nomor Halaman di Ms. Word

RAM, memori akses acak adalah apa yang digunakan laptop kamu untuk menyimpan data sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM.

Jika RAM terlalu kecil atau kehabisan RAM, kamu tidak akan dapat membuka apa-apa lagi atau menyelesaikan pekerjaanmu. Akhirnya laptop akan membeku dan perlu di-restart. Idealnya laptop sekarang setidaknya memiliki RAM sebesar 8GB dan 16GB. Bagi kebanyakan orang, 32GB atau lebih sudah lebih dari cukup hingga 64GB ke atas.

Jenis ram, Pemilihan RAM DDR3, DDR4, DDR5, untuk yang lebih bagus pasti DDR 5 tapi untuk saat ini DDR4 Sudah cukup dengan harga relatif lebih murah dibanding DDR5

5. Tips Memilih Laptop Berdasar Penyimpanan SSD atau HDD?

M.2 NVME vs SSD vs HDD Benchmark - YouTube

Storage Drive yang lebih penting daripada kecepatan CPU adalah kinerja drive penyimpanan. Jika kamu mampu membelinya dan tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal, dapatkan laptop dengan solid state drive daripada hard drive. Ruang penyimpanan di laptop kamu bergantung pada apa yang kamu gunakan untuk itu. Lebih baik membeli laptop dengan solid state drive (SSD), SSD akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat secara keseluruhan.

Graphics Chip untuk sebagian besar pengguna laptop, graphic chip terintegrasi (yang berbagi memori sistem) akan berfungsi dengan baik dan ditemukan di sebagian besar laptop. Jika kamu menggunakannya untuk bermain game, membuat grafik 3D, atau melakukan pengeditan video beresolusi tinggi, kamu pasti ingin meningkatkan ke prosesor grafis dari AMD atau Nvidia.

6. Perhatikan Kapasitas Baterai

Jika kamu membeli laptop besar atau rig game yang hanya akan digunakan di meja dekat stop kontak, kamu tidak perlu khawatir tentang masa pakai baterai. Namun, jika laptop yang kamu minati direncanakan untuk menggunakan di pangkuan kamu, meskipun di rumah dan atau di kantor maka kamu memerlukan daya tahan setidaknya 7 jam, baterai dengan daya lebih dari 8 jam ideal. Untuk menentukan masa pakai baterai kamu bisa mencari sumber yang objektif, seperti ulasan pembeli laptop tersebut.

Dengan melihat peringkat baterai dalam Watt-jam (Wh) atau milliamp-jam (mAh) semakin besar angka-angka ini, semakin lama baterai dapat bertahan. Misalnya, baterai dengan peringkat dari 44Wh hingga 50Wh akan memberi kamu ketahanan daya terbaik.

Hal penting lain yang harus dicari di sini adalah pengisian baterai yang cepat. Sama seperti smartphone, banyak laptop baru juga mendukung pengisian baterai dengan cepat, yang selalu bagus dalam keadaan darurat.

7. Perhatikan Kualitas Keyboard dan Touchpad

Tips Memilih Laptop

Jika kamu berencana untuk melakukan banyak pekerjaan dan butuh melakukannya dengan cepat, pastikan keyboard menawarkan umpan balik sentuhan yang solid, perpindahan tombol dan ruang yang cukup sehingga sesuai denganmu. Jika kamu membeli laptop Windows, pastikan laptop tersebut memiliki driver touchpad presisi.

Untuk sesi mengetik yang lama, pastikan keyboard juga memiliki lampu latar. Pada nilai nominal, itu mungkin tampak seperti detail yang biasa saja tetapi tombol dengan lampu latar membuatnya lebih mudah untuk melihat apa yang kamu ketik terutama di lingkungan yang memiliki pencahayaan yang kurang.

Baca Juga :  Jenis-jenis Layanan Jasa ISP (Internet Service Provider)

8. Cek Spesifikasi Layar

Tips Memilih Laptop

Mungkin kamu perlu mempertimbangkan apakah kamu perlu layer dengan fungsi sentuh? Belakangan ini layar sentuh sangat umum dan mereka dapat membuat beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah daripada yang lain. Beberapa merek menyertakan fitur ini sebagai standar barunya. Tapi jangan salah, fitur ini menuntut biaya tambahan yang bervariasi tergantung dengan tingkat sensitivitas yang diperlukan.

Sayangnya, memilih layar sentuh terkadang dapat menambah layar yang lebih mengkilap dan seringkali sedikit lebih rentan terhadap silau, cipratan air bahkan debu. Ini bisa menjadi kelemahan. Layar sentuh modern jauh lebih baik daripada pendahulunya tetapi kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan laptop yang tidak memiliki layar sentuh.

Selanjutnya, pastikan untuk melihat resolusi pada laptop apa pun yang ingin dibeli memiliki resolusi 1920×1080 piksel (Full HD), ini dianggap minimum, kamu tidak akan menyesal. Pada beberapa laptop tertentu, sekarang menawarkan resolusi 4K.

Namun, panel layar kelas atas ini umumnya merupakan tambahan yang memiliki harga mahal untuk produk yang biasanya sudah mahal. 4K adalah tambahan yang hanya akan bermanfaat bagi mereka yang benar-benar membutuhkannya seperti profesional content creator atau gamers.

Akurasi warna yang lebih baik dan mendukung gamut warna yang lebih luas dan standar HDR juga menjadi hal mendasar. Hal utama yang kamu cari di sini adalah Delta E <1 akurasi warna dan cakupan 100% dari gamut warna DCI-P3.

9. Tips Memilih Laptop Berdasar Ukuran dan Bentuk

Ukuran laptop dipengaruhi oleh apa yang akan kamu lakukan dengan laptop kamu, pastikan memilih ukuran yang pas untuk keperluan kamu. Ukuran tidak seperti RAM atau ROM laptop, kamu tidak akan dapat mengupgrade atau menggantinya. Faktor bentuk apa pun yang dipilih haruslah bijak.

Ukuran laptop cenderung mulai dari 11 inci sampai 17 inci. Sebagian besar merek ternama, seperti HP, Dell, ASUS, dan Acer cenderung menawarkan ukuran layar mulai dari 13 inci, sampai 17 inci. Jelas, jika portabilitas adalah prioritas, kamu dapat memilih laptop berukuran lebih kecil yang cenderung lebih tipis dan lebih ringan daripada model laptop lain yang lebih besar dan agak berat. Cari laptop yang memiliki layar berukuran minimal 12 dan berat antara 1kg sampai 1,5kg.

10. Cek Kualitas Produksi

Tidak peduli seberapa hati-hati kita, kebanyakan laptop pasti akan mungkin dapat terjatuh, terlempar dan tertindih. Untuk alasan itu, ada baiknya memeriksa berapa banyak pengujian yang telah dilakukan guna ketahanan laptop atau apakah ada sertifikasi yang dapat dipercaya.

Laptop modern walaupun tergolong ringan dan tipis, seringkali lebih kokoh untuk menahan cipratan air dan debu. Beberapa dibangun khusus untuk lingkungan yang membutuhkan daya tahan dan dilengkapi dengan sertifikasi perlindungan tingkat militer.

MIL-STD-810G adalah standar yang digunakan oleh Militer AS untuk menunjukkan tingkat ketahanan minimum yang dijamin. Produk yang sesuai telah berhasil melewati tantangan 29 tes terpisah yang mengukur ketahanan terhadap goncangan, panas, dingin, kelembapan, dan lainnya.

MIL-STD-810G telah menjadi hal umum di teknologi konsumen dalam beberapa tahun terakhir. Cara yang lebih baik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melihat desain laptop yang dibuat seputar daya tahan.