Memilih Smart TV

Tips Memilih Smart TV Buat Kalian Yang Berencana Membelinya

masbejo.com *_* Tips Memilih Smart TV Buat Kalian Yang Berencana Membelinya – Semakin berkembangnya teknologi kita semakin dipusingkan dengan semakin banyaknya pilihan dalam membeli Televisi. Di era digital seperti sekaran ini semakin banyak Smart TV dengan berbagai merek dan harga.

Saat ini sudah banyak dijual Smart TV  dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi. Bahkan, beberapa Smart TV memiliki fitur-fitur tambahan yang belum pernah ada sebelumnya. Tak heran apabila Anda cukup kesulitan produk seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda. Sebelum kalian membelinya berikut kami berikan Tips Memilih Smart TV Buat Kalian Yang Berencana Membelinya.

1. Pemilihan Merk Smart TV

Tips membeli Smart TV pertama adalah memilih merk tv yang kamu ingin beli. Setiap merk televisi menawarkan garansi, lokasi, dan kualitas layanan purna jual yang berbeda-beda dari satu merk ke merk tv lainnya.

Untuk garansi misalkan, kebanyakan brand menawarkan garansi tiga tahun. Namun, jika kamu teliti ada juga brand yang di mana hingga saat ini merupakan brand satu-satunya yang menawarkan garansi tv lima tahun penuh.

Layanan purna jual tak kalah pentingnya. Kemudahan dalam mengklaim garansi hingga melaporkan kerusakan dari tv yang kamu beli bakal menjadi nilai tambah untuk memilih brand yang menawarkan hal tersebut.

Baca Juga :  Download Windows 7 Ultimate 32 Bit

Pastikan juga kamu mengecek service center di kotamu sebagai tips membeli smart TV lainnya. Jangan sampai kamu sudah memiliki smart TV dari brand yang justru tidak memiliki service center di kota tempat tinggalmu.

Merk TV LED Terbaik 2014

2. Cek Kembali Ukuran Layar dan Luas Ruangan

Tips membeli smart TV berikutnya adalah mengecek kembali ukuran layar tv idaman dan luas ruangan di mana tv diletakkan. Ukuran layar tv yang besar bisa saja tidak cocok untuk kamu jadikan sebagai tv utama.

Ada beberapa panduan yang bisa kamu coba aplikasikan. Jika jarak pandangnya kurang dari 150 cm, kamu bisa memilih smart TV 32 inci. Namun, jika berada di antara 150 hingga 180 cm, pilihlah tv berukuran 43 inci.

Jika ruangan di rumah cukup lega kurang lebih di dua meter, 46 atau 50 inci adalah ukuran ideal yang perlu dipertimbangkan. Nah, jika empat meter ke atas, kamu bisa beralih ke panel 55 atau 60 inci.

Setelah mengetahui tips membeli smart TV ini, mulai mengukur luas ruangan tempat televisinya akan disimpan. Pastikan, bahwa kamu membeli tv yang cocok agar kamu mendapatkan pengalaman menonton yang maksimal.

9 Tips Pemasangan Bracket Dinding yang Baik, Dijamin Aman Banget! - Arafuru
Ukuran layar dan luas ruangan

3. Pertimbangkan Jenis Layar

Perkembangan teknologi tak hanya dirasakan dari smartphone yang kamu gunakan saat ini. Pesatnya teknologi berkembang pun berlaku juga pada layar televisi yang ada saat ini khususnya pada smart TV di pasaran.

Oleh karena itu, mempertimbangkan jenis layar tv adalah tips membeli smart TV lainnya. Saat ini, kamu bisa memilih smart TV yang ada di pasaran dalam tiga jenis layar utama yakni OLED, QLED, dan juga LED.

Jenis layar utama tersebut pun memainkan peran vital dalam menampilkan kualitas video yang menjanjikan. Oleh karenanya, kamu pun wajib mengetahui perbedaan ketiganya sebagai tips membeli smart TV lainnya.

Baca Juga :  Pengertian, Fungsi dan Jenis Cache Memory

Untuk penjelasan mudahnya, OLED dan QLED memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibanding layar LED. Namun, tentu saja harga menjadikan tv dengan OLED dan QLED memiliki harga yang terbilang cukup mahal.

Jenis layar smart TV tips membeli smart TV

QLED dengan teknologi terbaru yang memaksimalkan kualitas warna

Quantum LED (QLED) menggunakan quantum dots yang membuat kualitas tampilan warna menjadi lebih baik dibanding TV LED pada umumnya. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kecerahan warna yang lebih terang.

Selain itu, kualitas warna hitam yang diberikan juga lebih gelap dibanding TV LED meskipun belum hitam sempurna. Ditambah dengan contrast ratio yang tinggi, QLED menawarkan tampilan yang lebih indah.

TV dengan layar QLED biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibanding LED biasa. Hal ini sebanding dengan kualitas dan teknologi yang digunakan QLED dibanding tipe layar lainnya. Namun, harga yang dipatok tidak semahal TV berlayar OLED. Jadi, jangan lupa pertimbangkan budget Anda, ya!

OLED yang tipis, ringan, dan mampu menghasilkan warna gelap sempurna

OLED yang tipis, ringan, dan mampu menghasilkan warna gelap sempurna

Organic light emitting diode (OLED) merupakan pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Karena layar OLED tidak memerlukan backlight, bobotnya lebih ringan dan satu per delapan kali lebih tipis daripada layar LCD. Selain itu, layar OLED dapat memproduksi warna gelap lebih baik dan sempurna dibanding layar LCD.

Reputasi dan keindahan gambar yang dihasilkan layar OLED memang sudah terbukti. Tak heran jika harganya pun lebih tinggi ketimbang TV LCD. Di sisi lain, ketahanan TV OLED hanya separuh dari TV LCD. Namun, jika Anda lebih mementingkan kualitas gambar daripada ketahanan dan harga, tipe ini cocok untuk Anda.

Pilih layar LCD dengan IPS agar tetap tajam dilihat dari sudut mana pun

Pilih layar LCD dengan IPS agar tetap tajam dilihat dari sudut mana pun

Berhubung TV 4K memiliki ukuran layar yang lebar, sadarilah bahwa tampilan TV bisa berbeda tergantung dari sudut Anda melihatnya. Terdapat dua sistem dari layar LCD yang memengaruhi tampilan layar, yaitu sistem VA (vertical alignment) dan sistem IPS (in-place switching).
  • Panel VA memiliki kekontrasan yang tinggi dan color depth yang baik. Namun, sudut pandangnya terbatas, yaitu hanya dari depan. Dengan begitu, TV dengan panel VA ini lebih cocok diletakkan di kamar pribadi.
  • Panel IPS dapat menciptakan warna yang bagus dengan sudut pandang yang luas, dari depan ataupun dari samping. Namun, kelemahan IPS ini adalah kemampuan kontrasnya yang rendah. Meski begitu, TV berpanel IPS yang dapat dilihat dari sudut pandang luas lebih berguna saat diletakkan di ruang keluarga.

4. Memilih Resolusi Layar yang Tepat

Tak hanya soal jenis layar, resolusi layar pun menjadi elemen penting lainnya yang wajib kamu pikirkan matang-matang. Pasalnya, tips membeli smart TV ini pun bakal memengaruhi pengalamanmu dalam menonton televisi.

Sejauh ini, ada dua resolusi yang bisa kamu pilih yakni Full HD dan juga 4K. Keduanya memiliki piksel yang berbeda cukup jauh di mana 1920 x 1080 piksel untuk Full HD dan 3840 x 2160 piksel untuk resolusi 4K.

Semakin besarnya inci dari smart TV yang dipilih, kerapatannya pun semakin berkurang. Hal ini pun layak untuk kamu pertimbangkan jika kamu memilih smart TV yang memiliki resolusi Full HD di atas 40 inci.

Di samping resolusi layar, memilih refresh rate pun jadi tips membeli smart TV yang wajib diaplikasikan. Saat ini, kebanyakan smart TV memiliki refresh rate di angka 60 Hz dan beberapa smart TV lainnya di angka 120 Hz.

Apakah Membeli TV 4K Sebanding dengan Harga dan Kualitasnya?

 

5. Riset soal Fitur dan Konektivitas

Fitur sebuah smart TV layak untuk dipertimbangkan. Fitur ini sendiri pun bakal semakin memusingkanmu tatkala perbedaan harga yang sedikit bisa menjadikan fitur yang dibawa oleh televisinya berbeda sedikit saja.

Misalkan saja, ada smart TV yang menawarkan HDR10 yang mampu menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Selain itu, Dolby Audio pun jadi fitur yang layak dipilih untuk dapatkan suara yang lebih menggelegar.

Di samping fitur, kamu pun wajib cermat dalam mengecek konektivitas smart tv idaman. Tips membeli smart TV ini pun agar kamu bisa mendapatkan kenikmatan dalam menonton yang disambungkan berbagai perangkat elektronik.

Beberapa konektivitas penting yang wajib ada dari sebuah smart tv adalah port USB, Bluetooth, dan juga HDMI. Biasanya, kamu bakal mendapatkan HDMI 2.1 dari smart TV yang memiliki resolusi layar 4K.

Fitur dan konektivitas smart TV tips membeli smart TV

6. Memilih Sistem Operasi yang Tepat

Tips membeli smart TV lainnya adalah cermat dalam memilih sistem operasi yang tepat. Sama seperti halnya sebuah smartphone, ada berbagai macam sistem operasi yang diadopsi oleh banyak smart TV.

Beberapa sistem operasi yang mudah dijumpai adalah Firefox, Tizen, hingga Android. Di antara ketiganya, kamu mungkin lebih familiar dengan Android karena sistem operasi tersebut banyak digunakan smartphone terkini.

Tak mengherankan jika kamu pun memilih Android TV sebagai pilihan tv yang ingin dibeli. Namun, bagi kamu yang senang dengan hal-hal baru, sistem operasi lainnya pun tak kalah menarik untuk kamu coba pilih.

Tips membeli smart TV ini pun bakal kembali ke masing-masing orang. Hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah aplikasi yang dibutuhkan untuk menemani momen menonton film atau serial televisi favorit pun tak akan terganggu.

Samsung kini izinkan Tizen OS diadopsi vendor TV pintar lain

 

7. Pertimbangkan Harga dan Bujet

Tips membeli smart TV terakhir adalah mengecek harga tv yang kamu incar. Tak hanya itu, kamu pun wajib mempertimbangkan harga yang dipatok dengan bujet yang sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari.

Perbedaan harga dari satu tv ke tv lain yang tak terlampau jauh membuatmu wajib memilih tv yang pas. Hilangkan faktor-faktor tak penting yang memungkinkanmu melakukan kesalahan dalam memilih tv yang diincar.

Tak usah tergiur dengan televisi keluaran terbaru. Tak semua televisi keluaran baru menawarkan fitur yang berbeda jauh dengan keluaran sebelumnya. Bahkan, ada beberapa yang hanya menawarkan minor upgrade.

Tips membeli smart TV lainnya adalah untuk jangan terburu-buru. Kamu bisa memanfaatkan momen diskon seperti tanggal cantik di beberapa e-commerce serta akhir tahun untuk dapatkan harga yang affordable.