Tips Memilih SSD

masbejo.com *_* Tips Memilih SSD – SSD semakin populer untuk penyimpanan data berkat kemampuannya meningkatkan kecepatan komputer / laptop dan tidak cepat panas ataupun berisik seperti Harddisk. Hal ini sangat penting, terutama bagi pengguna laptop. Saat ini, berbagai produsen ternama, seperti ADATA, Western Digital, Transcend, Samsung, SanDisk, dan lainnya telah mengeluarkan berbagai produk SSD dengan keunggulannya masing-masing.

 

Untuk kapasitas yang sama, Solid State Drive (SSD) umumnya ditawarkan dengan harga lebih mahal dibandingkan dengan Harddisk (HDD). Namun, nilai lebih yang dimilikinya menjadikan SSD layak untuk dibeli. Lantas bagaimana caranya memilih SSD yang tepat? Simak pembahasan kali ini dan temukan produk yang kamu butuhkan dari SSD terbaik yang DiKlikAja.com rekomendasikan!

 

Ingin beralih dari Hardisk ke SSD? Yuk kenali dulu tipe SSD biar tidak salah – SatukanIndonesia.com

Cara Memilih SSD

Selain melihat faktor performa saat memilih, kamu juga harus memastikan apakah SSD tersebut bisa digunakan pada PC atau laptop milik kamu. Ada banyak kasus di mana ketika membeli SSD sebagai komponen baru untuk modifikasi computer/laptop, kamu hanya melihat performa-nya saja. Namun, saat dipasangkan ke perangkat, ternyata tidak bisa dipakai atau tidak sesuai. Sayang sekali kan barang yang sudah kamu beli tidak bisa ditukar kembali.

 

1. Pilih Sesuai Standar Interface Terminalnya

Selain memperhatikan SSD itu sendiri, perhatikan juga kabel yang digunakan. Terdapat beberapa tipe kabel yang menghubungkan PC dengan SSD. Saat ini, tipe kabel populer yang banyak digunakan adalah SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Namun, beberapa PC masih menggunakan kabel tipe lawas, yaitu IDE (Integrated Development Environment).

Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Redmi 10A HP Murah 1 Jutaan

 

Tipe IDE menghubungkan kabel berbentuk pipih lebar dengan konektor yang terdiri dari beberapa pin pada PC, sedangkan SATA berukuran lebih kecil dan memiliki bentuk huruf L pada kepala kabel. Jadi, dengan melihat bentuknya kamu dapat membedakannya. Cek dulu bentuk kabel ini sebelum membeli.

 

2. Pilih Berdasarkan Ukuran SSD

 

Ukuran SSD pun harus diperhatikan. Umumnya, ukuran HDD untuk desktop PC adalah 3,5 inci, sedangkan untuk laptop berukuran 2,5 inci. Sebaliknya, SSD dibuat dengan ukuran seragam, yaitu 2,5 inci. Jika kamu menggunakan desktop PC, sebaiknya menyiapkan dudukan tempat memasukkan SSD secara terpisah. Sementara untuk PC keluaran terbaru, sudah ada yang langsung terpasang SSD di dalamnya.

 

Selain itu, SSD juga tersedia dalam beberapa ketebalan. Meskipun secara umum ketebalannya 7 mm, ada pula yang memiliki ketebalan 9 mm. Oleh sebab itu, kamu harus mengecek HDD pada komputer kamu sebelum menentukan pilihan.

 

3. Pilih Kapasitas Penyimpanan Data Sesuai Tujuan Pengunaan

 

Semakin besar kapasitas suatu media storage, semakin banyak pula jumlah data yang dapat disimpan. Akan tetapi, ini berarti harganya juga semakin mahal. Oleh sebab itu, pilihlah sesuai dengan tujuan pengunaan kamu.

 

Meskipun begitu, belakangan ini harga SSD sudah semakin terjangkau. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan SSD pada komputer / laptop kamu. Pada bagian selanjutnya kami akan membahas kapasitas penyimpanan dari SSD sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Silakan baca satu per satu ya!

 

– 128 GB / 256 GB: kapasitas kecil untuk pemakaian Internet atau menyimpan foto kualitas standar

Jika pemakaian utama komputer kamu adalah untuk mengakses Internet, SSD dengan kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB (gigabytes) saja sudah cukup. Kapasitas ini juga cukup memadai untuk menyimpan foto atau video yang diambil dari kamera digital atau mengimpor musik dari CD.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Windows Kita 32 bit atau 64 bit

 

– 512 GB: kapasitas penyimpanan sedang, rekomendasi bagi gamers

Bagi orang yang mengunduh online game dari platform digital yang mengumpulkan, menyalurkan, dan menjual data games yang dimiliki oleh pengembang, ataupun menyimpan data film di PC/laptop, rekomendasi kapasitas SSD yang dianjurkan adalah 512 GB. Dengan berkembangnya grafik 3D, game membutuhkan storage data besar. Oleh sebab itu, perhatikan kapasitas SSD yang dipilih, jangan sampai kekurangan.

 

– 512 GB / 1 TB, untuk creator dan high-end-user

SSD dengan kapasitas besar 512 GB – 1 TB (terabytes) adalah rekomendasi bagi creator yang memiliki data dalam jumlah besar dan mengutamakan speed dalam mengolahnya, misalnya untuk mengedit film. Saat merekam atau mengedit video, kapasitas penyimpanan menjadi lebih cepat menjadi penuh. Jadi, pilihlah SSD yang berkapasitas besar.

 

 

4. Pilih berdasarakan write speed-nya

Dengan menggunakan SSD berkapasitas lebih dari 128 GB, kemampuannya dalam membaca dan menulis data relatif sudah lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Akan tetapi, sebisa mungkin pilihlah yang memiliki kecepatan read & write lebih tinggi untuk kenyamanan pengunaan komputer / laptop.

 

Umumnya, spesifikasi yang semakin tinggi dijual dengan harga yang lebih tinggi. Jika kamu mengolah file dengan ukuran besar, seperti mengedit film beresolusi tinggi, utamakanlah SSD yang memiliki kemampuan read & write yang cepat.