Perayaan Idul Fitri atau lebaran menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia

6 Makanan Idul Fitri Khas Indonesia yang Populer

Saat lebaran menyambut kemenangan setelah sebulan berpuasa, tentu tidak lengkap tanpa aneka makanan Idul Fitri. Ada banyak hidangan lebaran yang populer dan banyak peminatnya. Dalam artikel ini akan disebutkan beserta penjelasannya. 

Aneka Makanan Idul Fitri

Di bawah ini akan menyajikan penjelasan mengenai makanan yang sering kali dimasak saat lebaran. Bagi seseorang yang belum tahu, silakan simak baik-baik pembahasan berikut. 

  • Ketupat

Makanan khas Idul Fitri yang paling ikonik adalah ketupat. Hidangan ini dari beras, kemudian dimasak dalam bungkusan daun kelapa muda yang dianyam. Bukan hanya hidangannya, bahkan ornamennya pun seringkali dijadikan dekorasi Hari Lebaran. 

Ketupat ini dihidangkan sebagai pengganti nasi dan cocok disantap dengan berbagai lauk lebaran lainnya. Misalnya opor ayam, sayur lodeh, dan lain sebagainya. 

  • Makanan Idul Fitri Opor Ayam

Hidangan yang kedua ini pasti sudah tidak asing lagi. Opor ayam adalah olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan. Tidak lupa pula dilengkapi dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia. 

Misalnya kencur, serai, kunyit, dan garam. Pengolahannya cukup mudah, apalagi sudah banyak resepnya di internet. Hidangan ini biasanya dimakan bersama ketupat dan akan menjadi perpaduan yang sangat nikmat. 

Baca Juga: 6 Ide Hiasan Idul Fitri untuk Sambut Lebaran

  • Sambal Goreng Ati

Makanan hidangan Idul Fitri selanjutnya adalah sambal goreng ati. Hidangan ini berbahan dasar Ati dan ampela ayam yang dicampur dengan sayur lainnya. Misalnya buncis atau kentang. 

Jika memasak sambal goreng kentang ati biasanya kedua bahan utamanya dipotong dadu. Kemudian, dimasak dengan berbagai rempah yang bisa membuatnya menjadi hidangan yang lezat. 

  • Rendang

Makanan ini berasal dari Padang. Namun, terkadang orang-orang di wilayah lainnya juga ikut membuatnyanya. Makanan dari Padang tentu tidak akan lepas dengan berbagai rempahnya yang melimpah. 

Baca Juga :  Biodata Hesti Purwadinata

Biasanya menggunakan cabai, lengkuas, serai, jahe, kunyit, dan bawang. Selain itu, juga dimasak dengan santan kelapa. Kemudian proses masaknya dipanaskan secara berulang-ulang. Dengan berbagai perpaduan rempah tersebut, maka akan menghadirkan rasa manis, asin, dan gurih. 

Pada umumnya, rendang menggunakan daging sapi. Akan tetap, juga ada yang menggantikan daging kerbau sebagai gantinya. Jadi bisa memakai yang mana saja sesuai selera. Mengingat tekstur kedua daging tersebut tentu tidak akan sama. 

  • Sayur Lodeh

Menu makanan Idul Fitri ini merupakan hidangan khas Jawa Tengah. Namun di berbagai daerah lainnya pun tidak sulit untuk menemukannya. Kuah sayur lodeh ada beberapa macam yaitu berwarna putih dan perpaduan warna kuning kemerahan. 

Sayur yang dipakai untuk membuat lodeh biasanya menggunakan kacang panjang, labu siam, terong, tempe dan juga cabai. sayur ini biasanya dipadukan dengan serundeng, telur, atau empal. 

  • Serundeng 

Bagi seseorang yang kurang menyukai makanan berkuah, maka bisa menggantinya dengan serundeng ini. Makanan ini terbuat dari kelapa yang diparut kemudian diberikan bumbu rempah-rempah dan dicampur dengan suwiran daging. Tentu akan terasa gurih, bahkan hanya dengan lauk ini saja makan bisa nikmat. 

Itulah aneka makanan Idul Fitri yang populer. Baik di daerah asalnya sendiri atau pada wilayah lain. Selain itu, sebenarnya masih ada banyak menu yang sering dimasak saat lebaran. Misalnya semur daging, ayam woku, dan lain sebagainya.