7 Website dan Aplikasi Pendidikan Gratis dalam Program Belajar Dirumah

masbejo.com – 7 Website dan Aplikasi Pendidikan Gratis dalam Program Belajar Dirumah – Keputusan pemerintah dalam mencegah merebaknya covid-19 atau virus corona beberapa pecan ini pemerintah telah melakukan tindakan yang tepat untuk memutus tertularnya anak akan corona virus dengan program #belajardirumah. Semua jenjang pendidikan dari TK sampai perkuliahan disarankan untuk melakukan sistem pendidikan dengan cara daring atau online.

Media website dan aplikasi pendidikan banyak dicari oleh kalangan siswa maupun guru untuk mempermudah proses pembelajaran daring tersebut. Masbejo menyarankan 7 website yang cocok dan sangat direkomendasikan sebagai sarana belajar dirumah.

7 Website dan aplikasi tersebut merupakan milik pemerintah dan swasta yang memberikan layanan gratisnya disaat pandemic corona virus yang merebak di seluruh dunia.

7 website rekomendasi kemdikbud tersebut yang memberikan layanan onlinenya sebagai kebutuhan belajar masbejo uraikan disini diantaranya :

Rumah Belajar

Kementrian pendidikan dan kebudayaan RI ( Kemdikbud RI ) telah mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh atau daring dengan berbasis portal dan android bernama Rumah Belajar. Beberapa fitur dan layanan yang dapat diakses oleh siswa maupun guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal yang berisi berbagai materi yang sudah dikembangkan oleh guru dan para duta rumah belajar. 

Rumah Belajar ( RB ) juga dapat dimanfaatkan oleh peserta didik maupun para guru baik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Google G Suite 

G Suite merupakan sebuah alat pembelajaran kolaboratif antara peserta didik atau siswa dan dan guru yang disediakan secara gratis oleh Google. Setiap Sekolah bisa memanfaatkan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah. 

Google G Suit For Education menyediakan fitur gratis Hangouts Meetnya Hingga 1 Juli 2020,. Layanan Hangouts Meet diantaranya meliputi kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton  dalam suatu domain, dan dapat melakukan pertemuan besar hingga 250 peserta setiap kelas, dan pertemuan besar tersebut  bisa dilakukan perekaman serta dapat disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari jika diperlukan.

Baca Juga :  7 Produk Sandal Jadul Yang Bikin Kangen Masa Lalu

“Dengan G Suite for Education, para peserta didik dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada,” hal ini telah disampaikan oleh Public Policy & Government Relations Manager Google Indonesia Danny Ardianto.

Kelas Pintar

Founder Kelas Pintar Fernando sangat mendukung langkah Kemendikbud dalam mengantisipasi dan meminimalisir penyebaran virus corona di Indonesia. Fernando mengatakan , penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, tak lantas membuat proses belajar siswa terhenti. 

Peserta didik akan bisa terus belajar di rumah, gurupun bisa juga memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa, dan orang tua bisa juga bisa memonitor perkembangan belajar anaknya dirumah. Semuanya bisa dilakukan dengan solusi pendidikan berbasis teknologi seperti yang di sediakan di  Kelas Pintar.

Uffi menjelaskan bahwa “Selama satu bulan ke depan, guru maupun peserta didik di seluruh Indonesia dapat menggunakan solusi belajar daring dari Kelas Pintar secara free atau gratis. Supaya proses pembelajaran siswa tetap bisa berjalan, kapanpun,dimanapun dan dari manapun,”

Microsoft Office 365

PT. Microsoft Indonesia menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan.  Untuk memanfaatkan
fasilitas ini, pihak sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital para guru dan murid. Sekolah bisa mendaftarkan dulu domain sch.

Dengan fasilitas Teams dalam Office 365, proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital dan guru bisa bertatap muka dengan murid melalui fasilitas video conference bila dibutuhkan. 

“Guru dapat mengirimkan materi ajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada para muridnya. Demikian pula para murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lain di dalam teams class tersebut,” jelas Benny.

Baca Juga :  7 Kebiasan Blogger Yang Sering Tidak Disadari

Proses verifikasi berlangsung cepat dan dipandu oleh team dari Microsoft langsung, sekolah mendapatkan 505.000 lisensi untuk guru dan pelajar.

Quipper School

Content Associate Manager Quipper Hanani Faizah seperti yang di terangkan di dalam kumparan bahwa Quipper  memberikan akses dan material secara gratis untuk  sekolah, guru, dan peserta didik.
Guru dan sekolah juga dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa.   

 

Ruangguru  

CEO Ruangguru Belva Devara sekaligus Pendiri Ruangguru juga menyampaikan, pembukaan Sekolah Online Ruangguru secara Gratis. Melalui program tersebut, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring atau live teaching yang bisa dilakukan setiap hari Senin sampai Jumat, seperti sekolah biasa. 

Terdapat 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan professional yang disediakan oleh ruangguru dalam layanan gratisnya.

Zenius

Zenius menyatakan  Jika sebelumnya belajar secara mandiri dianggap tidak terarah dan terukur, Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur.

Demikian pembahasan terkait 7 Website dan Aplikasi Pendidikan Gratis dalam Program Belajar Dirumah.

Tetap #belajardirumah

Tinggalkan komentar