Bagian-bagian dan Ekstensi File pada Microsoft PowerPoint 2010

Bagian-bagian dan Ekstensi File pada Microsoft PowerPoint 2010

masbejo.com – Bagian-bagian dan Ekstensi File pada Microsoft PowerPoint 2010. Kita sebelumnya telah mempelajari Ribbon Tab dari Microsoft PowerPoint. Kali ini kita akan mempelajari tentang bagiann-bagian dari Microsoft PowerPoint 2010 dan juga extensi penyimpanan file yang sudah kita buat.

Bagian-bagian dari Microsoft PowerPoint  2010

bagian ppt

Keterangan:

1Quick AccessTool bar yang berisi tombol-tombol praktis untuk mengerjakan beberapa perintah tertentu
2Tool bar Microsoft OfficeTombol yang berisi sebuah menu pull down untuk pengaturan file
3Bakstage ViewNama file yang sedang dibuka
4Title Bar toolBar berisi tombol-tombol praktis untuk mengerjakan berbagai perintah
5RibbonPanel yang menampilkan thumbnail atau outline slide
6Panel Slides/Outline Slide PanelLembar presentasi
7PlaceholdersTempat untuk mengetik tulisan, memasukan gambar, dan objek lainnya
8Nomor SlideDengan format x of y, x mewakili nomor slide yang aktif dan y mewakili jumlah slide
9Theme NameTheme yang digunakan oleh slide
10Note PaneUntuk memberikan catatan terhadap suatu slide
11Button ViewUntuk mengatur tampilan slide
12Zoom SlideUntuk memperbesar atau memperkecil tampilan slide
13Button fit slide to Curent WindowsUntuk mengatur tampilan slide sedemikian rupa sehingga tepat memenuhi jendela yang tersedia.

Setelah file presentasi yang kamu buat sudah selesai dibuat, kamu harus menyimpannya agar file tersebut tidak hilang. Sebelumnya, kamu perlu mengetahui bahwa file PowerPoint dapat disimpan dalam bentuk beberapa format, yaitu:

Format Penyimpanan File di Microsoft PowerPoint

  1. Ekstensi *. PPTX (PowerPoint Presentation). Kamu dapat menyimpan dokumen yang kamu buat sesuai dengan format Microsoft PowerPoint 2010. Penyimpanan ini tidak bisa dibuka dengan versi Microsoft sebelumnnya seperti Microsoft PowerPoint 2003 atau 2007.
  2. Ekstensi *.PPS (PowerPoint Show). File/dokumen yang disimpan dalam ekstensi ini berbentuk file presentasi yang siap ditayangkan (tampilan Slide Show) dan tidak menyertakah dokumen aslinya sehingga kamu tidak bisa mengubahnya.
  3. Ekstensi *.PPT (PowerPoint 97-2003 Presentation), menyimpan copy dari presentasi yang kamu buat dengan format yang dapat dibuka di PowerPoint 97-2003.
  4. Ekstensi *.POT (PowerPoint Template). Ekstensi ini membuat file menjadi sebuah template, sehingga modelnya dapat digunakan untuk presentasi yang lain.
  5. Find Add-Ins for other file format. Kamu dapat menyimpan dokumen yang kamu buat dalam bentuk file (format) yang lain, misalkan pdf dan xps.
  6. Other Formats. Akan ditampilkan kotak dialog Save As. Kamu dapat memilih format file yang tersedia sesuai dengan yang kamu butuhkan.
Baca Juga :  Cara Mudah Menukar Posisi, Menyisipkan, dan Menambahkan Latar Belakang Slide PowerPoint

Setelahnya kamu dapat menyimpan file/dokumen yang sudah kamu selesaikan. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk menyimpan file presentasi yang sudah kamu buat.

Langkah-langkah Menyimpan File Presentasi

  1. Klik Office Button, lalu pilih Save atau Save as (F12).

Pada Save as, kamu akan langsung disediakan format ekstensi penyimpanan yang dapat kamu pilih. Seperti gambar dibawah ini.

save as

Jika kamu memilih Save, maka akan langsung muncul tampilan dibawah ini.

save
  1. Pada tampilan diatas pada kolom File Name tuliskan nama file dan pada kolom Save as Type pilih format penyimpanan sesuai dengan yang kamu butuhkan.
  2. Kemudian klik Save.

Nah, itulah penjelasan dari bagian-bagian dari program Microsoft PowerPoint 2010, ekstensi penyimpanan, dan cara menyimpan file/dokumen yang sudah selesai kamu buat.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.