Hubungan Antara Modem dan Router
Hubungan Antara Modem dan Router

Hubungan Antara Modem dan Router

masbejo.com – Hubungan Antara Modem dan Router. Modem dan router merupakaan salah dua dari beberapa piranti yang digunakan dalam internet maupun jaringannya. Modem dan router memiliki peran yang penting dalam internet maupun jaringan. Tanpa modem, proses pengubahan isyarat tidak akan terjadi. Demikian pula jika tidak ada router, isyarat tidak akan dapat ditransfer ke jaringan yang lain.

Dasar sistem telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dapat berbentuk analog maupun digital. Isyarat analog atau disebut juga dengan isyarat kontinu karena bentuknya berupa gelombang kontinu yang membawa infomasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Isyarat analog mempunyai ciri, yaitu memiliki amplitudo dan frekuensi. Dengan adanya perangkat keras ini maka sinyal digital dapat diubah menjadi sinyal analog, sehingga data dari komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau saluran lainnya.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Dalam praktiknya, komunikasi antarkomputer kadang mengalami perubahan dari isyarat analog ke digital dan sebaliknya. Sebagai contoh komunikasi dua buah komputer yang melibatkan jaringan telepon, melakukan perubahan isyarat seperti berikut: komputer pertama mengirimkan isyarat digital dan kemudian oleh peranti modem akan diubah menjadi isyarat analog. Isyarat analog inilah yang mengalir pada jaringan telepon. Selanjutnya, isyarat analog diubah oleh modem menjadi isyarat digital pada bagian penerima.

modem dan router

Fungsi Modem

Kegunaan modem adalah mengubah isyarat digital menjadi isyarat analog pada sisi pengirim dan mengubah isyarat analog menjadi isyarat digital pada sisi penerima. Pada saat sebuah komputer mengirimkan data ke internet, maka modem akan mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara sehingga sinyal tersebut dapat dilewatkan melalui kabel telepon. Pada sisi penerima, modem akan mengubah sinyal suara dari kabel telepon menjadi sinyal digital sehingga komputer penerima dapat membaca sinyal tersebut.

Baca Juga :  Penggunaan Teknologi Informasi (Dampak Positif dan Negatif)

Fungsi Router

Router akan memungkinkan kamu untuk menjalankan fungsi sebagai berikut.

  1. Menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda.
  2. Menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringan pada lokasi lain.
  3. Membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan-jaringan yang lebih kecil dan mudah dikelola.
  4. Memungkinkan jaringan perusahaan dihubungkan ke internet dan informasi yang tersedia dapat diakses oleh siapa saja di luar perusahaan.
  5. Mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data ke tujuan.
  6. Melindungi jaringan dari pemakai-pemakai yang tak berhak dengan cara membatasi akses terhadap data kamu

Jadi modem dan router memiliki peran penting dalam internet dan jaringnnya. Salah satunya adalah modem berfungsi isyarat digital menjadi isyarat analog pada sisi pengirim dan mengubah isyarat analog menjadi isyarat digital pada sisi penerima. Sedangkan router menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protokol yang berbeda.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *