excel

Kegunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Pekerjaan

masbejo.com – Kegunaan Perangkat Lunak Aplikasi dalam Pekerjaan. Semakin beragam pekerjaan yang ada saat ini, mendorong terciptanya banyak aplikasi yang dirancang untuk mempermudah pekerjaan manusia. Saat ini banyak program aplikasi yang beredar dan digunakan masyarakat, antara lain aplikasi perkantoran, multimedia, grafis dan banyak program lain yang semakin memanjakan para pemakainya. Perkembangan program aplikasi akan menuntut pula perkembangan perangkat kerasnya. Pada bahasan ini kalian dapat memahami beberapa kegunaan dari beberapa program aplikasi.

Aplikasi Perkantoran

Perangkat lunak yang ditujukan untuk membantu tugas-tugas yang sering dilakukan pada sebuah kantor atau perusahaan. Beberapa perangkat lunak yang termasuk aplikasi perkantoran antara lain:

  1. Spreadsheet
excel

Spreadsheet/worksheet (lembar kerja) adalah program untuk mengelola data dalam bentuk tabel. Tabel dalam lembar kerja disusun atas sejumlah baris dan kolom, dengan setiap baris dan kolom mempunyai nama tersendiri. Dalam perangkat lunak ini terdapat fungsifungsi khusus yang mencakup rumusrumus keuangan, matematika, dan statistika sehingga akan membantu pemakainya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Microsoft Excel (termasuk dalam paket perangkat lunak Microsoft Office) merupakan contoh spreadsheet pada lingkungan sistem operasi Windows yang saat ini hampir semua orang Indonesia apabila akan mengolah angka maupun tabel mereka menggunakan program Microsoft Excel.

2. Word Processor

word

Word processor atau pengolah kata adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dokumen. Microsoft Word (termasuk dalam paket perangkat lunak Microsoft Office) merupakan contoh pengolah kata pada lingkungan sistem operasi Windows yang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya, maka hampir dipastikan jika kalian melihat orang mengetik laporan, undangan, dan beberapa pekerjaan yang lain mereka menggunakan Microsoft Word. Selain familier Microsoft Word merupakan sebuah program pengolah kata yang tidak membutuhkan jenis komputer dengan spesifikasi tinggi.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kelemahan Internet

3. Program Presentasi

ppt

Program presentasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat bahan presentasi dan sekaligus untuk berpresentasi. Microsoft PowerPoint (termasuk dalam paket perangkat lunak Microsoft Office) merupakan contoh program presentasi pada lingkungan sistem operasi Windows.

4. Database Management System

Perangkat lunak yang ditujukan untuk melaksanakan manajemen data. Sebagai contoh Microsoft Access (termasuk dalam paket perangkat lunak Microsoft Office), Microsoft Visual FoxPro, dbase III, Visual Clipper dan lain sebagainya. Perangkat lunak ini sangat membantu pemakainya dalam menangani dan mengelola data-data yang membutuhkan sebuah pengelompokan dan pengolahan matematik serta pengurutan.

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perkembangan perangkat lunak ini didukung dengan perkembangan pesat teknologi multimedia, yaitu teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar, dan video. Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan multimedia, antara lain:

  1. CorelDRAW, Adobe Photoshop , merupakan perangkat lunak untuk aplikasi desain grafis yang banyak digunakan untuk mendesain brosur, spanduk, animasi dan lain sebagainya. Hampir semua desainer menggunakan perangkat lunak ini selain mudah mempelajarinya perangkat lunak ini selalu diperbarui versinya sehingga setiap kebutuhan pemakai akan dimudahkan oleh perangkat lunak ini.
  2. RealPlayer, merupakan perangkat lunak untuk memainkan file musik, video dan entertainment, mungkin kalian tidak asing lagi terhadap perangkat lunak Winamp, Window Media Player dan lain sebagainya yang mempunyai fungsi yang sama dengan RealPlayer.
  3. Adobe Premiere, merupakan perangkat lunak untuk membuat dan mengedit film dalam berbagai format.
  4. Macromedia Flash MX, merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi animasi.

Perangkat Lunak Aplikasi Internet, Komunikasi dan Jaringan

Perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung pemanfaatan internet dan jaringan. Beberapa perangkat lunak yang terkait dengan internet, komunikasi dan jaringan antara lain:

  1. Web Browser
Baca Juga :  Cara Mengoperasikan Keyboard Dan Mouse

Web browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi di internet. Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla Firefox merupakan contoh web browser.

2. E-mail Software

Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi melalui internet dengan electronic mail (E-mail) atau surat elektronik. Sebagai contoh adalah Microsoft Outlook.

3. ICQ

ICQ merupakan istilah dari “I Seek You”. Suatu perangkat lunak yang memungkinkan para penggunanya berkomunikasi melalui internet dengan menggunakan teks secara real-time (pada saat itu juga). Komunikasi ini populer disebut dengan chatting.

Perangkat Lunak Aplikasi Khusus

Perangkat lunak yang ditujukan pada bidang-bidang spesifik. Sebagai contoh yang termasuk dalam kategori ini:

  1. Program SPSS, perangkat lunak untuk analisis data statistik sering digunakan dalam bidang statistik.
  2. Program matematika dan MAPLE, merupakan perangkat lunak pada bidang kajian matematika.
  3. Program AutoCad, perangkat lunak untuk desain pada ilmu-ilmu teknik dan arsitektur atau rancang bangun.
  4. Program MYOB,DEA,GL, merupakan perangkat lunak akuntasi. Serta masih banyak lagi program-program khusus yang lain.

Itulah berbagai macam perangkat lunak aplikasi yang dapat memudahkan kamu dalam menyelesaikan tugas sekolah, tugas kantor, membuat desain, dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *