Mencari Informasi dengan Search Engine
Mencari Informasi dengan Search Engine

Mencari Informasi dengan Search Engine

masbejo.com – Mencari Informasi dengan Search Engine. Dulu perpustakaan merupakan sumber utama untuk mencari informasi, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kita tidak perlu repot untuk mencari buku di perpustakaan. Dengan adanya internet kita bisa mencari informasi apapun yang kita inginkan.  Internet juga sebetulnya dapat dikatakan perpustakaan, sebab internet memiliki berjuta-juta informasi dalam berbagai macam bentuk mencakup informasi dari berbagai negara di dunia ini. Informasi yang dapat kamu peroleh pun tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris, tetapi menggunakan hampir seluruh bahasa yang ada di dunia ini.

Mencari Informasi dalam Bentuk Teks

Kamu dapat menggunakan mesin pencari apa saja sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, misalnya kamu ingin mencari informasi mengenai Pendidikan Anak Usia Dini dengan menggunakan Google. Untuk melakukan pencarian, langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Ketik www.google.com pada baris alamat, lalu tekan Enter. Akan tampil halaman utama Google seperti di bawah ini.
google

2. Ketikkan kata kunci pencarian pada kotak isian search, misalnya Pendidikan Anak Usia Dini, lalu akan muncul beberapa bahasan mengenai Pendidikan Anak Usia Dini, mengenai Pendidikan Anak Usia Dini menurut para ahli, Pendidikan Anak Usia Dini di era milenial, dan sebagainya.

Pilihlah sesuai dengan apa yang ingin kamu cari. Lalu klik tombol Search (telusuri dengan google).

tampilan pencarian

3. Halaman hasil pencarian ini umumnya berupa daftar link yang jika kamu klik salah satu link, maka kamu akan dihubungkan ke halaman web di mana informasi itu berada.

hasil link

4. Daftar link yang berkaitan dengan informasi tentang Pendidikan Anak Usia Dini terdiri atas beberapa halaman. Pilih salah satu link yang dikehendaki, misalnya link Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Beberapa Cendekiawan. Setelah itu akan tampil halaman informasi tersebut.

hasil pencarian

5. Untuk kembali ke daftar link, dapat kamu gunakan tombol Back pada toolbar. Sedangkan untuk melakukan penjelajahan klik link-link yang dikehendaki.

Baca Juga :  Perangkat Keras Komputer (Perangkat Keluaran/Output Device)

Mencari Informasi dalam Bentuk Gambar

Mencari informasi dalam bentuk gambar dengan menggunakan fasilitas mesin pencari dapat dilakukan dengan mudah. Hampir semua mesin pencari sudah menyediakan fasilitas ini termasuk Google. Untuk mencari informasi dalam bentuk gambar langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Ketikkan www.google.com pada kotak address, tekan Enter atau klik Go, maka halaman awal Google akan ditampilkan. Ketikkan kata kunci yang akan dicari gambarnya. Misalnya kamu mencari gambar-gambar mengenai tanaman dikotil.
  2. Klik tab gambar atau image yang berada di atas kotak isian, lalu tekan Enter. Selanjutnya mesin pencari akan mencari gambar-gambar sesuai kata kunci yang dimasukkan.
pencarian gambar

3. Maka akan muncul gambar berbagai macam tanaman dikotil.

hasil gambar

Sekarang kamu sudah tahu cara menggunakan search engine untuk mencari informasi-informasi yang kamu butuhkan. Informasi yang akan kamu dapatkan tidak hanya berupa teks atau dokumen, kamu juga bisa mencari gambar, berita, video, dan masih banyak informasi lainnya.

Walaupun kamu sudah bisa menggunakan internet untuk mencari segala macam informasi, sesekali kamu juga perlu mengunjungi perpustakaan untuk membaca atau mencari tahu lebih dalam mengenai informasi yang kamu dapat di interet.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *