Hardware dan Software untuk Akses Internet
Hardware dan Software untuk Akses Internet

Perangkat Hardware dan Software untuk Akses Internet

masbejo.com – Perangkat Hardware dan Software untuk Akses Internet. Tipe koneksi internet ada bebrapa macam. Setiap koneksi memiliki caranya masing-masing untuk dapat terhubung ke internet, karena itu perangkat keras yang digunakan juga berbeda. Kali ini kita akan membahas beberapa perangkat keras yang dibutuhkan berdasarkan tipe koneksi yang digunakan.

Perangkat Keras (Hardware) untuk Akses Internet

1. Dial-Up Modem

dial up

Untuk menghubungkan komputer ke Internet melalui koneksi dial-up dibutuhkan dua perangkat tambahan, yaitu modem dan saluran telepon. Modem digunakan untuk menghubungkan komputer dengan Internet melalui jaringan telepon. Modem berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog yang dapat dikirim lewat jaringan telepon. Modem juga berfungsi mengubah sinyal analog dari jaringan telepon menjadi sinyal digital untuk diterima dan diproses oleh komputer. Untuk menghubungkan modem dengan saluran telepon digunakan konektor RJ-11.

Ukuran kecepatan modem dalam mentransfer menggunakan satuan bps (bit per second). Kebanyakan modem yang digunakan mempunyai kecepatan 56 Kbps. Jenis modem ada 2, yaitu modem internal dan modem eksternal.

a. Modem Internal

modem internal

Modem ini berbentuk card yang dipasang menempel pada motherboard melalui slot PCI. Modem ini letaknya di dalam CPU komputer.

b. Modem eksternal

modem eksternal

Modem eksternal terletak di luar CPU komputer. Modem ini dihubungkan ke komputer melalui port Com atau sering disebut serial port.

2. Ethernet Card/LAN card

Ethernet card atau LAN card digunakan untuk menghubungkan komputer ke Internet melalui jaringan LAN. Beberapa motherboard keluaran terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan LAN card, sehingga kita tidak perlu membelinya secara terpisah. Selanjutnya, untuk menghubungkan client ke server digunakan kabel UTP berkonektor RJ-45. Dalam koneksi melalui jaringan LAN, server dihubungkan ke Internet sehingga client juga dapat terkoneksi ke Internet. Model koneksi ini banyak digunakan di perkantoran, perusahaan, sekolah, dan warnet.

Baca Juga :  Perangkat Keras Komputer (Perangkat Masukan/Input Device)

3. Modem GPRS

Untuk dapat terkoneksi ke Internet melalui teknologi GPRS (General Packet Radio Service), kita dapat menggunakan ponsel yang difungsikan sebagai modem. Selain itu, kita juga membutuhkan sebuah SIM card dari operator seluler tertentu yang menyediakan layanan GPRS. Untuk menghubungkan ponsel ke komputer, digunakan kabel data, inframerah, atau bluetooth. Selain itu, kita juga membutuhkan driver modem yang biasanya sudah dijual satu paket bersama ponsel tersebut. Saat melakukan browsing, pastikan sinyal di ponsel dalam keadaan penuh. Karena kualitas sinyal akan mempengaruhi kualitas akses Internet yang digunakan.

Selain menggunakan ponsel, kita juga dapat menggunakan modem USB. Perangkat ini penggunaannya sangat mudah, karena kita tinggal memasukkan SIM card ke dalam modem USB dan langsung mencolokannya ke port USB. Modem USB juga dapat dimanfaatkan untuk menelepon atau ber-SMS.

4. Modem ADSL

Modem ADSL (Asymetrical Digital Subscriber Line) memiliki berbagai macam tingkatan kecepatan, jenis router, USB, dan perangkat lain yang terdapat di dalamnya. Sebagai contoh, ada modem ADSL yang dapat dipakai untuk dua komputer menggunakan sambungan USB. Selain itu, ada juga yang dapat digunakan untuk empat komputer menggunakan sambungan LAN ethernet.

Untuk memilih modem ADSL, sebaiknya kita memilih modem yang mempunyai tombol on dan off. Tombol tersebut berfungsi agar kita dapat mengatur penggunaan koneksi yang kita butuhkan, sehingga dapat menghemat biaya akses internetnya.

Selain itu, modem ADSL dilengkapi lampu indikator yang berguna mengetahui jalannya proses koneksi. Biasanya, lampu tersebut adalah lampu PPP, Power, DSL. Dari ketiga lampu indikator tersebut, yang terpenting adalah lampu PPP dan DSL. Lampu PPP berfungsi menunjukkan adanya arus data ketika sedang melakukan browsing. Sedangkan, lampu DSL berfungsi menunjukkan bahwa koneksi sudah terhubung dengan baik,

Baca Juga :  Mengenal Power supply 80+ Gold, Silver, Bronze, Platinum

Apabila perangkat sudah lengkap, hal yang penting dalam penggunaan ADSL adalah penggunaan IP (Internet Protocol) modem dan password. IP tersebut akan menjadi gerbang untuk memasuki jaringan. Apabila seluruh proses tersebut berhasil, maka selanjutnya kita sudah dapat terkoneksi ke Internet menggunakan teknologi ADSL.

5. WiFi card

WiFi card digunakan untuk menghubungkan komputer ke Internet melalui teknologi WiFi (Wireles Fidelity). WiFi atau lebih dikenal dengan hotspot adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mentransfer data.

Pada laptop keluaran terbaru, biasanya sudah dilengkapi dengan WiFi card. Apabila komputer kita belum dilengkapi dengan WiFi card, maka kita dapat membelinya secara terpisah. WiFi card dapat dipasang ke komputer melalui slot PCI atau port USB. Untuk dapat terkoneksi ke Internet, kita harus berada dalam jangkauan area sinyal WiFi.

6. VSAT

Teknologi VSAT (Very Small Aperture Terminal) merupakan akses Internet menggunakan antena VSAT yang berbentuk piringan. Dengan antena ini, sinyal akan dikirimkan ke satelit dan diteruskan ke tempat lain di atas permukaan bumi.

Sebuah terminal VSAT terdiri atas IDU (InDoor Unit) dan ODU (OutDoor Unit). InDoor Unit adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antena VSAT dengan terminal pelanggan lainnya. Secara umum, terminal VSAT berfungsi sebagai penerima dan pengirim sinyal ke satelit, serta dapat meneruskan sinyal informasi ke perangkat lain yang terhubung dengannya bila diperlukan. OutDoor Unit ialah perangkat antena (reflector) VSAT itu sendiri, yang diameternya berkisar antara 1,8 – 3,5 meter. OutDoor unit ini dapat dipasang di mana saja selama masuk dalam jangkauan satelit.

Perangkat Lunak (Software) untuk Akses Internet

Selain perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan untuk akses Internet, kita juga membutuhkan perangkat lunak (software) untuk menikmati berbagai layanan dan fasilitas di Internet. Ada berbagai macam software aplikasi yang harus dipersiapkan. Namun, pemilihannya tergantung dari kebutuhan kita. Software aplikasi untuk akses Internet yang paling penting harus terinstal adalah browser. Software aplikasi lainnya seperti untuk chatting, e-mail, dan FTP perlu diinstal jika kita ingin menggunakan fasilitas tersebut.

Baca Juga :  Free Download Pro Evolution Soccer (PES) 2017

Ada banyak program browser yang beredar di pasaran, antara lain Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Opera, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, maka browser Internet Explorer sudah terinstal dalam komputer kita. Namun, apabila kita ingin menggunakan browser lain, seperti Mozilla Firefox, kita harus menginstall sendiri.

Selain program browser, masih banyak software lainnya yang digunakan dalam Internet antara lain sebagai berikut.

1. Program aplikasi untuk chatting antara lain mIRC, ICQ, dan Facebook Mesenger.

2. Program aplikasi untuk FTP antara lain Go!Zilla, CuteFTP, CoffeCup free FTP, dan WSFTP.

3. Program aplikasi untuk e-mail yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Outlook Express.

Itulah macam-macam perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang dapat kita manfaatkan untuk mengakses internet. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan, agar pemanfaatnya bisa maksimal.

Semoga bermanfaat ya..

Pencarian Populer : hardware akses internet,software untuk mengakses internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *