monitor

Perangkat Keras Komputer (Perangkat Keluaran/Output Device)

masbejo.com – Perangkat Keras Komputer (Perangkat Keluaran/Output Device). Sebelumnya kita sudah mempelajari perangkat keras komputer berupa perangkat masukan (input device)dan perangkat pengolahan data (procrssor). Nah kali ini kita akan membahas tentang Perangkat keluaran (output device). Tahukah kamu apa itu Perangkat keluaran (output device)?

Perangkat keluaran (output device) adalah peralatan yang digunakan untuk menyajikan hasil pemrosesan komputer kepada pemakai. Perangkat keluaran (output device) antara lain:

Perangkat Keluaran (Output Device)

  1. Monitor

Suatu perangkat yang dipergunakan untuk menampilkan hasil dari pemrosesan komputer dalam bentuk visual. Monitor pada umumnya menggunakan teknologi CRT (cathode ray tube) yang menggunakan tabung elektronik. Dalam tabung tersebut terdapat suatu perangkat yang mengirimkan elektron-elektron RGB (Red Green Blue) ke layar monitor untuk membuat suatu tampilan gambar.

Teknologi baru yang disebut LCD (liquid crystal display) memungkinkan ukuran monitor menjadi jauh lebih tipis dengan layar yang datar. Teknologi ini juga diterapkan pada layar laptop atau notebook.

Kualitas tampilan pada monitor dilihat dari resolusi layar (screen resolution). Pengukuran resolusi atau ketajaman gambar ini diukur dengan satuan pixel. Pixel adalah suatu elemen informasi terkecil yang bisa ditampilkan pada layar monitor.

Sebagai contoh, resolusi 1.024 x 768 memberikan arti bahwa monitor mengandung 1.024 baris pixel dan 768 kolom pixel. Dengan kata lain, jumlah pixel yang menyusun tampilan gambar pada monitor sebesar 1024 x 768 pixel. Semakin tinggi jumlah pixel, semakin halus dan jelas tampilan suatu gambar di layar monitor.

Monitor dilengkapi dengan monitor control yang dipergunakan untuk menyetel tampilan layar monitor sesuai dengan yang dibutuhkan. Monitor control terdiri atas beberapa bagian, yaitu:

Baca Juga :  Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi

a. Power indicator control dipergunakan untuk tanda power dalam keadaan ON dengan LED menyala.

b. Power switch dipergunakan untuk menghidupkan power atau mematikan power.

c. Bright control dipergunakan untuk mengatur gelap terangnya cahaya layar monitor.

d. Contras control dipergunakan untuk mengatur penampilan kontras yang dipergunakan.

e. V. Size control dipergunakan untuk mengatur ukuran dalam posisi vertikal.

f. H. Size control dipergunakan untuk mengatur ukuran dalam posisi horisontal.

2. Printer

printer

Printer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen, gambar dan dokumen lainnya pada kertas atau bahan cetakan. Terdapat tiga jenis printer:

  1. Printer Dot Matrix

Tipe printer ini cara kerjanya seperti mesin ketik konvensional. Hasil cetakan pada kertas diperoleh melalui tekanan yang dilakukan oleh satu set pin printer terhadap media pita tinta (ink ribbon) ke kertas. Printer ini termasuk dalam kategori impact printer dengan ciri  pelan, berisik, dan  kualitas cetakan gambar kurang bagus.

a. Printer Tinta (Ink-jet Printer)

Jenis printer tinta merupakan printer yang mencetak dengan dasar semprotan tetesan tinta dalam ukuran titik-titik yang sangat kecil ke kertas. Printer ini disebut juga buble-jet printer. Kualitas cetakan cukup baik, bahkan saat ini printer tinta mampu mencetak gambar dengan kualitas mendekati kualitas cetakan foto. Dari sisi harga juga relatif murah (baik alat maupun tinta), sehingga printer ini merupakan printer yang paling banyak digunakan terutama pada lingkup rumah tangga atau pribadi.

b. Printer Laser (Laser Printer)

Jenis printer laser mencetak dengan menggunakan sinar laser. Teknologi yang digunakan mirip dengan teknologi mesin foto copy yang kita kenal. Hasil cetakannya berkualitas tinggi, sehingga banyak digunakan pada institusi perkantoran. Meskipun demikian dari sisi harga (alat dan toner tinta), printer laser relatif lebih mahal dibanding dengan printer jenis lain, sehingga kurang sesuai untuk penggunaan dalam lingkup rumah tangga atau pribadi.

Baca Juga :  Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Bekerja Menggunakan Komputer

Kualitas cetakan dari printer diukur dengan satuan Dots Per Inch atau biasa disingkat dengan DPI. Semakin tinggi nilai DPI suatu printer, maka semakin bagus kualitas dari hasil cetakan printer tersebut.

3. Speaker

speaker

Untuk menyajikan keluaran berupa suara atau audio umumnya diperlukan piranti berupa speaker. Dalam hal ini speaker yang digunakan dapat berupa speaker internal atau eksternal. Speaker internal biasa terdapat pada PC, scdangkan speaker eksternal dihubungkan ke PC melalui kartu suara (sound card).

Perangkat keluaran (output device) pasti akan kita butuhkan untuk memvisualkan hasil pekerjaan yang sudah kita buat. selain perangkat-perangkat diatas yang sudah disebutkan, perangkat apa lagi yang termasuk dalam perangkat keluaran (output device)?

Kamu bisa mencari tahu sendiri ya.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *