INTRANET
INTRANET

Sekilas Info Tentang Intranet

masbejo.com – Sekilas Info Tentang Intranet. Mungkin banyak diantara kita yang sering mendengar kata internet. Internet adalah singkatan dari interconnected network, yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Lalu apakah kamu pernah mendengar istilah Intranet?

Apakah kamu tahu apa perbedaan antara Internet dan Intranet? Intranet adalah sebuah sistem jaringan komputer yang diperkenalkan pada akhir tahun 1995.

intranet

1. Pengertian Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibangun dengan mengadopsi teknologi Internet. Di dalam Intranet terdapat aplikasi web dan teknologi komunikasi data. Dari segi jangkauan, Intranet dapat bekerja secara luas dan maksimal seperti layaknya Internet. Namun, penggunaan Intranet sangat terbatas dari segi privasi dan hak akses pemakainya. Aplikasi dan informasi Intranet ditujukan untuk kalangan dalam organisasi tertentu, berbeda dengan informasi dari situs Internet yang ditujukan untuk kalangan umum.

Khoe Yao Tung (1997) mengatakan bahwa Intranet adalah LAN (Local Area Network) atau jaringan komputer lokal yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet. Intranet dapat diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya melalui backbone Internet.

Sistem Intranet mudah untuk dipelajari, diterapkan, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Perkembangan di dunia Internet dapat diimplementasikan di dalam Intranet sehingga Intranet dapat berkembang pesat sejalan dengan perkembangan Internet. Dukungan sistem operasi, aplikasi, dan program yang luas akibat dari popularitas Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan dari LAN.

2. Intranet dan LAN Konvensional

Dibandingkan dengan LAN konvensional, Intranet memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

Baca Juga :  Sejarah Panjang Internet di Indonesia

a. Tampilan antarmuka layaknya sebuah web (multimedia) pada sistem operasi, aplikasi, program, maupun databasenya.

b. Memiliki fasilitas standar Internet seperti browser,e-mail, search engine, chatting, dan FTP (File Transfer Protocol).

c. Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL, maupun Oracle.

Intranet tetap mempertahankan teknologi LAN seperti manajemen database, sistem terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral. Salah satu hal terpenting dalam Intranet adalah keamanan jaringan (network security) mengingat jaringan telekomunikasi yang dipakai bersifat umum sehingga rentan terhadap penyusupan, penyadapan, serta pembajakan data. Untuk menanganinya, sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan. Jika dibandingkan dengan Intranet, LAN konvensional dari segi keamanannya relatif lebih terjaga karena menggunakan jaringan komunikasi terproteksi VPN (Virtual Private Network).

3. Pengembangan Intranet

Suatu Intranet membutuhkan perhatian yang besar jika dibandingkan dengan LAN konvensional, sebab teknologi akan berkembang dan berubah dengan cepat seiring dengan waktu. Teknologi Intranet membutuhkan landasan pengembangan yang baik sebagai dasar untuk memahami dan mengikuti teknologi baru yang terus bermunculan, serta desain model yang mampu mengakomodasi keinginan pemakai yang bertambah banyak.

4. Pemanfaatan Intranet

Pemanfaatan teknologi Intranet tergantung dari bentuk organisasi penggunanya. Misalnya, digunakan untuk pendidikan, toko, perusahaan, instansi, atau departemen. Dengan memahami sistem kerja organisasi penggunanya, akan sangat membantu dalam merancang pembangunan dan mendesain model Intranet yang akan digunakan.

Misalnya penerapan Intranet pada sebuah perusahaan berskala nasional yang memiliki cabang di seluruh wilayah yang saling berjauhan. Informasi dari kantor pusat ke kantor cabang atau sebaliknya dapat berjalan dengan mudah dan efektif. Informasi tersebut dapat berupa prosedur kerja setiap divisi, jadwal kerja, absensi, gaji karyawan, transfer dokumen, database, dan lain sebagainya yang diintegrasikan pada satu sistem pusat informasi berbasis WWW (World Wide Web).

Baca Juga :  Mengenal Topologi Jaringan Komputer, Jenis dan Cara Kerjanya¬†

Dari segi jangkauan, Intranet dapat bekerja secara luas dan maksimal seperti layaknya Internet. Namun, penggunaan Intranet sangat terbatas dari segi privasi dan hak akses pemakainya.

Semoga bermanfaat ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.