Tata Cara dan Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

Ketika gema Takbir sudah terdengar dikumandangkan, artinya hilal hari raya Idul Fitri sudah terlihat. Jika hal ini sudah ditentukan maka pelaksanaan sholat Idul Fitri yang dilakukan satu tahun sekali akan segera ditunaikan.

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri : Ketentuan , Bacaan dan Niatnya

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 2022 dilaksanakan kapan? Jawabannya tentu saja jika hilal sudah diumumkan setelah melakukan sidang isbat. Sebab, di Indonesia sendiri keputusan hari raya Idul Fitri terjadi setelah terjadinya musyawarah antar ulama dari berbagai ormas Islam di yang ada.

Selain menunggu keputusan sidang isbat, umat muslim juga dituntut untuk mengetahui syarat dan ketentuan, niat hingga bacaan sholat Ied. Meskipun pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan rukun sholat wajib dan sunnah pada umumnya selain yang membatalkan wudhu.

Ketentuan Pelaksanaan Sholat Idul Fitri

  • Terdiri dari 2 rakaat dengan ketentuan takbir 7x pada rakaat pertama dan takbir 5x pada rakaat kedua.
  • Terdapat Khutbah setelah selesai menunaikan sholat.
  • Waktu sholat Idul Fitri ditunaikan setelah terbitnya matahari namun sebelum waktu Dzuhur.
  • Disunnahkan datang terlambat untuk menunaikan zakat terlebih dahulu
  • Dapat dilaksanakan secara munfarid atau dilakukan sendiri tanpa berjamaah untuk siapapun yang tidak bisa pergi ke lokasi tempat berjamaah.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Tata cara sholat idul fitri tidak jauh berbeda dengan sholat wajib dan sunnah lainnya. Namun, ada beberapa ketentuan tambahan lain ketik mengerjakannya. Berikut merupakan tata cara sholat Idul Fitri :

Baca Juga :  Biodata Ustad Abdul Somad

1. Niat

Niat untuk melaksanakan sholat Idul Fitri adalah :

Usholli rak’ataini sunnatan ai’idil fitri lillahi ta’ala

Yang memiliki arti : Aku berniat menunaikan shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala

2. Takbiratul Ihram dengan diiringi Doa Iftitah

Sunnah melaksanakan takbir sebanyak 7x pada rakaat yang pertama dengan diselingi kalimat tasbih pada sela sela takbir tersebut.

Kalimat tasbih :

Allahu akbar kabiiroo walhamdulillahi katsira wa subhanallahi bukrata  waasila

Yang memiliki arti :

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah baik pagi dan petang.

Baca Juga: Inilah Beberapa Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022 Bagi Keluarga!

3. Membaca Surat Al Fatihah

Pada rakaat pertama, setelah selesai membaca Surat Al Fatihah dianjurkan untuk membaca Surat Al A’la. Kemudian melakukan Ruku, Sujud dan duduk diantara dua sujud. Setelah itu dilanjutkan dengan menunaikan rakaat kedua.

4. Rakaat Kedua

Sama seperti rakaat pertama, hanya saja pada rakaat kedua hanya dianjurkan melakukan takbir sebanyak 5x. Dan Surat yang dianjurkan setelah Al Fatihah adalah Al Ghasiyah.

5. Sunnah Selesai Shalat

Setelah selesai menunaikan sholat yang diakhiri salam, jamaah dianjurkan untuk mendengarkan Khutbah. Biasanya khutbah terdiri dari dua sesi, namun adapun yang menyebutkan bahwa khutbah hanya terdiri dari 1 sesi saja.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri diakhirkan dengan tujuan jamaah bisa menunaikan zakat terlebih dahulu. Karena zakat adalah salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan bagi yang mampu.

Itulah tata cara pelaksanaan sholat Idul Fitri yang dapat Anda simak pada pembahasan kali ini. Apakah penjelasan di atas cukup membantu Anda mengetahui tata cara yang benar? Semoga bermanfaat!

Baca Juga :  Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443