Tips Sukses Bisnis Melalui Optimasi SEO dan Pemasaran Media Sosial

 Tips Sukses Bisnis Melalui Optimasi SEO dan Pemasaran Media Sosial
 Tips Sukses Bisnis Melalui Optimasi SEO dan Pemasaran Media Sosial 

Masbejo.com – Tips Sukses Bisnis Melalui Optimasi SEO dan Pemasaran Media Sosial. Tips yang saya buat ini mungkin dapat membantu sobat yang baru terjun mengembangkan bisnisnya di ranah media social atau akan memasarkan bisnisnya secara online. Kita ikuti langkah demi langkah dan semoga bisnis sobat bisa semakin maju dan terkenal.

Ketika berbicara tentang menjalankan bisnis “ Bimbel Online “ , kata Bimbel itu sendiri  hanyalah setengahnya. Untuk membentuk bimbel yang mapan dan besar di mana anak – anak  bisa memperoleh sesuatu dari bimbel yang mereka ikuti orang tualah yang akan merasa senang dengan pelayanan bimbel tersebut. 

Akan tetapi bimbel yang sobat kelola tersebut juga harus berjalan secara efisien baik sebagai lembaga maupun bisnis. Sekarang, untuk menjalankan bisnis yang sedang mengincar semua lini, maka sobat perlu terjun ke pemasaran digital.

 Situs web, media sosial, email, dan teknologi digital lainnya adalah bagian dari strategi pemasaran bimbel yang kuat dan membantu meningkatkan profil bimbel yang sedang sobat bangun, dan diharapkan dari situlah sobat bisa memaksimalkan retensi dan meningkatkan pendapatan. 

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana bimbel online dapat lebih maksimal dan mendapatkan peluang pemasaran melalui media sosial dan teknologi digital.

Setiap bulan, ratusan orang di daerah sobat akan online dan mencarikan lembaga bimbel terdekat di berbagai mesin pencari. Mereka semua adalah pelanggan potensial, dan tanpa kehadiran web yang kuat, bimbel yang sobat miliki hanya akan kehilangan potensi dalam bisnisnya. Sebagian besar Bimbel – bimbel yang ada sudah terbiasa dengan memaksimalkan situs web yang informatif dan menarik secara visual, memanfaatkan branding yang kuat dan menggunakan email untuk promosi. 

Baca Juga :  10 Bisnis Sampingan Bermodal Keahlian

Memalui Media sosial

Cara – cara yang sudah ada yaitu pemasaran melalui media TV, majalah dan papan – papan iklan sudah bisa dikatakan tidak efektif serta membutuhkan sumber pembiayaan yang besar. Saat ini, pemilik bisnis dapat menjangkau pelanggan mereka (dan pelanggan potensial) secara langsung melalui media sosial. Meskipun ada beberapa platform media sosial yang berbeda di pasaran, Facebook, Instagram dan Twitter masih dianggap sebagai tiga besar, dengan platform seperti LinkedIn, YouTube, Yelp dan lainnya juga tersedia. 

Inilah yang harus sobat lakukan untuk memulai dengan strategi media sosial :

Tentukan Nama Bisnis Sobat. Cari tahu nama profil apa yang akan sobat gunakan di media sosial dan buat akun di berbagai platform untuk mengklaimnya. Pastikan nama tersebut sesuai dengan merek Sobat dan dapat dikenali.

Bangun merek Sobat. Baik itu Facebook atau Instagram, pastikan untuk menggunakan logo, warna, bio dan spanduk gambar yang sama agar tetap konsisten dan tetap terlihat.

Fokuskan upaya Sobat. Tidak punya waktu untuk memposting pembaruan di enam platform yang berbeda? Kalau begitu jangan! Fokuslah pada satu atau dua medsos akan tetapi bisa maksimal dan konsisten memposting secara teratur. Perluas ke platform lain ketika Sobat punya waktu untuk melakukannya, tetapi pastikan Sobat tidak mulai memposting dan kemudian mengabaikannya — Jangan sampai sobat memiliki bnayak akun medsos akan tetapi terkesan tidak keurus atau ditinggalkan oleh pemiliknya, maka fokuslah dengan beberapa medsos akan tetapi maksimal.

Terlibat, akan tetapi tidak terus-terusan promosi. Pengguna ingin melihat konten menarik yang membangkitkan minat mereka tentang produk Sobat. Pikirkan: konten dan  meme yang berhubungan dengan produk yang sobat miliki misalnya seperti yang kita tulis diatas yaitu “ Bimbingan Belajar“. Konsumen atau Pengikut tidak ingin melihat rentetan promosi yang terus – terusan, sebab hal tersebut akan sangat membosankan.

Baca Juga :  Cara Mencari Kerja Dengan Cepat Via Online

Pertimbangkan penjadwalan posting sebelumnya. Sejauh konten media sosial berjalan, pengikut biasanya menginginkan kualitas daripada kuantitas. Namun, mungkin sulit untuk memposting konten berkualitas saat bepergian. Untungnya, alat penjadwalan seperti Hootsuite dan Sprout Social dapat membantu sobat merencanakan dan mengontrol ketika sobat ingin memposting pembaruan atau apapun yang terkait dengan bisnis sobat. Sprout Social juga menyusun daftar alat penjadwalan media social.

Search Engine Optimization ( SEO )

Dikenal sebagai optimasi mesin pencari, SEO adalah tentang mengoptimalkan situs web dan kehadiran online Sobat sehingga bisnis Sobat dapat ditemukan di Google dan mesin pencari lainnya oleh orang yang tepat. Ada banyak cara yang dapat Sobat lakukan untuk dapat meningkatkan SEO dan prosesnya bisa sangat menarik bagi pemula. Silahkan sobat lakukan ini untuk proses SEOnya:

Buat daftar Google Bisnisku. Ini akan membuat bisnis Sobat lebih mudah dicari di Google dan memberikan informasi dasar.

Lakukan penelitian kata kunci. Alat seperti Moz Keyword Explorer dapat membantu Sobat mengetahui kata dan frasa apa yang digunakan pelanggan potensial di mesin pencari.

Optimalkan situs web Sobat. Kata kunci yang Sobat teliti? Gunakan keyword untuk mengisi salinan di situs web Sobat dan konten lain yang Sobat buat. Ini akan meningkatkan hasil pencarian di Google dan mesin pencari lainnya.

Cobalah alat SEO. Penjelajah kata kunci hanyalah puncak dari gunung es, karena ada banyak alat SEO di luar sana yang dapat membantu bisnis Sobat memperluas jangkauan online.

Cobalah iklan. Google Ads dapat membantu bisnis Sobat muncul di lebih banyak hasil pencarian dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Bisnis Facebook dapat membantu Sobat melakukan hal yang sama di Facebook dan Instagram.

Baca Juga :  Pandemi Covd 19, Dampak Mencari Kerja dan Solusi

Dapatkan ulasan positif. Setelah menyiapkan daftar Google Bisnisku, cobalah membuat orang menulis ulasan positif pada bisnis Sobat. Ini dapat membantu meningkatkan citra online Sobat.

Demikianlah tips sederhana untuk mengembangkan bisnis sobat di media online, melalui media social maupun dengan cara mengoptimalkan pencarian di search engine google atau dikenal dengan nama teknik SEO.

Tinggalkan komentar